Pesantren Ibnu Syam Cilegon | Tahfidz Quran dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Ibnu Syam Cilegon dikenal sebagai pesantren yang baru berdiri, tapi namanya langsung dikenal karena memiliki banyak kelebihan. Oleh sebab itu banyak yang ingin mondok di pesantren modern ini.

Kami akan merangkum informasi penting berdasarkan website resmi pondok pesantren Ibnu Syam Cilegon. Di antara yang akan kami bahas adalah profil, pendidikan di dalamnya, serta biaya masuk dan SPP bulanan.

Profil Pesantren Ibnu Syam Cilegon

Pesantren Ibnu Syam Cilegon dikenal juga dengan Syu’bah Tahfidz Al Quran. Berdiri sejak 05 Agustus 2018 di bawah naungan Yayasan Ibnu Syam Center. Pendirinya adalah KH. Ahmad Slamet Ibnu Syam, Lc, MA bersama istrinya HJ. Nabilah Abdul Rahim, Lc, M. Ag.

Ponpes Ibnu Syam memiliki fokus utama pada pesantren tahfidz Quran. Jadi mayoritas kegiatannya tentang tahfidz Quran. Karena pendiri dan istrinya memang sudah lama berkecimpung di dunia tahfidz Quran. Bahkan sang istri adalah juri hafidz Indonesia di RCTI.

Pesantren Ibnu Syam Cilegon

Pendidikan di Pesantren Ibnu Syam Cilegon

Program pendidikan di pesantren Ibnu Syam Cilegon bermacam-macam. Untuk yang formal tersedia program hafalan Al Quran plus sekolah formal SMP. Jumlah hafalan yang akan dicapai sebanyak 15 juz selama 3 tahun.

Ada juga program non formal. Yaitu program hafalan Al Quran dengan target maksimal 30 juz selama 3 tahun. Nantinya untuk ijazah akan mendapatkan kesetaraan SMP dan SMA. Jadi tidak perlu khawatir.

Ada lagi program Tamhidi. Yaitu program hafalan Quran selama satu tahun tapi persiapan untuk SMA formal. Targetnya tidak main-main, 15 juz. Cukup banyak sekali.

Terakhir adalah program takhassus dengan durasi selama satu tahun. Ada beberapa pilihan, pertama beasiswa sanad yaitu khusus bagi yang sudah hafal 30 juz. Kemudian Shorhul Qurro dengan target 30 juz, ada lagi Taajul Qurro dengan target minimal 5 juz.

Jadi cukup banyak macamnya pendidikan di Pesantren Ibnu Syam Cilegon. Jadi tinggal dipilih dan disesuaikan dengan keingin calon santri.

Prestasi Santri Ibnu Syam

  • Juara pertama putra MHQ 30 Juz tingkat Cilegon 2021
  • Juara pertama putri MHQ 30 Juz tingkat kota Cilegon 2021
  • Juara pertama putra MHQ 30 Juz tingkat Banten 2021
  • Juara pertama hafalan 100 hadits tingkat Banten 2021

Jika dilihat dari semua prestasi, rata-rata adalah juara dalam aspek Al Quran. Artinya pendidikan di pesantren Ibnu Syam memang melahirkan penghafal yang berprestasi.

Fasilitas dan Sarana

Sedangkan untuk fasilitas pendidikan di antaranya adalah ada sport area, UKS, kantin. Ada juga untuk voli, futsal. Lebih lengkap bisa melihat video yang kami sertakan di bagian bawah.

Ekstrakurikuler

Untuk putra tersedia ekstra voli, pramuka, futsal, kaligrafi, hadroh dan pidato. Sedangkan untuk putri tersedia Bahasa Inggris, Hadroh, Pramuka, Coocking Class, Qiroat, Kaligrafi dan pidato. Ragam ekstra ini membuat santri senang tinggal di pesantren Ibnu Syam Cilegon.

Rating Google

Adapun rating Google untuk pesantren tahfidz Quran di Cilegon ini adalah 4.6 dari angka maksimal lima. Cukup bagus. Adapun salah satu komentarnya adalah “Cocok buat yang punya cita-cita hafidz Al Quran”.

Pendaftaran dan PPDB

Bagi yang ingin mendaftar bisa melalui online di website resminya. Waktu pendaftaran biasanya dibuka sejak 03 Januari hingga akhir Aplir. Atau bisa datang langsung ke lokasi, pesantren tahfiz Quran Ibnu Syam.

Untuk biaya pendaftarannya sebesar Rp300.000. Yang perlu disiapkan adalah tes masuk, melalui online, yaitu bacaan Al Quran, kemampuan menghafal dan wawancara. Hasil tes langsung keluar satu minggu setelah tes dilaksanakan.

Biaya Masuk Ibnu Syam 2022

SPP BulananRp1.000.000
Biaya masuk totalRp10.800.000

Biaya masuk total sudah termasuk dengan biaya SPP bulanan. Biaya tersebut sudah termasuk sewa perlengkapan seperti kasur, lemari, dan ranjang. Bahkan sudah termasuk buku dan kitab. Jadi cukup lengkap.

Menurut kami biaya ini tergolong standard untuk wilayah Cilegon dan Banten. Bisa disurvey pesantren lain di Banten di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pesantren berada di jalan Tegal Padang No. 97, kotabumi Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon Banten. Atau bisa ikuti link Google Maps yang kami sajikan di bagian bawah.

Jika ingin informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di ibnusyam.com, atau komunikasi ke nomor 0813 1498 5354. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda pencari pesantren tahfidz Quran di Cilegon Banten.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *