Biaya Masuk Pesantren Gontor dan Proses Panjang Pendaftaran

Posted by

Biaya masuk pesantren Gontor sebenarnya tidak mahal. Namun demikian seringkali justru banyak biaya yang tidak terduga yang harus Anda siapkan. Seperti biaya persyaratan dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas biaya masuk pesantren Gontor sekaligus dengan biaya lain-lain yang harus Anda siapkan sebelum menyekolahkan ke salah satu pesantren terbaik di Ponorogo Jawa Timur ini. 

Sekilas Tentang Pesantren Gontor

Sebelum mengulas tentang biaya masuk pesantren Gontor maka kita bahas jumlah pesantren modern ini di seluruh Indonesia. Jumlahnya sekarang mencapai 20 dengan jumlah santri mencapai 33.000-an. 

Pusatnya berada di Ponorogo. Kalau Anda ingin mendaftar maka harus ke pusatnya. Untuk putra di Ponorogo, sedangkan untuk putri berada di Ngawi. Nantinya hasil ujian dan kelulusan akan menjadi dasar distribusi santri ke banyak cabang.

biaya masuk pesantren Gontor

Namun demikian kalau ingin masuk pesantren Gontor yang di luar Jawa, maka ujiannya tetap di pondoknya masing-masing. Contoh di Kendari, maka daftar di Kendari, di Sulit Air Sumbar, maka daftar di Sulit Air.

Tapi kalau Anda orang kendari dan menginginkan untuk nyantri di pesantren Gontor yang di pusat, maka harus daftar ke Ponorogo atau Ngawi kalau yang putri. Jadi harus siap-siap lahir dan batin.

Gontor Pusat dan Cabang

Antara Gontor yang di pusat dan yang dicabang memiliki satu komando, bukan mandiri-mandiri pengelolaan seperti pesantren yang berafiliasi dengan ormas tertentu. Bahkan pimpinan pesantrennya bisa berubah sesuai dengan kebijakan pimpinan pusat.

Oleh sebab itu jika ingin bertanya masalah kualitas pendidikan, bisa dikatakan sama. Guru-gurunya berasal dari pusat, sistemnya sama, disiplin sama. Pelajarannya juga sama. Jadi tidak perlu khawatir kalau misalkan berada di pesantren pusat atau cabang.

Perbedaan paling menonjol adalah sarana dan prasarana yang memang lebih lengkap, dan santri jauh lebih banyak dibandingkan cabang-cabang di seluruh Indonesia. Hanya itu saja. Jika ingin mengetahui kelebihan pesantren Gontor kami sudah menulisnya di sini. 

Cara Mendaftar Pesantren Gontor 

Adapun cara mendaftar pesantren Gontor tidak sama dengan pesantren lainnya. Perbedaan yang pertama adalah faktor waktu. Gontor menggunakan kalender Hijriah, seperti pesantren Sidogiri Pasuruan, atau beberapa Pesantren Kitab Kuning di Indonesia lainnya. 

Yaitu dimulai pada 1 Ramadhan dan akan ditutup pada 20 Ramadhan. Nanti kalender masehinya bisa disesuaikan ya. Tapi pada saat ini Anda tidak perlu datang, karena ada pendaftaran online, nah untuk info lengkapnya ada di link ini. Satu catatan penting, pendaftar harus sudah lulus SD.

Ujian Masuk Pesantren Gontor

Namun demikian masuk pesantren Gontor harus melalui tahapan seleksi yang lumayan ketat. Gambarannya pada tahun 2019 yang mendaftar 6.390 yang diterima 4.398. Di tahun berikutnya 2020 yang mendaftar 7.121 yang diterima 5.488. Artinya sekitar 80% kelulusannya. 

Maka anak harus dipersiapkan sebelum masuk Gontor untuk melawati dua ujian utama. Tertulis yang berisi dikte tulis bahasa arab, atau yang disebut dengan Imla’, juga berhitung angka yaitu matematika dasar setara kelas 6, dan bahasa Indonesia. 

Dari ujian yang disebut, yang paling rawan adalah dikte bahasa arab. Seringkali banyak yang tidak lulus. Adapun matematika dan bahasa Indonesia sudah biasa dipelajari sejak sekolah dasar. 

Kemudian ada materi ujian lisan yaitu baca Al Quran dan praktek ibadah shalat, doa sehari-hari dan lain sebagainya. Di sini yang paling utama adalah kemampuan membaca Al Quran. Seringkali belum lancar.

Dulu ada pondok khusus mempersiapkan santri untuk masuk Gontor, apalagi waktu masuk di bulan syawal, ada waktu tunggu dari anak lulus SD hingga bulan Syawal. Tapi sekarang pondok tersebut tidak ada. Diganti dengan pesantren persiapan Gontor yang berada di setiap daerah. 

Yang mengadakan adalah ikatan alumni Gontor. Seperti kursus menuju masuk perguruan tinggi negeri. Rutin dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan. Contohnya adalah Bimbingan Santri Gontor di Tangerang, bisa dilihat di link ini. 

Biaya Masuk Pesantren Gontor 2021

Berapa sebenarnya biaya masuk pesantren Gontor 2021? Nah dari website resminya disebutkan bahwa untuk santri putra 5.960.000. Hampir enam juta. Namun jumlah ini sudah termasuk SPP satu bulan sebesar 640.000. Juga uang buku sebesar 465.000.

Kemudian untuk biaya masuk santri putri pesantren Gontor sebesar 6.155.000. Juga sudah termasuk biaya makan, SPP, dan lain sebagainya. Biaya sebesar ini tergolong sangat murah jika dibadingkan biaya di pesantren di Jakarta, apalagi jika dibandingkan dengan Boarding School di Batu. 

Hal ini disebabkan pesantren Gontor memiliki unit usaha yang cukup banyak, sehingga biaya seperti listrik, kemudian guru, tidak dibebankan kepada santri. Inilah mengapa Gontor mampu hadirkan pendidikan bagus dengan biaya murah.

Antisipasi Biaya Lainnya di Pondok

Namun demikian kita sebagai orang tua harus mengantisipasi pembiayaan lainnya. Di antaranya adalah kemeja, celana, sarung, peci, dan lain sebagainya. Hal ini karena kemeja harus polos, celana harus gelap. 

Juga sepatu yang tidak boleh memakai sepatu olah raga. Beli ember, alat cuci. Juga lainnya yang memang cukup banyak, lebih baik sediakan uang mencapai 3.000.000. Agar aman jika nantinya sudah lulus dan diterima di pesantren Gontor.

Selanjutnya adalah biaya uang saku di Gontor. Menurut kami standardnya adalah 500.000. Apalagi kalau masih santri baru. Biasanya butuh tambahan lauk untuk penyesuaian makan di pesantren Gontor. Juga untuk antisipasi masalah lainnya di pesantren yang sering muncul. Selengkapnya di sini.

Demikian info lengkap pendaftaran dan biaya masuk pesantren Gontor. Semoga bisa memberikan manfaat. 

4 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *