Pesantren Nurul Islam Sidoarjo | Wirausaha dan Tahfidz 30 Juz

Posted by

Pesantren Nurul Islam Sidoarjo dikenal sebagai pesantren wirausaha. Karena beberapa kurikulumnya difokuskan mendidikan santri plus berwirausaha. Oleh sebab itu kami sangat tertarik mengulasnya.

Kami akan merangkum dari website resmi lembaga pendidikan tersebut. Di antara yang akan kami bahas adalah profil pendidikan Pesantren Nurul Islam Sidoarjo, kelebihan pendidikan di dalamnya, serta biaya Nurul Islam Sidoarjo. 

SMP dan SLTA Wirausaha

Generasi yang shalih, mandiri dan berwawasan global perlu dibentuk sebanyak mungkin. Inilah yang mendasari berdirinya SMPIT dan SLTA Nurul Islam. Berdiri pada tahun 2010, sekolah ini diprakarsai oleh Drs. Toto Sunarsono Athoillah, MPd. 

SMPIT dan SLTA Nurul Islam memiliki induk Pondok Pesantren Wirausaha Nurul Islam dibawah naungan Yayasan Pendidikan Dakwah dan Sosial Nurul Islam Krembug, Sidoarjo. 

pesantren nurul Islam Sidoarjo

Sekolah ini memadukan kekuatan prestasi akademik, karakter kuat, entrepreneurship dan menghafal Al Quran. Singkat cerita, SMPIT dan SLTA Nurul Islam secara sederhana. Mulai dikenal sebagai pesantren Nurul Islam Sidoarjo. 

Fisik bangunannya terlihat sederhana. Namun hingga kini pada tahun kesebelas berdirinya, SMPIT dan SLTA Nurul Islam tetap berfokus pada pengembangan sekolah bisnis dan kepemimpinan berbasis pesantren dalam menghafal Al Quran serta teknologi informasi dalam keseharian. 

Lingkungan di sekolah menjadi laboratorium pertama siswa untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan menyenangkan. Oleh sebab itu pesantren Nurul Islam Sidoarjo menjadi salah satu sekolah pilihan. 

PanduanTerbaik.id

Kurikulum Pesantren Nurul Islam Sidoarjo

Satu hal yang paling menarik dan kurikulum Nurul Islam adalah kurikulum yang dirancang untuk siswa SLTAnya. Ijazah yang diterima memang melalui program kejar paket C, tentu program ini setara dengan pendidikan SMA/SMK/SLTA. 

Namun, hasil pendidikan non formal dapat dihargai setara dengan hasil pendidikan formal setelah melalui proses penilaian oleh lembaga penyetaraan yang ditunjuk pemerintah. 

Program pendidikan kesetaraan berbasis student enterprise lah yang membuat kurikulum Nurul Islam berbeda dari yang lainnya. Pengembangan konsep terapan, tematik dan latihan kecakapan hidup yang berorientasi pada pengembangan usaha mandiri membuat siswa dapat menjadi business owner di usia 18 tahun.

Tentunya, usaha para siswa dibimbing khusus oleh business coach profesional sehingga siswa langsung belajar dan praktik berlatih menjawab tantangan masa depan yang kompetitif secara real. 

Bagaimana dengan SMPIT Nurul Islam? Adapun kurikulum di SMPIT Nurul Islam sama dengan sekolah lainnya yang menggunakan kurikulum 13 sebagai landasannya. 

Tentu kurikulum SMPIT tak hanya terbatas pada kurikulum 13 saja, namun juga berfokus pada pengembangan pendidikan ala pesantren Nurul Islam. Paduan hafalan Al Quran yang diimbangi dengan pendidikan karakter, membuat siswa tampak lebih siap “dibentuk”. 

Identitas Pesantren Wirausaha Sidoarjo

Selain berbagai program unggulan seperti Al Quran Camp, Qiyamul lail, Halaqoh Tarbiyah, Pidato Tiga bahasa dan Rihlah, Pesantren Nurul Islam Sidoarjo juga memiliki kegiatan menarik bernama start up business. 

Siswa sejak duduk di SMPIT sudah diajarkan untuk memiliki pola hidup yang sama dengan Nabi Muhammad SAW. Perjalanan bisnis Nabilah yang menginspirasi pendiri Nurul Islam untuk turut mengaplikasikannya dalam kehidupan para siswa. 

Seluruh siswa di Nurul Islam wajib untuk memiliki ruh ittiba pada Nabi yang dijewantahkan pada tahapan startup business base of student entreprise hingga akhirnya dapat menjadi business owner saat menginjak usia 18 tahun. 

Dalam mengembangkan program ini seluruh siswa dan siswi Nurul Islam juga wajib memiliki paspor, laptop dan hp android sebagai sarana pembelajaran, tentu penggunaan ketiga hal ini dimonitoring oleh seluruh guru Nurul Islam.

Start up business base of student entreprise dimulai dengan mencari informasi kebutuhan masyarakat. Setelah siswa menemukan, masalah apa yang terjadi di masyarakat, hal apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, mereka akan mulai merumuskan solusi berupa bisnis yang bermanfaat. 

Proses selanjutnya adalah rancangan konsep bisnis dengan nilai-nilai tertentu yang sudah dipatenkan oleh Nurul Islam. Strategi pemasaran dan scale up business juga terus dipantau oleh dewan guru, sehingga jika bisnisnya sukses atau gagal (entah kelompok atau individu) siswa dapat belajar dan segera memperbaikinya. 

Biaya SMP dan SMA Nurul Islam Sidoarjo

Bagi anda yang tertarik untuk mendaftarkan putra putri anda di lembaga Nurul Islam, anda hanya perlu menyiapkan berkas standar seperti ijazah, kk, ktp orang tua dan lain sebagainya. 

Hal selanjutnya adalah mengikuti placement test yang ada. Jika sudah dinyatakan untuk diterima, maka biaya pendaftaran dapat dibayarkan. 

Adapun besaran biaya total adalah Rp. 15.200.000,- yang hanya dibayarkan sekali dalam setahun. Biaya ini sudah termasuk uang kegiatan, kalender, sarana dan prasarana asrama serta infaq gedung dan pengembangan. Adapun uang seragam dan buku belum termasuk didalamnya. 

Bagi siswa yang ingin fokus dalam memiliki bisnis, ada biaya tambahan sebesar  Rp 5.000.000,-  dan Rp 2.500.000,- untuk program sukses UNBK. Biaya SPP, makan dan asrama siswa berkisar antara Rp 850.000,- hingga Rp 900.000,- per bulannya. 

Jika ingin pesantren lain di Sidoarjo ada pilihan yang sudah kami review di link berikut ini, 5 Pesantren Terbaik di Sidoarjo.

Alamat Lengkap Pesantren

Adapun alamat lengkap pesantren berada di Krembung Timur, Krembung, Kec. Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Sehingga sering disebut dengan pesantren Krembung.

Untuk info lebih lengkap bisa kunjungi website resmi di https://pesantrenwirausaha.org. Jika ada lembaga pendidikan yang ingin kami review cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *