pesantren terbaik di situbondo

11 Pesantren Kitab Kuning Terbaik | Semua Legendaris

Posted by

Pesantren kitab kuning terbaik sudah mulai berkurang. Rata-rata sudah bergeser memiliki pendidikan modern. Padahal santri yang ingin belajar di kitab kuning cukup banyak di Indonesia.

Daftar ini berdasarkan pertimbangan pribadi panduan terbaik, khususnya setelah mereview banyak pesantren terbaik di masing-masing kota di Indonesia. Kami menemukan masih banyak pesantren kitab kuning terbaik, dan rata-rata memiliki pendidikan yang cukup bagus.

Beberapa tandanya adalah memiliki tingkatan pendidikan khusus untuk pembelajaran kitab kuning. Selanjutnya biayanya pasti tidaklah mahal. Rata-rata hanya ingin mengabdi kepada masyarakat untuk memberikan pendidikan terbaik untuk santrinya. Nomor bukanlah ranking.

Pesantren Sidogiri Pasuruan

Alamatnya di Sidogiri, Kec. Kraton, Pasuruan, Jawa Timur. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren tertua di Indonesia yang berdiri pada tahun 1745. Jauh berdiri sebelum pesantren terkenal seperti Tebu Ireng

pesantren kitab kuning terbaik

Pesantren ini memang salah satu pesantren kitab kuning terbaik. Dimulai dari jenjang Isti’dadiyah, terbagi lagi menjadi beberapa tingkatan yaitu shifir 1 dan shifir 2. Selanjutnya juga ada tingkatan lagi yaitu ibtidaiyah. Dan selanjutnya yang lengkapnya bisa dilihat di sini.

Namun yang istimewa dari pesantren ini adalah konsistensi menghasilkan santri-santri menguasai kitab kuning dengan sangat baik sejak awal mula berdiri. Bahkan hingga sekarang menjadi rujukan dalam banyak hal. 

Keistimewaan selanjutnya adalah independensi yang juga patut diacungi jempol. Pesantren ini tidak menerima bantuan dari pemerintah. Mungkin khawatir jika ada bantuan bisa mempengaruhi khittah pesantren. Info tentang biaya dan pendaftaran bisa didapatkan di sini.  

Ponpes Lirboyo Kediri 

Masih dari Jawa Timur, yaitu Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Pesantren ini memiliki alamat lengkap di Lirboyo, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Berdiri pada tahun 1910, pesantren ini  merupakan salah satu pesantren kitab kuning terbaik di Indonesia. 

Pesantren ini memiliki keistimewaan pada adanya lembaga otonom yang menangani khusus tentang bahsul masail. Apalagi bahsul masail merupakan puncak praktek pembelajaran kitab kuning

Ada jenjangnya di lembaga bahsul masail tersebut. Hingga pada satu jenjang bahsul masail, bisa mengundang ahli di bidang lain untuk ikut serta, seperti praktisi hukum, dokter, ekonom, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu santri dalam kegiatan bahsul masail sudah sangat terbiasa.

Alfiyah sudah menjadi makanan sehari-hari sebagai ilmu alat untuk  membedah kitab kuning. Untuk informasi lengkap biaya masuk dan pendaftaran bisa kunjungi link ini

Pondok Pesantren Langitan Tuban

Satu lagi pesantren kitab kuning terbaik, yaitu Langitan Tuban. Alamat lengkapnya di  Jln. Langitan, Slawe, Widang, Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pesantren ini berdiri pada tahun 1852. Salah satu pesantren tertua di Indonesia.

Terletak di samping aliran sungai Bengawan Solo, pesantren ini memiliki luas sekitar 7 hektar. Santrinya ribuan dengan tradisi menggunakan baju koko putih, sarung dan kopyah, dengan kesederhanaan yang patut ditiru.

Yang istimewa dari pesantren ini adalah disiplin yang dimiliki. Di antaranya sebagai kawasan tanpa rokok. Padahal biasanya pesantren khusus kitab kuning tidak mepermasalahkan hal berbau asap. Tapi tidak dengan Langitan.

Keistimewaan selanjutnya adalah pesantren ini memang cukup terkenal sebagai tempat beberapa kyai besar pernah nyantri, seperti KH. Hasyim Asyari, KH. Syamsul Arifin, dan lain sebagainya. Info lengkap tentang biaya dan pendaftaran di sini.

Pesantren APIK Kaliwungu

Kali ini adalah pesantren di Jawa Tengah, yaitu pesantren APIK Kaliwungu. Alamat lengkapnya di Kauman, Krajan Kulon, Kaliwungu, Pandean, Krajan Kulon, Kec. Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Di Jawa Tengah pesantren APIK Kaliwungu dikenal sebagai salah satu pesantren kitab kuning terbaik. Fokusnya pada pendalaman kitab sangat bagus dengan jenjang pendidikan yang bertingkat-tingkat sesuai dengan kitab kuning yang sedang dipelajari. 

Daftar kitab kuning yang dipelajari juga terpampang di website resmi. Dalam persoalan bahsul masail, pesantren ini sudah menjadikannya sebagai bagian tidak terpisahkan dalam kurikulum. Santrinya ribuan. 

Seperti pesantren kitab kuning lainnya, waktu yang ditetapkan juga bukan WIB, tapi WIS. Yaitu waktu istiwa’ yang menggunakan standar pencahayaan matahari sehingga sebagai tanda untuk shalat. Info lebih lengkap pesantren bisa kunjungi website resmi di sini.

Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo

Satu lagi pesantren kitab kuning terbaik adalah Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Alamatnya di Jl. KHR. Syamsul Arifin, Sukorejo, Sumberejo, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren terbaik di Situbondo.

Dari namanya saja sudah diketahui bahwa pendidikan di pesantren ini memiliki fokus pada salafiyah, yaitu pendidikan dengan mengkaji kitab-kitab ulama terdahulu.

Meskipun demikian pesantren Salafiyah Syafiiyah juga menyediakan pilihan bagi yang ingin khusus belajar kitab kuning, atau ikut sekolah formal.

Di wilayah Tapal Kuda, pesantren ini cukup berpengaruh, santrinya puluhan ribu. Daya tarik dalam kajian kitab kuning yang mendalam cukup tinggi. Informasi lebih lengkap tentang pendaftaran dan lain sebagainya bisa kunjungi website resmi di sini.

Al Munawwir Krapyak Yogyakarta

Pesantren khusus kitab kuning selanjutnya adalah Al Munawwir Krapyak yang beralamat di Jl. KH. Ali Maksum, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pesantren ini legendaris dan menjadi salah satu pesantren kitab kuning terbaik.

Berdiri sejak 1911, pesantren ini sedari awal sudah mengajarkan tentang pendidikan diniyyah. Daftar kitab kuning yang dipelajari di pesantren Al Munawwir juga lengkap. 

Namun demikian ada beberapa keistimewaan yang patut dipertimbangkan. Pertama, pesantren Al Munawwir juga dikenal dengan tahfidz Quran. Bahkan KH. Arwani Amin pendiri Yanbu’ul Quran juga tercatat pernah belajar di sini.

Sisi kelebihan lain dari Al Munawwir krapyak adalah pesantren ini hadir di Yogyakarta, di mana wilayah ini dikenal cukup nyaman sebagai tempat belajar. Informasi lebih lengkap bisa kunjungi di sini. 

Pesantren Nahdhatul Wathan Lombok

Memang di Lombok terdapat dua pesantren besar yang fokus kitab kuning, yaitu Nahdhatul Wathan Pancor, juga ada satu lagi Nahdhatul Wathan Anjani. Kami tidak akan membahas lebih dalam tentang alasan kedua pesantren ini memiliki nama yang sama.

Namun demikian dalam aspek pesantren kitab kuning terbaik, keduanya yang berada di Lombok sama-sama memiliki fokus pada pendidikan untuk pendalaman kitab-kitab ulama salaf terdahulu.

Bisa dikatakan secara garis besar terbagi menjadi tiga, yaitu keislaman, dalam artian fokus pada pembelajaran Islam. Kedua adalah metodologi. Ketiga adalah ilmu alat, yaitu penguatan pada ilmu nahwu, sharf, dan lain sebagainya yang menguatkan kemampuan bahasa arab secara mendalam. 

Info lebih lengkap tentang kedua pesantren ini bisa dibaca di pesantren terbaik di Lombok. 

Pesantren Al  Falah Ploso

Satu lagi pesantren kitab kuning terbaik yaitu Al Falah Ploso yang beralamat di Jl. Raya Mojo No.003, Ploso, Mojo, Kediri, Jawa Timur. Bisa dikatakan pesantren ini merupakan salah satu yang terkenal di antara para pembelajar kitab kuning.

Dirintis sejak 1924, dan berdiri kokoh hingga seperti sekarang dengan santri yang berjumlah ribuan. Pondok ini rutin menjadi salah satu objek kunjungan dari tokoh-tokoh besar di Indonesia, seperti menteri, calon gubernur dan lain sebagainya.

Dalam aspek pendidikan, pesantren ini sangat fokus mendidik santrinya mendalami kitab kuning dengan jenjang yang bertingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Masing-masing jenjang ada tingkatannya lagi.

Yang juga menarik dari pesantren ini adalah Jam’iyah Musyawarah Riyadlotut Tholabah, yaitu jenjang yang mendidik santrinya untuk mandiri dalam berpikir, dan dilatih berani mengambil keputusan terkait jama’ah fiqhiyyah. Informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren Tremas Pacitan

Selanjutnya adalah pesantren Tremas yang beralamat di Pojok II, Tremas, Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pesantren ini berdiri pada tahun 1830 dan merupakan pesantren legendaris di Indonesia. 

Fokus kitab kuningnya tidak perlu diragukan. Metode seperti sorogan, bandongan, wetonan menjadi menu yang tidak bisa disingkirkan dari pesantren terbaik di Pacitan ini. Kitab-kitab yang dipelajari adalah kitab mu’tabar yang menjadi landasan persoalan di masyarakat.

Namun yang paling menarik menurut kami di pesantren ini adalah tradisinya. Tradisi di pesantren Tremas menjadi review di mana-mana, seperti Nahun yaitu tirakat untuk belajar dengan tekun. Sehingga santri akan mampu menerima ilmu agama yang cukup banyak.

Ada pula tradisi tidak tidur siang, mungkin juga diartikan tidak ngantuk saat siang, agar fokus menuntut ilmu. Juga tradisi lainnya yang fokusnya adalah untuk menuntut ilmu. Info lebih banyak tentang tradisi unik tersebut bisa dibaca di sini. 

Pesantren Al Anwar Sarang

Kali ini pesantren kitab kuning terbaik berada di Rembang Jawa Tengah, yaitu Al Anwar, atau orang sering menyebut sebagai pesantren almarhum Mbah Moen. Kyai Maimun Zubair, sosok karismatik yang dengan diamnya mempengaruhi perpolitikan Indonesia.

Pesantren di Sarang ini memiliki santri lebih dari 4000. Sehingga tergolong pesantren besar di wilayah Jawa Tengah. Meskipun sudah memiliki jenjang pendidikan yang sangat variatif, namun fokusnya tetap kepada pendalaman kitab kuning. 

Di  antaranya adalah jenjang i’dadiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah yang memiliki kurikulum sendiri dan mengadaptasi dari pendidikan di Al Azhar Kairo Mesir. Atau dikenal dengan nama Madrasah Ghozaliyah Syafi’iyyah. 

Di madrasah inilah banyak santri ingin menimba ilmu khusus kitab kuning dan menjadi tujuan banyak santri dari Jawa Tengah. Info lebih lengkap tentan pendaftaran dan biaya masuk bisa kunjungi link ini. 

Ponpes Mathaliul Falah Kajen

Satu lagi pesantren kitab kuning terbaik di Jawa Tengah yaitu Mathaliul Falah atau yang dikenal dengan Matole. Alamatnya di Jl. Raya Pati – Tayu No.KM.20, Kedung, Purworejo, Kec. Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Menurut kami ada sisi menarik dari pesantren ini, yaitu aspek pembelajaran kitab kuning sudah disatukan dengan pendidikan formal dalam satu kelas. Akan tetapi porsi pendidikan formal hanya yang penting saja, dan 30%.

Ketika kami melihat di jadwalnya, untuk jenjang diniyah wustho, dominan pembelajaran kitab kuning, sedangkan untuk aliyah mulai ada pendidikan formalnya.

Tapi meski ada formalnya, ujian kelulusan justru dari Al Quran dan tes kitab kuning. Menurut kami ini sistem yang mirip dengan KMI di pondok modern, tapi kental dengan salafiyah. 

Sisi menarik lainnya adalah santriwati memakai jarit, yaitu kain tradisional untuk masyarakat jawa. Sehingga terlihat identik dan cukup anggun. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Pati

Biaya Masuk Pesantren Khusus Kitab Kuning

Untuk biaya masuk pesantren khusus kitab kuning rata-rata di bawah tiga juta rupiah. Bahkan kebanyakan ratusan ribu rupiah saja. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik sehingga membuat pesantren khusus kitab kuning tetap diburu oleh santri di seluruh Indonesia.

Tentu masih banyak pesantren yang fokus di kitab kuning lainnya. Jika ada usulan mohon cantumkan di kolom komentar. Karena kami memandang pesantren kitab kuning patut untuk diapresiasi dan dipulikasikan agar pendalaman agama Islam menjadi lebih kuat. 

Terutama pesantren kitab kuning yang kokoh dengan tradisi dan memiliki jumlah santri di atas tiga ribu. Jika lembaga pendidikan Anda ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com, kami akan membantu publikasikannya. 

8 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *