Pesantren di Jakarta Selatan | Rekomendasi Terbaik Jaksel dan Biaya

Posted by

Pesantren di Jakarta Selatan sangatlah banyak, terutama di wilayah Jagakarsa. Hal ini menguntungkan masyarakat yang ingin memondokkan anaknya di tempat terdekat. Oleh sebab itu kami tertarik untuk memberi rekomendasi terbaik.

Berikut beberapa pondok pesantren rekomendasi terbaik di Jakarta Selatan. Informasi kami himpun dari beragam sumber, termasuk brosur resmi pondok pesantren agar menjadi bahan pertimbangan.

Pesantren Darunnajah  Jakarta Selatan

Yang pertama Pesantren di Jakarta Selatan adalah Darunnajah. Ini termasuk pesantren terbaik di Jakarta. Memiliki nuansa modern dengan alamat lengkap di Jl. Ulujami Raya No.86, RT.1/RW.7, Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan.

Kiblatnya seperti pesantren Gontor Jawa Timur. Adapun untuk pendidikan menggunakan TMI, yaitu kurikulum kombinasi antara pesantren dan formal dengan durasi pendidikan selama enam tahun.

pesantren di jakarta selatan

Bagi pendidikan menengah atas, nantinya ada Madrasah Aliyah dengan Program Studi IPS dan Keagamaan. Juga ada pendidikan SMA untuk program studi IPA. Semua jenjang sudah memiliki nilai akreditasi A. Sedangkan TMI sudah mendapatkan Mu’adalah.

Fasilitasnya sudah sangat mapan, gedung-gedungnya lengkap, lingkungannya juga sangat luas. Santrinya putra dan putri ribuan. Adapun untuk biaya masuk di tahun 2023-2024 mencapai 25.8 juta dengan biaya bulanan mencapai 1.6 juta. Info lengkap di sini.

Pesantren Luhur Al Tsaqofah Cipedak

Pesantren di Jakarta Selatan yang pertama adalah Luhur Al Tsaqofah. Alamat lengkapnya di Jl. Mohammad Kahfi 1 No. 22 15/01 Cipedak Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan.

Ini merupakan Pondok Pesantren yang didirikan oleh KH. Said Aqil Siroj yang pernah menjabat sebagai ketua NU. Berdiri tahun 2013, pondok ini berkembang dengan sangat pesat terutama dengan nilai-nilai NU.

Secara pendidikan memiliki jenjang Tsanawiyah dan Aliyah. Keduanya sudah memiliki nilai akreditasi A. Kemudian dipadukan dengan pendidikan kitab kuning untuk diniyyah. Durasi waktunya dari 17:00 sampai dengan 18:00. Metode sorogan.

Secara fasilitas, menurut kami sudah cukup baik dan lengkap. Bahkan memiliki gedung-gedung yang tergolong artistik. Biaya masuk total di tahun 2023-2024 sebesar 10.6 juta. Adapun detil biaya bulanan dan tahunan bisa dilihat di link ini.

Pesantren Al Musyarrofah Pesanggrahan

Pondok pesantren di Jakarta Selatan berikutnya adalah Al Musyarrofah dengan alamat lengkap di Jl. H. Muchtar Raya No.95, RT.12/RW.11, Petukangan Utara, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan.

Pesantren ini memiliki program enam tahun dengan pendidikan formal menggunakan sistem SMP Islam Terpadu dan SMK Islam Terpadu. Ditambah lagi dengan pengabdian satu tahun setelah lulus pesantren. Oleh sebab itu ijazah setelah lulus ada dua, pesantren dan formal.

Secara model, ini adalah kombinasi antara modern dengan tradisional. Oleh sebab itu kegiatan mingguannya tersedia pengajian, ta’lim, wisata religi, haflah, ada lagi pidato pekanan.

Sayangnya di sini untuk mendaftar kuotanya hanya sedikit sekali, di tahun 2022-2023 hanya tersedia 70 untuk sekali pendaftaran. Tapi biaya bulanan pondok hanya Rp600.000. Adapun biaya bulanan sekolah dan uang masuk pondok bisa didapatkan di link ini.

Pesantren Daarul Rahman Jakarta Selatan

Pesantren rekomendasi terbaik di Jakarta Selatan selanjutnya adalah Daarul Rahman. Alamatnya lengkapnya di Jalan Purwa Raya I, Rt 7 Rw 6, Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Jaksel.

Ini tergolong pondok pesantren legendaris yang berdiri pada tahun 1975, cabangnya banyak, hingga Bogor. Secara kurikulum mengikuti pesantren Gontor namun sudah dikombinasikan dengan aspek salafiyah.

Keunggulannya adalah akreditasi SMP dan SMA sudah A. Untuk jenjang SMA ada pilihan program IPA dan IPS. Oleh sebab itu dari sisi pendidikan sudah oke.

Yang menarik, di sini untuk ngaji kitab dilakukan setelah subuh dan magrib. Ada juga program ekstra bahasa Jepang khusus untuk kelas X dan XI. Ini jarang di pondok-pondok pesantren. Untuk biaya masuk sebesar 7 jutaan. Adapun untuk biaya bulanan dan info pendaftaran bisa kunjungi link ini.

Ponpes Tahfidz Shiddiq Al Murad Jakarta Selatan

Berikutnya rekomendasi pesantren terbaik di Jaksel ada As Shiddiq Al Murad. Alamat lengkapnya di Jalan Maritim No 16, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan. Ini pondok khusus tahfidz Quran.

Yang menarik adalah semuanya full beasiswa dengan syarat umum usia minimal 12 tahun lulus SD atau sederajat. Bersedia membayar uang jaminan. Adapun untuk beasiswa memiliki syarat wajib menyelesaikan target 5 juz tiap semester dan tidak melakukan pelanggaran melebihi batas.

Artinya untuk hafal 30 juz hanya membutuhkan waktu sekitar 3 tahun. Menurut kami ini sudah cepat. Untuk belajar Islam tersedia Fiqh, Hadist, Akhlaq, dan Tauhid.

Nantinya ada tes kemampuan baca dan hafal Al Quran, ada interview calon santri dan ortu. Dan yang diterima dalam jumlah tertentu. Bahkan di gelombang dua tahun 2022-2023 hanya lima belas orang saja. Info lengkap di sini.

Ponpes Nurani Jagakarsa Jaksel

Berikutnya pesantren rekomendasi terbaik di Jakarta Selatan adalah Nurani dengan alamat lengkap di  Jl. Timbul No.71, RT.7/RW.4, Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Pondok ini lebih banyak fokus di aspek Al Quran.

Ada satu identitas penting dari pesantren Nurani Jagakarsa, yaitu proses menuju tahap menghafal. Setiap santri tidak bisa langsung menghafal Al Quran, namun dimulai dari metode sedayu, yaitu metode khas pesantren Nurani.

Metode ini mengantarkan santri mampu membaca, khatam bin nadhar, fasih dengan hokum tajwid. Maksimal proses ini berjalan selama setengah tahun. Selepasnya baru mendapatkan surat izin menghafal Al Quran.

Ketika sudah mendapatkan SIM, maka santri akan dibagi ke dua kelas sesuai dengan kekuatan menghafal dari santri. Jika hafalannya bagu akan masuk kelas A, yaitu dalam satu tahun santri memiliki target lima juz. Dan terus ada tingkatannya.

Biaya masuknya lumayan, di tahun 2021-2022 saja sebesar 13 juta. Nantinya setiap tahun ada biaya kegiatan. Informasi lengkap dengan biaya bulanan di link ini.

Pesantren Gratis Jaksel Darul Islah

Pesantren rekomendasi terbaik berikutnya adalah Salafiyah Darul Islah. Pesantren ini mendidik santri gratis. Syaratnya mau sungguh-sungguh belajar, nantinya biaya belajar, makan, hingga tidur dipikirkan oleh pesantren.

Pola pendidikan di pesantren ini salafiyah, dengan model sorogan dan bandongan, ngaji kitab kuning bersama-sama, juga ada hafalan nadzam. Khas pesantren-pesantren tradisional di wilayah Jawa. Oleh sebab itu pesantren ini mendidik santri untuk menguasai pengetahuan Islam secara mendalam.

Yang istimewa dari pesantren ini adalah aspek kebersihannya. Dari gedung, hingga kamar mandi cukup bersih. Bahkan pakaian santri bersih-bersih. Putih-putih terlihat rapi sekali. Namun pesantren ini khusus putra. Sumber di sini.

Alamat lengkapnya di Jl. Buncit Raya Kalibata Pulo RT.005/05 No.5 Jakarta Selatan. Telp (021) 79182178. Santri di ponpes ini sangat banyak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *