Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan | Info Pendaftaran dan Biaya

Posted by

Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan merupakan salah satu pesantren legendaris di Magetan yang didirikan oleh Kyai Hasan Ulama pada tahun 1880. Pada awalnya pesantren ini bernama Pesantren Takeran, merujuk pada nama wilayah berlokasinya pesantren.

Kemudian melalui rapat besar (ihtifal) yang dilaksanakan pada 16 September 1943, akhirnya nama pesantren diresmikan menjadi Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran (PSM).

Hingga kini kepimpinan pesantren sudah berganti lima kali. Dirintis oleh KH. Hasan Ulama, diteruskan oleh anaknya yakni KH. Imam Muttaqien, lalu KH. Imam Mursyid Muttaqien, setelahnya adalah KH. Hamim Tafsier, dan saat ini dipimpin oleh KH. Zakaria.

Pesantren Sibilil Muttaqien Magetan

Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan sebagai lembaga pendidikan memiliki target memancarkan pendidikan luas tentang Islam dengan melahirkan sebanyak-banyaknya insan yang cakap, luas, serta tinggi pemahamannya dan berbakti dan beramal kepada masyarakat berdasarkan takwa.

pesantren sabilil muttaqien magetan

Maka dari itu pesantren terdiri dari tiga program pendidikan, tahfidz Qur’an, madrasah formal, dan madrasah diniyah.

Madrasah formal artinya adalah sekolah formal, tersedia jenjang SD, MTs, MA, dan SMK dengan kurikulum depdiknas dan pesantren tentunya. Sedangkan madrasah diniyahnya adalah santri mengaji kitab kuning seperti alala, safinatun naja, hidayatus sibyan, ta’limul muta’allim, dan kitab lainnya seputar akhlak, fiqih, tajwid, dan imla’.

Tahfidz Qur’an di Sabilil Muttaqien Magetan

Yang lebih istimewa dari dua program belajar di atas adalah tahfidz Qur’annya. Di Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan santri diberikan kemudahan dalam menghafal. Mekanisme tahfidz-nya tidak terburu-buru dan ada tingkatannya sehingga santri bisa step-by-step menghafal sesuai kemampuannya.

Tingkatan tahfidz Qur’an ada 5. Pertama marhalah i’dadiyah (persiapan), marhalah wahidah (juz 1-5), marhalah tsaniyah (juz 6-10), marhalah tsalisah (juz 11-15), dan marhalah robi’ah (juz 16-20).

Fasilitas dan Ekstrakulikuler Sabilil Muttaqien Takeran

Beberapa kegiatan ekstrakulikuler pesantren yakni seni tilawatil Qur’an, seni kaligrafi, hadrah dan qasidah, muhadlarah (pidato), kewirausahaan, bela diri, pramuka, keterampilan keputrian, banjari “Kawula Gusti” dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk fasilitasnya termasuk standar, khas pesantren salaf yang modern. Gedung pesantren dan sekolah yang dipisahkan, ruang kelas yang representatif, masjid, aula serbaguna, laboratorium IPA, bahasa dan komputer, perpustakaan, hingga lapangan olahraga.

Prestasi Santri Sabilil Muttaqien Magetan

Soal prestasi, santri Sabilil Muttaqien Magetan tidak kalah dengan pesantren lainnya. Khususnya di bidang tilawah dan tahfidz.

Prestasi terbaru adalah pada musabaqah tahfidz dan syahril Qur’an se-Kabupaten Magetan 2022 lalu. Raihan yang diperoleh yaitu juara 1 MHQ 10 juz, juara 1 dan 2 MHQ 20 juz, juara 1 MSQ, juara 1 tilawah dewasa, juara 1 MHQ dan tilawah, dll.

Pendaftaran dan Seleksi Masuk

Pendaftaran dibuka mulai 02 Januari sampai 25 Februari. Bagi yang tertarik mendaftar bisa datang langsung ke pesantren atau via online melalui link ini dan ini. Biaya administrasi pendaftaran sekitar Rp. 100.000

Setelah mendaftar maka ada ujian seleksi yang wajib diikuti calon santri pada 4-5 Maret dengan materi tes akademik, baca tulis al Qur’an, wawancara calon santri dan orang tua/wali.

Adapun berkas-berkas yang dikumpulkan setelah santri dinyatakan lulus adalah sebagai berikut:

  • FC akta kelahiran dan KK
  • FC KTP orang tua
  • FC NISN
  • FC kartu KIP/PIP/PKH dan sertifikat prestasi (jika ada)
  • Pas foto berwarna 3×4 dengan latar belakang biru (santri putra: baju putih peci hitam, putri: baju putih kerudung putih).
  • Semua berkas dimasukkan ke dalam map kuning (putra) dan map merah (putri).

Biaya Masuk Tahun 2022 – 2023

Jenjang PendidikanDaftar UlangSPP
Mts PutraRp. 4.925.000Rp. 580.000
Mts PutriRp. 5.155.000Rp. 600.000
MA PutraRp. 5.075.000Rp. 580.000
MA PutriRp. 5.295.000Rp. 600.000

Selain SPP, biaya di atas juga sudah meliputi kain dan seragam santri, biaya pengembangan pendidikan, iuran kesehatan juga kegiatan santri, hingga keperluan lain seperti kasur dan almari.

Menurut kami biaya masuk Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan termasuk terjangkau dan sesuai standar pesantren di Jawa Timur. Jika ingin opsi pesantren lain di Magetan bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pesantren berlokasi di Dusun Banaran RT. 17 RW. 03, Desa Kerik, Kec. Takeran, Kab. Magetan, Jawa Timur 63383.

Informasi selengkapnya mengenai Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran hubungi Ust. Terry Prameswari (+62 822 4486 6111) / Ust. Bahrum Hidayat (+62 821 1470 0255) atau kunjungi fanspage resmi pesantren di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *