Hamalatul Quran Jombang | Tahfidz Quran Gratis untuk Dhuafa

Posted by

Hamalatul Quran Jombang atau yang disingkat Pondok HQ, merupakan salah satu pesantren tahfidz qur’an untuk santri dhuafa yang terkenal karena program tahfidz kilatnya. Sehingga banyak yang penasaran.

Oleh sebab itu kami akan mengulas sedikit seperti apa model pendidikan di sana, berikut dengan program unggulan yang dimiliki juga informasi lainnya. Semua kami rangkum berdasarkan brosur resmi pondok. Semoga bermanfaat.

Pondok Pesantren Hamalatul Quran Jombang

Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jombang bisa dibilang sudah cukup umur dalam menciptakan generasi qur’ani yang lafzdan, ma’nan, wa amalan. Di bawah lindungan YPA Ulul Albab Surabaya, hamalatul qur’an ini berkonsep pondok tahfidz dan sudah berdiri sejak 2 Juni 2011.

Berlokasi di kotanya para santri alias kota Jombang, menjadikan suasana di pondok kondusif dan nyaman untuk para santri. Jombang memang dikenal sebagai kota pesantren di Indonesia. Pesantrennya ratusan.

pesantren Hamalatul quran Jombang

Metode Habituasi di Hamalatul Quran Jombang

Metode habituasi ini merupakan sebuah metode yang memungkinkan santri mampu hafal 30 juz Al Qur’an bil ghoib dalam kurun waktu 6 bulan saja. Oleh karena itu dalam pelaksanaannya, ada 4 tahap yang harus dilalui oleh santri.

Yang pertama adalah fashohah. Suatu kegiatan yang bertujuan memperbaiki bacaan santri sesuai dengan kaidah tajwid. Yang kedua adalah muroqqobah 5 juz. Di mana santri dibiasakan membaca Al Qur’an secara rutin setiap hari di Ponpes Hamalatul Quran Jombang.

Selanjutnya yang ketiga ialah dzikrul qur’an. Sebuah kegiatan mengaji bersama – sama. Dan yang terakhir adalah taqoddum. Taqoddum artinya setoran, jadi santri menyetorkan hafalan Qur’an yang dimilikinya kepada murabbi / pembimbing tahfidz qur’an.

Keunggulan Ponpes Hamalatul Quran Jombang

Selain program tahfidz kilat, Ponpes Hamalatul Quran Jombang juga memiliki beberapa keunggulan lain yang bisa dipertimbangkan Bapak / Ibu calon santri. Di antaranya dalam kesehariannya, santri dididik untuk selalu mendirikan sholat wajib berjamaah.

Bahkan setiap ibadah sunnah harian seperti sholat tahajjud dan dhuha dikerjakan secara jamaah dengan bacaan maqro’ 1/2 per-sholat. Masya Allah. Hal ini memiliki tujuan agar hafalan Al Quran lebih melekat.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Ternyata Ponpes Hamalatul Quran Jombang memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang berbeda dengan pondok pesantren lainnya. Kegiatan ekstrakurikulernya tetap bernuansa islami.

Seperti pengajian kitab, yasin dan tahlil, pembacaan maulid diba’, muhadhoroh, gladi khutbah jum’at, idul fitri dan adha, fashohah khusus pasca tahfidz, gladi imam tarawih 30 juz, dan yang paling keren adalah pelatihan mudarosah rutinan hufadzh di pelosok – pelosok desa. Wiiih

Kegiatan Santri Pondok Hamalatul Quran

Ponpes Hamalatul Quran Jombang sudah mulai aktivitas dari setengah tiga untuk sholat tahajud berjamaah dan membaca qur’an setengah juz kemudian lanjut sholat subuh lalu muroqqobah 1/4 juz. Kemudian maqro’ lagi 1/2 juz setelah sholat dhuha dan makan pagi.

Nah untuk kegiatan paginya, dari pukul 7 sampai setengah 10 kegiatan santri diisi dengan muroqobbah bin nadzhor (membaca Al Qur’an) sebanyak 5 juz dan taqoddum bil ghaib sesi 1.

Bagaimana dengan santri yang sekolah? Bagi santri yang sekolah, maka tidak mengikuti kegiatan ini. Sebelum melanjutkan kegiatan pada siang hari, ada waktu luang yang bisa digunakan santri untuk qailullah (istirahat siang).

Selanjutnya sholat dzuhur, dzikrul qur’an 1 juz (membaca al qur’an bersama – sama), lanjut taqoddum bin nadzhor dan makan siang.

Sedangkan untuk sore harinya setelah sholat ashar, santri kembali dzikrul qur’an dan taqoddum bil ghaib sesi 2. Dan di malam hari, lanjut fasohah, sholat magrib – isya, dan ditutup dengan kegiatan taqoddum bil ghaib sesi 3.

Dihitung – hitung dalam sehari santri bisa 3 kali setoran bil ghaib, dzikrul qur’an dan maqro’ 2 kali, dan fasohah sekali. Wah, wajar saja santri cepat hafal di Pesantren Hamalatul Quran Jombang ini.

PanduanTerbaik.id

Pesantren Gratis Biaya Pendidikan

Nah, ada satu lagi keistimewaan yang dimiliki Ponpes Hamalatul Quran Jombang. Yakni para santri – santrinya bebas biaya pendidikan. Maksudnya santri gratis biaya gedung, uang makan, dan lain sebagainya.

Santri hanya perlu membeli beberapa kitab dan untuk biaya lain santri cukup membayarnya dengan kesungguhan belajar, kepatuhan, dan mampu mengikuti program- program yang ada di pondok.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi calon santri adalah sebagai berikut :

  • – mengisi formulir pendaftaran
  • – sowan ke pengasuh
  • – menyerahkan pas foto ukuran 3 x 4 berwarna sebanyak 2 lembar
  • – mengikuti tes
  • – memiliki Al Qur’an Kudus
  • – memiliki baju taqwa berwarna putih

Informasi lebih detil dan validnya bisa ditanyakan nanti ke sekretariat pondok. Kami bantu dengan memberikan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Jika ingin melihat pesantren lain di Jombang, bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan beberapa pesantren rekomendasi dengan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an

Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an beralamat lengkap di Jl. Raya Jogoroto No. 11 RT 01 RW 05, Dusun Sumberbendo Desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Subang – Jawa Barat.

Sekretariat pondok bisa dihubungi di nomor telepon +62 8123 14 8891 atau email ke hamalatulq@yahoo.com. Website resmi klik link di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *