Pesantren Darul Fikri Sidoarjo | Keunggulan dan Biaya Boarding

Posted by

Pesantren Darul Fikri Sidoarjo merupakan salah satu pondok pesantren modern yang diminati banyak masyarakat. Pondok pesantren ini sering disebut juga dengan DAFI. Santrinya juga cukup banyak. Oleh sebab itu menarik untuk dibahas.

Kami akan merangkum informasi berdasarkan website resmi pesantren sehingga menyajikan ringkasan yang dibutuhkan masyarakat. Di antaranya tentang profil ponpes Darul Fikri Sidoarjo, jenjang pendidikan, serta biaya masuk pondok pesantren.

Pesantren Darul Fikri Sidoarjo

Ini merupakan pondok pesantren yang menggabungkan antara tahfidz Quran dan pendidikan science. Maka pendidikan di pesantren ini menggabungkan antara formal dengan pendidikan bermodel boarding school.

Sekolah ini salah satu bagian jaringan Sekolah islam Terpadu, model-model sekolah unggulan. Juga sekolah model Kualita Pendidikan Indonesia, yaitu konsultan di bidang pendidikan. Satu lagi adalah jaringan pesantren ma’had dakwah Indonesia.

pesantren darul fikri sidoarjo

Dengan kata lain pesantren Darul Fikri adalah gabungan dari kombinasi tiga Lembaga tersebut dan diramu menjadi satu model Lembaga pendidikan Islam di Sidoarjo.

Pendidikan di Pesantren

Pendidikan di pesantren ini memiliki dua jenjang pendidikan. Pertama adalah jenjang SMPIT. Model sekolah full day school seperti laiknya sekolah Islam unggulan. Juga jenjang SMAIT. Keduanya memiliki siswa yang diasramakan.

Adapun kompetensi yang akan dicapai untuk siswa SMP adalah hafal 5-30 juz. ini jumlah yang cukup lumayan. Selanjutnya akan mencapai nilai akademi 80.

Menurut kami target yang cukup prestisius. Tidak lupa terampil bahasa arab dengan bukti bisa berpidato menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa arab.

Sedangkan untuk SMIT kompetensi yang akan dicapai jauh lebih banyak lagi. Untuk program khusus akan hafal sampai 30 juz Al Quran. Sedangkan jurusan IPA akan mencapai hafalan 15 juz. menurut kami sudah cukup.

Nah untuk SMAIT ada target bahasa Inggris, plus disertai ukuran yaitu nilai TOEFL yang mencapai 450. Sudah lumayan. Serta dengan kemampuannya pihak pesantren menyampaikan santri siap untuk masuk perguruan tinggi terbaik di dalam atau di luar negeri.

Ekstrakurikuler Variatif

Agar mengembangkan minat dan bakat, maka di pesantren di sediakan beberapa ekstrkurikuler yang variative. Di antaranya adalah jujitsu, robotic, fotografi, olimpiade matematika, English debate, kemudian ada desain grafis dan broadcasting.

Menurut kami beberapa ekstra ini adaptif dengan dunia modern. Kompetensi di era digital difasilitasi dengan baik. Oleh sebab itu pesantren darul Fikri Sidoarjo menjadi salah satu pesantren favorit dan unggulan di Sidoarjo.

Keunggulan Ponpes Darul Fikri

Ada beberapa keunggulan yang bisa dipertimbangkan. Pertama pesantren ini melaksanakan stundent exchange ke luar negeri. Jadi siswa akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga.

Selanjutnya ada bimbingan khusus untuk masuk perguruan tinggi. Nama programnya disebut dengan Bridging Perguruan Tinggi. Sehingga siswa menjadi lebih siap. Apalagi modelnya sekolah Islam terpadu berbasis boarding school. Bimbingan belajar jadi mudah.

Kegiatan Harian Santri Darul Fikri

Untuk melihat bagus tidaknya pesantren kita lihat dari jadwal harian santri. Santri akan bangun di pukul 03:00 untuk qiyamullail. Selepas subuh hingga menjelang pukul enam pagi ada hafalan Al Quran.

Nah untuk pembelajaran sekolah memakan waktu cukup besar, dari jam tujuh hingga ashar 15:30. Selepas ashar diberi kesempatan untuk kegiatan pribadi.

Menjelang magrib santri akan mendapatkan pendidikan Tahsin dan pemahaman Al Quran. Selepas magrib ada murajaah Al Quran. Barulah selepas isya ada program bahasa lebih dari satu jam sekaligus belajar malam.

Dari sini kita lihat yang dominan adalah tahfidz Quran dan pembelajaran di kelas yang memakan waktu dari pagi hingga sore. Artinya pesantren ini menekankan pendidikan formal yang baik dan tahfidz Quran. Bahkan pernah meraih prestasi juara tiga tahfidz tingkat SMP nasional oleh Kemenag.

Pendaftaran Pesantren Darul Fikri

Jika ingin mendaftar caranya cukup mudah, bisa melalui online dengan mengunjungi website https://psb.dafi.sch.id/. Namun yang perlu diperhatikan adalah persiapan tes masuk yang terdiri dari Bahasa Indonesia, Matematika, IPA. Tapi melalui online.

Ada juga tes tilawah Al Quran, juga bisa melalui online, cukup dengan telepon saja. Bahkan ada wawancara juga bisa dilakukan dengan telepon. Pokoknya serba online dan gampang.

Biaya Masuk Darul Fikri Sidoarjo

Untuk biaya masuk ponpes Darul Fikri di tahun 2021-2022 berada di kisaran 19 jutaan. Sayangnya kami belum mendapatkan informai SPP bulanan, tapi biasanya kalau pendaftaran di angka belasan, maka di atas satu juta.

Menurut kami biaya ini tergolong lumayan. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Sidoarjo di link ini. Kami sudah sajikan beberapa pesantren terbaik dengan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap Darul Fikri Sidoarjo

Alamat lengkap kampus Darul Fikri terbagi dua. Pertama SMP yang berada di Jalan Baitul Mustaqim Sarirogo Sidoarjo. Sedangkan yang untuk SMA berada di Jalan Putra Bangsa, Anggaswangi, Sukodono, Sidoarjo.

Untuk info lebih lanjut dan update bisa kunjungi website resminya di dafi.sch.id. atau bisa hubungi nomor (031) 9903 7839 untuk pertanyaan lebih lanjut. Semoga ringkasan informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *