Pimpinan pesantren Darul Rohmah Jakarta

7 Pesantren Terbaik di Jakarta

Posted by

Pesantren terbaik di Jakarta sangat berbeda dengan pesantren-pesantren lainnya di Indonesia. Terutama karena letaknya di pusat ibu kota. Salah satu aspek yang jelas berbeda adalah biaya. Biaya di pesantren Jakarta tergolong lebih tinggi dibandingkan yang lainnya. Oleh sebab itu harus siap-siap kocek dalam.

Meskipun demikian, di masih ada banyak pesantren terbaik di Jakarta yang bisa dijadikan destinasi pendidikan anak. Apalagi pergaulan bebas yang semakin merajalela. Berikut 7 pesantren terbaik di Jakarta versi panduanterbaik.id. Kriteria memilih pesantren terbaik versi kami bisa klik di sini.

Pesantren Al Isyraq, Kebon Jeruk

Kami meletakkan pesantren Al Isyraq sebagai pesantren terbaik di Jakarta yang kami ulas pertama. Alasannya sederhana, di kota metropolitan Jakarta, pesantren ini hanya menetapkan biaya Rp. 100.000 untuk formulir. Selebihnya gratis. Pesantren yang berdiri pada tahun 2011 ini berada di Jl. Perjuangan Gang F Kebon Jeruk.

Pesantren ini tidak mencakup banyak jenjang. Dari informasi yang kami dapatkan, pesantren ini justru lebih khusus untuk jenjang perguruan tinggi. Itu pun pendidikan yang ada di dalamnya lebih kepada klasikal dengan metode sorogan dan bandongan dengan target mampu membaca kitab kuning dengan baik.

Syarat utamanya hanya bersungguh-sungguh untuk mengikuti pembelajaran yang ada di dalamnya. Ada dua belas semester yang harus ditempuh. Sekitar enam tahun. Bahkan di semester akhir fokus kepada bahsul masail. Pondok yang juga merujuk ke pesantren Suralaya ini kami rekomendasikan menjadi salah satu yang terbaik di Jakarta.

Pesantren Darunnajah, Ulujami

Pesantren Darunnajah adalah pondok pesantren alumni Gontor. Yaitu santri Gontor yang mendirikan pondok pesantren. Sehingga bisa dikatakan banyak kemiripan dalam beragam model pendidikan. Terutama kurikulum. Oleh sebab itu banyak menjadi alternatif sebagai pesantren di lingkungan perkotaan.

Biaya untuk masuk di pesantren ini berkisar Rp. 22 jutaan. Cukup tinggi untuk ukuran pesantren. Maka biasanya yang hadir di Darunnajah adalah santri dari Jakarta, atau dari kota lain dengan kemampuan ekonomi yang cukup baik.

Berdiri pada tahun 1974, pesantren ini sudah memiliki beberapa cabang, seperti di Cipining, dan lain sebagainya yang berjumlah hingga 17. Jika di Jakarta jumlah santrinya ribuan. Bahkan jumlah kelas yang tersedia sekitar 32 kelas, semuanya menggunakan pendingin ruangan.

Oleh sebab itu jika ingin menjadikan anak terjaga dari pergaulan bebas, Darunnajah adalah salah satu pesantren terbaik di Jakarta. Namun demikian ada penelitian tentang analisa swot pesantren Darunnajah, salah satu yang tertulis adalah masih sedikitnya santri yang melanjutkan ke luar negeri. Artinya belum ideal dengan jumlah yang ada sekarang. http://dzildan.blogspot.com/2015/08/analisa-swot-yayasan-darunnajah.html

pondok pesantren terbaik di Jakarta

Pesantren Darul Rahman, Jagakarsa

Pesantren Darul Rahman adalah pesantren terbaik di Jakarta yang kami pilih selanjutnya. Pesantren ini juga didirikan oleh alumni Gontor yang bernama KH. Syukran Ma’mun yang diamanati oleh pemilik tanah yang cinta akan kajian keislaman. Tepatnya pada tahun 1975. Beliau bersama teman-temannya yang dari Gontor mendirikan pesantren dengan luas sekitar lima ribu meter persegi tersebut dengan alamat Kebayoran Baru.

Namun demikian lokasi pesantren ini sekarang pindah ke Jagakarsa karena di pusat kota sudah tidak begitu kondusif lagi untuk pendidikan pondok pesantren dengan banyaknya apartemen dan hotel. Di Jagakarsa, pesantren ini semakin luas.

Yang menjadi istimewa dari pesantren ini adalah sosok KH. Syukran Ma’mun. Pimpinan pesantren yang dulu ikut Idham Cholid ini cukup karismatik di wilayah Jakarta. Dengan kurikulum Gontor, pesantren ini bisa dikatakan fokus dengan konsep 75% ilmu agama, dan 25% ilmu umum. Hingga sekarang, santrinya sudah mencapai 1500-an.

Salah satu keunggulan dari pesantren ini adalah biayanya yang murah, pendaftaran hanya sekitar Rp. 2 juta rupiah. Sedangkan bulanan untuk spp dan makan sebesar Rp. 800 ribuan rupiah. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Jakarta.

Pesantren As Sidqiyah, Kebon Jeruk

Pesantren ini berdiri pada tahun 1985. Pendirinya bernama Dr. KH. Noer Iskandar. Nama Assidqiyah pun mashur di mana-mana karena banyak dikenal sebagai tariqat tasawuf. Meskipun kami belum menemukan info lengkap apakah pesantren ini juga termasuk dalam tarikat tasawuf, namun demikian pesantren ini terlihat kental dalam penanaman adab kepada santri. Bahkan poin utama dalam trilogi pesantren adalah Membentuk Pribadi Muslim yang berakhlak mulia. Oleh sebab itu penanaman akhlaq menjadi hal yang utama.

Meskipun berada di kota, pesantren ini sangat berbeda dengan Darunnajah atau Darul Rahmah. Pesantren ini justru lebih cenderung berkiblat ke sistem salaf yang mengkaji kitab kuning dengan cara sorogan dan bandongan. Oleh sebab itu santri mengaji kitab kuning di pesantren ini menjadi makanan sehari-hari.

Biaya yang harus dikeluarkan pun tidak mahal, yang tertera diformulir Rp. 200.000, kemudian jika diterima harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 8 jutaan. Sedangkan bulanan berkisar Rp. 1.200.000,- tergolong standard untuk wilayah kota Jakarta.

Pesantren Putri Al Kenaniyah

Jika ingin mencari pesantren putri terbaik di Jakarta, salah satunya adalah Al Kenaniyah. Meskipun di jantung kota, di Jalan perintis kemerdekaan, namun pesantren ini cukup fokus membina santri putrinya. Ya, khusus santriwati.

Jika ingin melihat tanda-tanda bagusnya sebuah pesantren, maka perhatikan bagaimana pesantren itu memisah antara laki-laki dan perempuan. Al Kenaniyah hadir khusus untuk santri putri di Jakarta.

Al Kenaniyah sendiri berasal dari nama ulama, Kenan, yang selanjutnya dipakai sebagai nama pesantren. Berkiblat kepada nuansa NU, maka pesantren ini memiliki fokus dalam membaca kitab kuning sebagai bekal ilmu agama.

Uniknya, santri di pesantren ini sedikit, hanya sekitar ratusan yang mukim dari informasi di website. Namun menurut kami, karena sedikit itulah pendidikan pesantren di pondok yang berdiri dari tahun 1984 ini memiliki keistimewaan dalam mendidik santrinya.

Sayangnya setiap kali pendaftaran kuotanya hanya puluhan. Yang terbaru, untuk tahun ajaran 2019-2020, di halaman facebook resminya hanya dibuka untuk 30 santri saja. Oleh sebab itu pesantren ini kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Jakarta.

Pesantren Darul Quran

Untuk pesantren tahfidz Quran, kami masukkan pesantren Darul Quran yang terletak di Tangerang. Apalagi antara Tangerang dan Jakarta berdekatan. Pesantren ini dikenal karena pengasuhnya yang kondang, yaitu Ust. Yusuf Mansur.

Pesantren ini fokus pada pendidikan tahfidz Quran. Jenjangnya lebih banyak untuk usia SMP dan SMA. Biaya masuknya sekitar 10 juta dengan biaya bulanan sebesar Rp. 1 jutaan. Tergolong standard untuk wilayah Jakarta.

Namun jika menginginkan pendalaman ilmu agama lain, seperti misalkan penguasaan kitab kuning, atau penguasaan buku-buku keislaman, kami sarankan untuk memilah pesantren lain. Di pesantren ini memang hanya fokus hafalan Quran di samping pendidikan formal. Oleh sebab itu karena fokus pada tahfidz kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Jakarta dan Tangerang.

Tips agar anak mau masuk pesantren

Usulan Pesantren Terbaik di Jakarta

Silakan cantumkan usulan di kolom komentar. Atau jika ada informasi tambahan tentang apa yang sudah kami ulas bisa diinformasikan. Semua data berdasarkan internet, pengalaman, dan wawancara secara personal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *