Pesantren Al Basyir Bogor | Keistimewaan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Al Basyir Bogor dikenal sebagai salah satu Islamic boarding school yang menawarkan pendidikan mulai dari SD hingga SMA. Tapi semuanya berbasis asrama. Ini sangat menarik sekali, jarang yang demikian.

Oleh sebab itu peminatnya cukup banyak berasal dari banyak daerah terutama Jabodetabek. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas Al Basyir Boarding School Bogor, yang bersumber dari website resmi dan brosur yang berhasil kami dapatkan.

Pesantren Al Basyir Bogor

Pesantren Al Basyir Bogor didirikan oleh Drs. KH. Dudung Basyir. Pesantren ini fokus pada pendidikan Al Quran. Mulai dari tahsin hingga tahfidz Al Quran dengan target yang berbeda untuk masing-masing jenjang.

Model Al Basyir Bogor yaitu boarding school. Yang artinya adalah pendidikan formalnya diperhatikan dengan baik, fasilitas yang tersedia juga mumpuni, dengan sistem asrama yang modern dan terjadwal selama dua puluh empat jam.

pesantren al basyir bogor

 SD Tahfidz Al Basyir Bogor

Jenjang pertama di pesantren Al Basyir Bogor adalah sekolah dasar. Santrinya berasrama. Sehingga bisa disebut dengan pesantren tahfidz anak. Santrinya tersedia baik untuk putra maupun putri dengan usia minimal 1 tahun.

Targetnya adalah mampu menghafal minimal 10 juz Al Quran. Jika santri memiliki kemampuan lebih, bisa menghafal hingga 30 juz. Adapun untuk tahsinya menggunakan metode tilawati. Metode ini dikenal cukup ketat.

Yang menarik adalah dalam pendidikan formal santri juga sudah mulai dikenalkan lebih kepada MIPA, sudah tersedia laboratorium khusus. Apalagi akreditasi yang dimiliki adalah A, sehingga sesuai standar nasional.

Di sisi lain, ekstranya juga menyenangkan, bahkan ada kolam renang, badminton, karate, futsal, dan lain sebagainya. Fasilitas kelasnya juga representatif, kamarnya menggunakan ranjang bertingkat dan luas.

SMP & SMA Al Basyir Cibungbulang

Jenjang berikutnya adalah untuk remaja. Terutama bagi anak usia lulus SD. Tersedia bagi putra dan putri dengan program pendidikan SMP dan SMA yang sudah memiliki akreditasi A. Sehingga sudah kualitas unggul dalam pendidikan formal.

Untuk target pendidikannya adalah tahsin Quran dengan metode tilawati. Sedangkan untuk tahfidz Qurannya memiliki target 30 juz. Dengan tahapan, 15 juz di jenjang SMP, dan 15 juz di jenjang SMA. Menurut kami target ini cukup realistis, tidak mementingkan kecepatan.

Yang kedua adalah santri juga memiliki target mampu membaca kitab kuning. Artinya ilmu alat yang dimiliki cukup baik. Terutama untuk nahwu dan shorf. Kitab-kitab bisa dimaknai dengan baik. Di pesantren ini memiliki waktu khusus untuk kitab selepas isya. Pendidikan di ponpes Al Basyir Cibungbulang cukup baik.

Pesantren Al Basyir Bogor memiliki ciri khas seperti pesantren di Bogor umumnya. Yaitu ada kegiatan ziarah makam walisongo, ada diba’an, rutin tahlilan, serta kegiatan lainnya. Seperti umumnya pesantren Nahdhatul Ulama.

PanduanTerbaik.id

Keunggulan Pesantren

Menurut kami ada beberapa keunggulan pesantren Al Basyir Bogor. Yang pertama adalah faktor kegiatan di asrama yang cukup kental dengan ubudiyah. Seperti dimulai dengan tahajud, witir.

Kemudian ada pembacaan surat Waqiah bersama, ada juga membaca surat yasin bersama, dan ini rutin. Nantinya kalau sudah selepas isya membaca surat Al Mulk bersama. Jadi cukup baik sekali.

Kedua, pesantren ini juga menekankan kepada pendidikan MIPA. Buktinya adalah dalam kegiatan ektra tersedia MIPA Club, ada juga IT Club. Bahkan laboratoriumnya cukup lengkap, dari IPA, Komputer, serta ada lahan pertanian.

Ketiga, dari fasilitas. Karena ini berbasis Islamic Boarding School, memang fasilitasnya cukup baik. Di antaranya ruangan full AC. Olah raganya dari bulu tangkis, basket, sampai hadrah. Juga santri putri difasilitasi kegiatan maratunsholihah.

Pendaftaran Pesantren

Bagi yang ingin masuk pesantren Al Basyir Bogor, maka untuk pendaftaran awal ada biaya sebesar RP300.000. Serta bisa melalui online di website resmi atau ke wa dengan nomor 0812 1191 1904. Jadi cukup mudah. Adapun persyaratan administratifnya adalah,

  • FC Ijazah
  • Surat kelulusan
  • Surat kelakuan baik
  • Foto sekolah 3×4
  • FC akta kelahiran
  • FC kartu keluarga
  • FC KTP orang tua
  • Raport dan surat pindah kalau santri pindahan
  • No NISN

Biaya Masuk Al Basyir Bogor

Adapun biaya masuk pesantren Al Basyir Bogor untuk jenjang SD adalah Rp9.000.000, sedangkan SPP bulanannya sebesar Rp1.000.000. Menurut kami untuk pesantren tingkat SD, biaya ini standard. Bisa dibandingkan dengan SD lain di Bogor di link ini. Kami sudah sajikan beberapa dengan biayanya.

Untuk jenjang SMP dan SMA biaya masuk Al Basyir Bogor sebesar Rp19.500.000, sudah termasuk spp bulanan sebesar Rp2.000.000. Masih ada biaya tahunan sebesar Rp2.500.000. Jadi harus siap.

Biaya ini tergolong lumayan. Bisa dibandingkan dengan biaya pesantren di Bogor lainnya di link ini. Atau kalau yang ingin fasilitas lengkap bisa dibandingkan dengan boarding school terbaik lainnya di Bogor di sini. Kami sudah sajikan informasi keunggulan dan biaya agar menjadi pertimbangan.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pesantren berada di Jalan Kapten Dasuki Cibatok Dua, Kecamatan Cibungbulang, Bogor. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sajikan agar tidak kebingungan. Tinggal klik saja link di bawah ini.

Untuk informasi lebih lengkap dan valid bisa kunjungi website resminya di https://albasyirbogor.com/. Pendaftaran juga bisa di link tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *