Pesantren Nurul Muhtadin Ba’alawy | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Nurul Muhtadin Ba’alawy merupakan salah satu pesantren ternama di wilayah Jakarta Barat. Terutama karena diasuh oleh Habib Alwi bin Abdurrahman Al Habsyi, atau yang lebih dikenal dengan Habib Alwi Al Habsyi.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk membuat rangkuman informasi dari beragam sumber, terutama website resmi lembaga pendidikan agar menjadi informasi menarik. Terutama terkait profil pendidikan, dan biaya masuk pesantren Nurul Muhtadin Ba’alawy Jakarta.

Profil Pondok Pesantren Nurul Muhtadin

Pesantren Nurul Muhtadin Ba’alawy merupakan pesantren exclusive. Dalam artian bukanlah tertutup, tapi lebih kepada pesantren yang khusus untuk anak-anak yang mau belajar dengan intensif. Oleh sebab itu santrinya tidaklah banyak.

Pesantren ini di bawah naungan seorang habib, pendidikannya pun memiliki nuansa kajian kental khas pengajian habib. Baju-bajunya putih, kopyah putih, santri-santri terlihat bersih-bersih. Antara ruhiyah, ilmiah, dan ibadah berjalan cukup stabil di pesantren ini.

pesantren nurul muhtadin ba'alawy

Habib Alwi bin Abdurrahman Al Habsyi

Habib Alwi dikenal di wilayah Jakarta Barat karena fokusnya dalam berdakwah. Terutama memberikan kajian rutin mingguan, di antaranya pada Ahad pagi. Kajian ini dinamakan Zawiyyatul Rasul. Jama’ahnya cukup banyak dan ramai sekali. Beliau juga dikenal sebagai tokoh yang banyak dimintai pendapat.

Pendidikan di Pesantren Habib Alwi Al Habsyi

Ada tiga unsur pendidikan penting di pesantren Nurul Muhtadin Srengseng Jakarta Barat. Pertama adalah pembelajaran umum yang terdiri dari materi pokok seperti IPA, Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Kedua, adalah pendidikan kitab-kitab Islam. Menurut kami inilah porsi yang cukup besar. Sebagai gambaran, untuk hadist saja ada lima kitab, di antaranya Arbain Nawawi dan Shahih Bukhari. Untuk nahwu hingga alfiah.

Untuk fiqh ada Safinatun Najah hingga Fathul Mu’in. Untuk Aqidah dari Aqidatul Awam hingga Jauharut Tauhid. Serta segala macam kitab lainnya. Menurut kami ini mirip dengan pendidikan salafiyah khas pesantren Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pendidikan ketiga adalah ibadah. Di pesantren ini santri hidup selama dua puluh empat jam dibimbing secara intensif. Terutama dalam mengamalkan ibadah seharian. Baik secara praktek, bicara, terutama akhlaq. Bahkan di pesantren ini belajar tasawuf dengan cukup baik.

Kombinasi tiga pembelajaran inilah yang menjadikan pesantren Nurul Muhtadin Ba’alawy Jakarta menarik minat santri-santri di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Atau rangkumannya adalah menanamkan Ilmu, Amal, Khouf, Waro dan Ikhlas.

PanduanTerbaik.id

Pondok Pesantren Exclusive Srengseng

Menurut kami sisi yang paling menarik adalah sifat pesantren exclusive yang dimiliki oleh pesantren di Srengseng Jakarta Barat ini.  Jika pesantren lain menerima banyak santri, di pesantren Nurul Muhtadin Ba’alawy hanya 10 santri saja. Sedikit sekali, benar-benar exclusive.  

Jumlah santri yang tertulis di website resmi sekitar 70. Ini juga tidak begitu banyak. Gurunya lebih dari tujuh orang. Artinya satu guru memegang sepuluh siswa. Rasio ini begitu ideal, karena umumnya rasio guru dan siswa lebih dari sepuluh.

Keunggulan Pesantren

Keunggulan yang menonjol dari pesantren ini disamping sifat exclusive adalah fasilitasnya. Gedung-gedungnya terlihat masih segar, baru. Ranjang sprei, Kasur dan bantal juga nyaman di dalam ruangan ber-AC.

Ada juga aktivitas rutin bulanan seperti berenang, futsal. Ada juga makan tiga kali sehari sudah plus dengan buah. Ada laundry, juga disamping itu kunjungan dan silaturahim ke ulama bahkan ziarah.

Pesantren ini juga akan memberikan update rutin kepada wali santri atas perkembangan anaknya sebulan sekali. Komunikasi via WhatsApp begitu intensif. Jadinya orang tua meski di rumah bisa memantau anaknya di pesantren Nurul Muhtadin Ba’alawy Jakarta.

Pendaftaran Pesantren

Untuk pendaftaran Pesantren Nurul Muhtadi Jakarta ada beberapa ketentuan. Di antaranya hanya menerima santri laki-laki lulusan SD atau sederajat, juga lulusan SMP atau sederajat. Maksimal usia 18 tahun.

Ada tes yang harus diikuti santri. Biasanya baca tulis Al Quran. Untuk administrasinya lebih baik dibaca di website resmi. Terutama terkait kuota. Jika kuota habis pendaftaran pesantren akan ditutup.

Biaya Pesantren Nurul Muhtadin Jakarta

Sedangkan untuk biayanya kami sebutkan kisaran, karena bisa jadi sudah naik. Untuk uang pangkal sekitar 17 jutaan. Sedangkan untuk SPP bulanan sekitar dua jutaan. Biaya ini kalau untuk wilayah Jakarta tergolong standard.

Jika ingin pilihan pesantren lain di Jakarta dengan biaya yang lebih mahal atau terjangkau bisa kunjungi link berikut ini. Sedangkan yang ingin pesantren gratis di Jakarta bisa kunjungi link berikut ini. Anda bisa memilih dengan leluasa.

Alamat Lengkap Ponpes Habib Alwi

Alamat lengkap pesantren ini berada di Jalan Anggrek No.1, RT.3/RW.8, Srengseng, Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Untuk info lebih valid bisa kunjungi website resminya di https://www.nurulmuhtadin.org/.

Kiranya ada kekurangan mohon cantumkan di kolom komentar agar kami perbaiki. Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com, kami akan bantu publikasi di website ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *