Pesantren Fathimiyah Lamongan | Keistimewaan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Fathimiyah Lamongan adalah pondok pesantren yang memiliki sistem kombinasi antara pembelajaran modern dan klasik. Model seperti ini cukup banyak diminati masyarakat. Santrinya cukup banyak dan berasal dari banyak daerah di Indonesia.

Untuk lebih lengkapnya , kami telah merangkum informasi terkait pesantren ini, mulai dari profil lembaga, jenis pendidikan, keunggulan hingga biaya pendaftaran yang dirangkum dari brosur dan website resmi pesantren Fathimiyah.

Pesantren Fathimiyah Lamongan

Awal berdirinya pondok pesantren Fathimiyah berada langsung di bawah naungan Yayasan Pembelajaran Islam Al-Fathimiyah. Saat itu ada Madrasah Tsanawiyahnya (MTs) yang juga berada di bawah naungan yayasan tersebut.

Pesantren ini memiliki corak pendidikan nasional yang mengacu pada perkembangan zaman dan teknologi, namun di sisi lain tetap diseimbangkan dengan ilmu-ilmu klasik yang menekankan kepada ajaran agama, utamanya adalah adab, dan kemampuan penguasaan kitab kuning.

pesantren al fathimiyah lamongan

Pendidikan di Pesantren

Pendidikan di pesantren ini terdiri dari 3 jenis sistem, yang pertama adalah pendidikan formal yang terdiri dari jenjang Aliyah, dengan merujuk ke kemenag, atau biasanya disebut dengan Madrasah Aliyah.

Yang kedua adalah ada program khusus tahfidz Quran. Selain itu, tersedia juga lembaga pengembangan Tahfidzul quran (LPTQ). Di sini santri digembleng khusus dalam tahfidz Quran. Targetnya tidak main-main, 30 juz.

Tentunya dengan tahapan yang ketat. Santri tidak bisa langsung menghafal begitu saja. Ada proses mulai dari Bin Nadzor, atau tahsin terlebih dahulu, baru kemudian diperbolehkan menghafal. Jadi ketat.

Yang ketiga adalah program diniyyah. Yaitu program pendidikan yang mempelajari kitab-kitab klasik. Nahwu, shorf, Aqidah, Hadist, Tafsir, menjadi pembahasan mendalam di pesantren ini. Jadi kemampuan santri pesantren Fathimiyah Lamongan cukup lengkap.

Ada juga program khusus bernama Takhossus atau proses pengkhataman 10 Juz sebelum lulus dari jenjang Madrasah Aliyah. Sehingga santri Ponpes Fathimiyah Lamongan punya bekal hafalan yang cukup.

Keunggulan Pesantren Ponpes Fathimiyah

Keunggulan dari pesantren ini, selain jenjang pendidikannya cukup lengkap bahkan menyediakan beasiswa, para santri diberikan pembelajaran  tentang ilmu kesusastraan kitab-kitab klasik yang merupakan karangan dari para ulama-ulama islam yang sudah dikenal.

Misalnya saja, jika ingin menekuni ilmu Aturan Bahasa Arab, santri akan diberikan pemahaman melalui buku penting Jurumiyah, begitu juga dengan ilmu tauhid yang bisa dipelajari dari Tijaanuddarori, dan masih banyak lagi.

Bisa dikatakan keunggulan utama Pesantren Fathimiyah Lamongan adalah tahfidz Quran dan penguasaan kitab kuning. Cocok untuk wilayah Jawa Timur sebagai basis banyak pesantren terbaik di Indonesia.

PanduanTerbaik.id

Fasilitas Pesantren

Untuk memberikan kenyamanan dalam proses pembelajaran, pesantren ini juga menyediakan beragam fasilitas yang cukup lengkap seperti asrama, gedung sekolah, hingga gedung serbaguna audiotorium, dan lainnya lagi.

Ekstrakurikuler Santri

Di samping itu ada berbagai macam kegiatan penunjang atau ekstra kulikuler yang diadakan untuk para santri, mulai dari organisasi kesantrian yang diharapkan bisa melatih kepemimpinan serta bekerja dalam tim.

Ada juga kegiatan karya ilmiah,  ke-alqur’anan ( MTQ, MSQ, MFQ, MHQ) sampai ke program kreatifitas seperti menjahit dan masih banyak lagi. Dengan ini santri Pesantren Fathimiyah Lamongan akan mengembangkan minat bakatnya dan betah hidup bersama teman-teman.

Pendaftaran Pesantren

Bagi yang ingin mondok di pesantren ini maka ada beberapa syarat administratif yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah,

  • – Mengisi formulir
  • – FC ijazah dan SKHUN SD/MI/SMP/MTs dilegalisir 4 lembar
  • – FC NISN 5 lembar
  • – FC Kartu Keluarga 6 lembar
  • – FC akte kelahiran 4 lembar
  • – FC KTP orang tua 5 lembar
  • – Pas foto ijazah sekolah hitam putih 3×4 sebanyak 4 lembar
  • – Pas foto berkerudung warna 3×4 sebanyak 6 lembar

Selanjutnya, para calon santri akan melalui berbagai tes seperti tes tertulis, wawancara dan tes ilmu dinniyah. Adapun tes Madin yang dihususkan untuk jenja  SLTA yaitu:

  • – Mampu memahami amtsilatuttashriiifiyah, hafal bab tsulatsi mujarrod dan tsulasi majid (bab wazan ta’ala sampai babbwazan terakhir)
  • – Mampu memahami matan jurumiyyah dan hafal (‘alaamatil i’roob)
  • – Mampu menulis pego ( khot arab jawa)
  • – Bisa membaca ghoyah wa taqrib (kosongan) mulai bab thoharoh sampai zakat

Biaya Pesantren Fathimiyah Lamongan

Selain itu, kami juga berhasil menghimpun biaya pendaftaran di pesantren ini untuk tahun ajaran 2021-2022 yang biasanya dimulai di bulan Januari, di antaranya:

  • Santri Non-Formal Al-Fathimiyah
  • 1. Santri baru non formal ( Bil Ghoib) Al-fathimiyah: Rp. 2.247.000
  • 2. Santri Non Formal (Bin Nadhri) Al-Fathimiyah: Rp. 2.567.000
  • Santri Non-Formal Al-Fathimiyah
  • 1. Siswi baru MTs Al-Fathimiyah: Rp.3.705.000
  • 2. Siswi baru MA Al-Fathimiyah: Rp. 3.770.000
  • 3. Siswi baru MA Al-Fathimiyah (alumni): Rp. 2.813.000
  • Santri Baru Formal Non Al-Fathimiyah: Rp.2.322.000

Menurut kami biaya ini cukup terjangkau. Bisa disurvey pesantren lain di Lamongan di link ini. Kami sudah sajikan beberapa dengan biaya dan keistimewaan lembaga pendidikan tersebut. .

Beasiswa Pesantren Fathimiyah Lamongan

Kabar gembiranya, di pesantren ini disediakan beasiswa yang dikategorikan berdasarkan beberapa kriteria, di antaranya:

  • – Beasiswa peringkat kelas tiap semester ( biaya pendidikan formal)
  • – Beasiswa Tahfidz (SPP yayasan) MTs 15 juz dan MA ke atas 30 juz
  • – Beasiswa kurang mampu. Selengkapnya bisa hubungi pihak pesantren.

Alamat Lengkap

Adapun alamat lengkapnya berada di jalan Sunan Drajat Dusun Banjaranyar, Desa Banjarwati, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Lamongan. Kami sediakan link Google Maps agar bisa menjadi petunjuk.

Jika berminat untuk mendaftar silakan datang langsung ke pesantren atau hubungi ke kontak nomor ini: 0815- 5364-7772 (WhatsApp). Informasi lebih valid, lengkap, dan update bisa kunjungi website resmi pesantren di www.al-fathimiyah.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *