Pesantren Nurani Jagakarsa | Biaya dan Tahfidz Quran TK SD SMP SMA

Posted by

Pesantren Nurani Jagakarsa Jakarta Selatan merupakan salah satu pondok pesantren tahfidz Quran cukup mashur di Jabodetabek. Terutama karena fokusnya dengan hafalan Al Quran untuk anak-anak maupun dewasa.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas lebih jauh bagaimana ponpes Nurani Jagakarsa berdasarkan website resmi, dan sedikit tambahan komentar kami. Di antara yang kami bahas adalah profil Pendidikan, dan biaya masuk pondok pesantren.

Pesantren Nurani Jagakarsa

Pesantren Nurani Jagakarsa merupakan pondok pesantren yang memang fokus dalam aspek Al Quran, baik tahsin dan tahfidz Quran. Pesantren ini tidak hanya mendidik santri lulusan sekolah dasar, tapi juga santri tingkat sekolah dasar.

Tidak sebatas hanya Pendidikan kepesantrenan. Di pondok ini juga tersedia jenjang SD, SMP, dan SMA yang mana mengikuti diknas. Sehingga lebih condong ke pesantren tahfidz diiringi dengan Pendidikan sains. Di sinilah menurut kami salah satu alasan menjadi pesantren favorit.

pesantren nurani jagakarsa

Tahfidz Quran di Pesantren Nurani Jaksel

Ada satu identitas penting dari pesantren Nurani Jagakarsa, yaitu proses menuju tahap menghafal. Setiap santri tidak bisa langsung menghafal Al Quran, namun dimulai dari metode sedayu, yaitu metode khas pesantren Nurani.

Metode ini mengantarkan santri mampu membaca, khatam bin nadhar, fasih dengan hokum tajwid. Maksimal proses ini berjalan selama setengah tahun. Selepasnya baru mendapatkan surat izin menghafal Al Quran.

Ketika sudah mendapatkan SIM, maka santri akan dibagi ke dua kelas sesuai dengan kekuatan menghafal dari santri. Jika hafalannya bagu akan masuk kelas A, yaitu dalam satu tahun santri memiliki target lima juz.

Jika kemampuannya standard, maka akan masuk kelas B, yaitu program menghafal di mana selama satu tahun akan menghafal tiga juz. Sehingga hafalan santri Pesantren Nurani Jagakarsa sudah sesuai dengan kemampuan hafalan santri. Sehingga tidak merasa tertekan.

Pendidikan Diniyyah

Ada beberapa Pendidikan diniyyah selain tahfidz Al Quran, Pendidikan ini difungsikan sebagai peningkatan kemampuan pengetahuan agama Islam. Di antaranya adalah Aqidah Akhlaq, Fiqh, Tajwid, dan lain sebagainya.

Bahasa arab juga menjadi salah satu pembelajaran yang ditekankan. Bentuknya adalah pemberian kosakata setiap sebelum tidur, kemudian ada latihan pidato menggunakan bahasa arab dilengkapi dengan bahasa inggris.

Kegiatan Harian di Ponpes Nurani

Aktivitas santri akan dimulai dari shalat tahajud Bersama. Dilanjutkan dengan doa dan tadarusan. Selepasnya shalat subuh berjama’ah dan kuliah tujuh menit.

Untuk tahfidz Quran dimulai sejak pukul 05:00, Namanya tasmi’. Sampai 06:30, artinya ada waktu 90 menit di waktu pagi untuk menghafal Al Quran. Barulah dilanjutkan dengan masuk kelas. Hingga siang.

Santri ada jatah waktu istirahat siang, atau istilahnya adalah qoilullah. Nantinya selepas ashar atau pukul 15:30-17:00, adalah sesi kedua untuk hafalan Al Quran. Setelahnya ada 30 menit waktu untuk pengembangan minat dan bakat.

Setelah shalat magrib juga ada tadarusan. Yaitu kegiatan membaca Al Quran. Nantinya pukul 20:00 sampai 21:00 santri kembali mendapatkan jatah untuk hafalan Quran lagi. Selepasnya sudah istirahat.

Dengan kata lain, ada tiga sesi dalam sehari menghafal Al Quran di pesantren Nurani Jagakarsa Jakarta Selatan. Total waktu sebanyak empat jam. Menurut kami sangat banyak. Wajar jika banyak yang mampu menghafal 30 juz Al Quran.

Pendaftaran Pondok Pesantren Nurani

Untuk pendaftaran di pesantren Nurani Jagakarsa tidak susah. Tidak ada Batasan waktu pendaftaran, hanya saja kalau kuota penuh, maka pendaftaran akan ditutup.

Setiap calon santri membayar biaya pendaftaran sebesar Rp350.000. Nantinya kalau sudah membayar akan mendapatkan jadwal ujian atau tes seleksi masuk sesuai dengan usianya.

Jika usia TK, maka tes yang dilaksanakan hanya pola komunikasi saja. Kalau SD kelas satu adalah komunikasi dan pengenalan baca tulis arab dan latin. Sedangkan kelas dua SD atau selebihnya dilakukan tes baca tulis arab dan latin plus tes kekuatan hafalan.

Sedangkan untuk lulusan SD atau tingkat SMP dan SMA dilakukan tes baca tulis Al Quran dan tes kekuatan hafalan. Namun jika belum lancar membaca Al Quran akan masuk program persiapan selama enam bulan.

Jika sudah bisa membaca Al Quran, ada program membaca bin nadhor, belum hafalan, kalau bacaannya bagus, barulah kemudian masuk tahapan menghafal. Cukup ketat. Menurut kami cukup bagus tahfidz Quran di Pesantren Nurani Jagakarsa.

Biaya Masuk Nurani Jagakarsa

Untuk biaya masuk pesantren Nurani Jagakarsa sebesar Rp13.300.000. Biaya ini sudah termasuk uang Gedung sebesar Rp10.000.000, dan uang kegiatan selama satu tahun yaitu Rp3.300.000.

Sedangkan untuk biaya bulanan sebesar Rp1.500.000 untuk tingkat TK dan SD, sudah termasuk makan tiga kali dan laundry. Sedangkan tingkat SMP dan SMA sebesar Rp1.300.000 sudah termasuk makan tiga kali.

Menurut kami biaya ini tergolong standard untuk wilayah Jakarta. Bisa dibandingkan dengan pesantren lainnya di Jakarta di link ini. Kami sudah sajikan biaya masuk dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap Pondok Nurani Ciganjur

Alamat lengkap pondok pesantren berada di  Jl. Timbul No.71, RT.7/RW.4, Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bawah ini.

Untuk melihat lebih rinci informasi pendaftaran dan Pendidikan, bisa kunjungi website resminya di http://www.nuranitahfidh.com/. Juga bisa tanyakan informasi ke 021 787 4380. Semoga informasi ringkas ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *