Pesantren Tahfidz Al Bahjah Cirebon | Ponpes Buya Yahya dan Biaya

Posted by

Pesantren Tahfidz Al Bahjah Cirebon menjadi fenomenal, terutama karena sosok Buya Yahya sebagai pengasuh yang dikenal luas di seluruh Indonesia. Masyarakat pun ingin tahu lebih banyak tentang pondok pesantren di Jawa Barat ini.

Kami akan mengulas beberapa aspek penting yang berasal dari beragam sumber, terutama website resmi, serta sumber lainnya di internet. Di antara yang akan dibahas adalah profil pesantren, pendidikan di Pesantren Tahfidz Al Bahjah Cirebon, serta biaya masuk.

Profil Pesantren Tahfidz Al Bahjah Sumber

Pesantren Al Bahjah Sumber Cirebon sedari awal memang memiliki sejarah berkaitan dengan tahfidz Quran. Hal itu karena awalnya Buya Yahya ingin mencarikan pondok pesantren tahfidz untuk anaknya yang berusia 9 tahun.

Namun justru kemudian guru Al Quran didatangkan dan teman-temannya berdatangan. Sehingga pada akhirnya semakin besar dan tumbuh dengan semangat tahfidz Al Quran dan menjadi pesantren hingga sekarang.

pesantren tahfidz Al Bahjah Cirebon

Pesantren Buya Yahya Cirebon

Hingga sekarang pondok ini dikenal juga dengan pesantren Buya Yahya Cirebon, karena beliau ulama yang sangat kharismatik. Sehingga seperti laiknya Al Anwar Sarang yang dikenal juga dengan pesantren Mbah Maimun.

Pendidikan di Pesantren Al Bahjah

Adapun untuk pendidikan di pesantren ini tersedia untuk tiga jenjang. Yaitu SD, SMP, dan SMA. Pendidikan formal di pesantren ini tersedia dengan baik. Sehingga tidak perlu khawatir tidak paham pembelajaran umum.

Namun memang jika ditelaah lebih jauh sisi kuat di pesantren ini adalah tahfidz Quran yang dimulai pada usia 7 tahun hingga 15 tahun. Atau jenjang sekolah dasar hingga jenjang lulus SMP.

Target dari dua jenjang itu kalau ditotal mampu menghafal 30 juz. Secara waktu juga rasional. Delapan tahun mampu menghafal 30 Juz disertai dengan pendidikan formal akan menghasilkan hafalan yang baik di Ponpes Tahfidz Al Bahjah Cirebon. Satu hari waktunya sekitar dua jam untuk tahfidz Quran.

Di pesantren ini juga sering diadakan lomba antar santri dalam aspek tahfidz Quran, sehingga hafalan Al Quran tumbuh dalam  miliu yang sangat edukatif. Plus pendataan hafalan santri yang tertata dengan rapi.

Sedangkan untuk pendidikan selepas 15 tahun, atau mulai jenjang menengah atas, Pesantren Al Bahjah Cirebon memiliki penekan pada pendalaman ilmu Syariah, seperti bahasa arab, nahwu, shorof, tafsir dan lainnya sebagainya.

Dengan gambaran demikian secara tidak langsung santri Pesantren Tahfidz Al Bahjah Cirebon mampu menguasai ilmu syariah dengan sangat baik. Karena sudah hafal tiga puluh juz di waktu kecil, plus juga menguasai ilmu syariah di masa dewasa.

PanduanTerbaik.id

Keunggulan Pesantren Buya Yahya

Menurut kami ada beberapa keunggulan pesantren Al Bahjah Buya Yahya. Pertama adalah ada pendidikan khusus akhlaqul karimah. Baik melalui pembelajaran, atau melalui pembiasaan. Setiap santri mendapatkan bimbingan.

Kedua kegiatan pesantren memiliki unsur ruhiyah yang kental. Seperti dimulainya bangun tidur sejak pukul 3 pagi yang diikuti dengan  Qiyamullail, tahajud, wirdul faith, surat al Waqiah, shalat istikharah, hajat dan witir.

Selanjutnya subjektivitas kami menyukai cara santri di pesantren Al Bahjah Cirebon berpakaian. Persis seperti Buya Yahya. Ada udeng di kepala, kemudian jubah dan putih-putih, terlihat bersih sekali. Artinya ada style tersendiri.

Untuk bahasa tersedia arab dan inggris. Dua bahasa ini sudah menjadi tuntutan umum hampir di seluruh pesantren di Indonesia. Begitu juga di pesantren Tahfidz Al Bahjah Cirebon. Dua bahasa tersebut menjadi aspek penting.

Sedangkan untuk fasilitas pesantren Al Bahjah menurut kami standard pesantren. Gedung-gedungnya representatif. Bisa dilihat selengkapnya di video yang kami tautkan di bawah.

Biaya Pesantren 2021

Biaya pesantren Al Bahjah yang kami dapatkan dari tahun 2020, namun bisa menjadi patokan biaya di tahun 2021 – 2022. Bisa jadi naik sedikit. Atau seperti pesantren lain di masa covid yang tidak naik. Sumber website tahfidzalbahjah.com.

Tahfidz Baru RegulerRp3.445.000
SPP bulananRp510.000
I’dad TahfidzRp5.500.000
SPP bulananRp1.000.000

 Biaya ini menurut kami untuk wilayah Cirebon tergolong standard. Bisa dibandingkan dengan pesantren terbaik di Cirebon lainnya di link ini. Kami sudah sajikan dengan informasi biaya dan kelebihan masing-masing.

Biaya Pesantren Al Bahjah Buyut

Nah di Cirebon, tidak hanya satu pesantren tahfidz Al Bahjah, masih ada satu lagi yaitu pesantren tahfidz Al Bahjah Buyut. Secara pendidikan kemungkinan tidak jauh berbeda. Namun demikian biayanya berbeda. Berikut biaya ponpes Al Bahjah Buyut. Kami dapatkan biaya tahun 2020

SMP Al Bahjah BuyutRp12.000.000-an
SPP SMP Al Bahjah BuyutRp975.000
SMA Al Bahjah BuyutRp14.000.000-an
SPP SMA Al Bahjah BuyutRp1.050.000
sumber brosur

Kami menulis menggunakan rentang jutaan, kiranya mungkin ada kenaikan bisa menyesuaikan.

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Alamat lengkap pondok pesantren tahfidz Al Bahjah berada di Jl. Pangeran Cakrabuana No. 179  Kelurahan Sendang, Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Google Maps bisa diikuti di bawah ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *