pesantren terbaik di Sidoarjo

5 Pesantren Terbaik di Sidoarjo

Posted by

Pesantren Terbaik di Sidoarjo bisa memberikan alternatif bagi yang tinggal di Surabaya dan Sidoarjo. Karena jika Pasuruan dan Malang sudah banyak pesantren, begitu juga di Mojokerto, cukup banyak pesantren di sana.

Sidoarjo adalah salah satu kota di Indonesia yang perkembangannya sangat pesat sekali. Hal ini karena Sidoarjo merupakan kota yang berdekatan dengan Surabaya. Oleh sebab itu pesantrennya pun lebih banyak berada di perkotaan. Namun bukan berarti tidak ada pesantren bagus di Sidoarjo

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami ingin membahas beberapa pesantren terbaik di Sidoarjo.

Pesantren Al Amanah Junwangi

Al Amanah Junwangi merupakan pesantren yang dari awal didisain dengan model Pendidikan modern. Modelnya mirip seperti sekolah Islam terpadu yang berasrama. Karena yang diunggulkan memang Pendidikan formalnya. Akreditasi A dan lain sebagainya.

Namun demikian pesantren ini memiliki program-program khusus. Ada program khusus ngaji kitab kuning, ada program khusus tahfidz Quran. Semua program itu melalui pilihan masing-masing santri.

Secara tempat, pesantren ini memang dekat dengan Surabaya. Perkembangannya pun cukup bagus. Rata-rata gurunya berasal dari pesantren Gontor. Itu artinya sistem asramanya menganut pola di Gontor. Bahkan ada prinsip Panca Jiwa. Hanya saja kalau secara kurikulum berbeda dengan Gontor. Al Amanah memiliki program sendiri.

Pesantren Bagus di Sidoarjo | Bumi Shalawat

Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo merupakan salah satu pesantren istimewa di Indonesia. Yaitu pesantren yang mengelompokkan siswa di kelas berdasarkan minat bakatnya. Bahkan satu Angkatan bisa ada sepuluh kelas dengan karakter berbeda-beda, isi satu kelas hanya 20.

Uniknya pesantren ini tidak mencari santri sebanyak-banyaknya, karena satu Angkatan hanya menerima sekitar 200 siswa. Memang disengaja demikian. Sehingga Pendidikan yang ada di dalamnya tidak terlalu riuh, dan fokus gurunya jadi bagus.

Pesantren di Sidoarjo ini juga ditopang oleh pimpinannya yang memang mashur, yaitu Gus Ali, beliau biasa ceramah di mana-mana. Sehingga pesantren ini mudah dikenal. Beliau ingin menyatukan kualitas akademik dengan kualitas religi. Maka bisa dikatakan model pendidikannya lebih mirip dengan boarding school. Meskipun Gus Ali dikenal sebagai tokoh Nahdatul Ulama, namun pesantrennya tidak seperti pesantren klasik.  

Menurut kami, untuk di Kawasan Sidoarjo dan sekitarnya pondok pesantren yang demikian memang yang banyak disukai masyarakatnya. Kompetensi keilmuan umum lebih disenangi.

Pesantren Terbaik di Sidoarjo | Fadlillah

Pesantren Fadlillah merupakan salah satu pesantren terbaik di Sidoarjo. Pesantren ini secara sejarah unik, karena dipertemukan justru sebagai wali santri pesantren Gontor. Anak-anaknya semua mondok di Gontor, kemudian bertemu dan sepakat untuk membuat pesantren.

Alhasil, pesantren ini diciptakan berusaha sebanyak mungkin menerapkan sistem Gontor namun sudah disesuaikan dengan keadaan sosial masyarakat Sidoarjo. Sehingga banyak juga amalan-amalan yang akrab di masyarakat diajarkan.

Kurikulumnya menggungakan kurikulum sendiri yang sudah dirangkum antara Pendidikan formal dan pesantren dalam satu kesatuan kelas. Bukan pagi sekolah, sore dan malam masuk pesantren. Semua ditempuh satu waktu, dari pukul 07:00 hingga 15:00,dalam waktu enam tahun.

Kini anak-anak dari pendiri sudah mulai berperan aktif di pesantren. Merekalah lulusan pesantren Gontor. Pada akhirnya pesantren ini mencoba mewarnai masyarakat melalui Pendidikan pesantren dengan sistem modern khas Gontor.

Pesantren As Syafi’iyyah

Salah satu pondok pesantren di Sidoarjo yang bagus adalah Pesantren As Syafi’iyyah Tanggulangin. Pesantren ini legendaris. Karena tergolong pesantren tua di daerang Tanggulangin Sidoarjo.

Pesantren ini sudah hadir sejak sebelum kemerdekaan, namun resminya sejak 1987. Pesantren ini memiliki identitas khas pesantren salaf. Jika ingin kuat di Pendidikan keislaman, rekomendasi pesantren bagus di Sidoarjo adalah pesantren ini.

Model pendidikannya, siang Pendidikan formal, Tsanawiyah Aliyah, sedangkan malam Pendidikan pesantren. Sehingga dengan model demikian mirip seperti yang ada di Lirboyo dan lain sebagainya.

Kelebihan pesantren ini memang pada kajian kitab kuning, nahwu Sharaf, kemudian Al Quran, baik dari sisi tahfidz Quran, ataupun tafsir, hadist. Sehingga banyak alumni pesantren ini yang menjadi kyai. Di Sidoarjo, pesantren demikian tidaklah banyak. Ini adalah salah satu pesantren terbaik di Sidoarjo.

pesantren terbaik di Sidoarjo
jawapos.com

Pesantren Al Hamdaniyah Siwalanpanji

Ini adalah pesantren tertua di Sidoarjo, bahkan mungkin salah satu yang tertua di Indonesia. Pesantren ini berusia 228 tahun. Tepatnya di tahun 1787 oleh KH. Hamdani, oleh sebab itu Namanya Hamdaniyah.

Pesantren ini memang punya sejarah yang cukup kuat. Di antaranya tempat KH. Hasyim Asy’ari nyatri, juga Mbah Hamid Abdullah, Kiai As’ad Situbondo, juga ulama-ulama besar di Indonesia, terutama dari para kyai Nahdatul Ulama.

Sayangnya pesantren ini tidak begitu baik secara fisik. Namun secara sejarah pesantren ini memang cukup luar biasa, sehingga harus kami catat sebagai salah satu pesantren terbaik di Sidoarjo. Jika Anda pecinta sejarah, lebih baik berkunjung ke pesantren tersebut.

Inilah lima pesantren terbaik di Sidoarjo, jika ada usulan lain pesantren bagus di Sidoarjo bisa dicantumkan di kolom komentar untuk kami review dan kami tambahkan. Semoga informasi ini menjadi bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *