7 Pesantren Terbaik di Banten

Posted by

Banten adalah provinsi baru yang lahir pada tahun 2000 setelah ada kebijakan pamekaran. Provinsi ini dulunya satu naungan dengan Jawa Barat. Kini sudah berdiri sendiri dengan pusat administrasi di kota Serang.

Yang unik dari Banten adalah identitas kota religius yang cukup kental. Di samping juga identitas sebagai kota penuh kanuragan, karena dikenal memiliki banyak pendekar dan jawara-jawara yang istimewa. Oleh sebab itu Banten memiliki banyak pesantren terbaik yang layak dijadikan destinasi pendidikan santri.

Tim panduanterbaik.id berhasil menghimpun beragam informasi tentang pondok pesantren terbaik di Banten. Berikut kami hadirkan 7 Pesantren terbaik di Banten.

Nur El Falah, Kubang

Pesantren ini konon paling tua di kota Serang. Didirikan oleh KH. Abdul Khabier pada tahun 1943, pesantren ini pernah dibakar habis oleh Belanda pada agrasi militer yang kedua, 1948. Namun demikian, selepas sembilan tahun pesantren ini kembali tumbuh dan berkembang dengan identitas warna Nahdhatul Ulama karena pendiri juga sebagai aktivis ormas berwarna hijau tersebut.

Pendidikan yang ada di Pesantren yang dikenal dengan nama Kubang ini tergolong lengkap, dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Namun demikian kami melihat salah satu fokusnya adalah pendidikan SMP-SMA seperti layaknya pondok pesantren lainnya.

Kurikulum yang disodorkan adalah perpaduan depag dan diknas. Adapun pembelajaran agama pesantren berlangsung selepas berjalannya pendidikan formal. Ini sangat mirip dengan pola pendidikan salaf di pesantren-pesantren Jawa Timur. Bahkan di pesantren ini pun berlangsung kegiatan Istighasah. Maka yang ingin pendidikan bergaya salaf dan Nu, pondok ini cocok.

Pendidikan agama yang didapatkan di luar kelas adalah Tauhid, akhlaq, tafsir hadits, fiqh, nahwu, sorof dan lain sebagainya.

Namun demikian di pesantren ini rata-rata santrinya dari penduduk sekitar, atau lebih dikenal dengan istilah santri kalong yang malamnya pulang ke rumah. Dari total 2000-an santri, 80 persennya adalah kalong, sedangkan 20%-nya mukim. Faktor asrama yang belum cukup menampung semua santri juga menjadi salah satu faktor alasan. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Banten.

Untuk pendaftaran cukup murah, hanya sekitar Rp. 2.000.000-an, adapun biaya bulanan sekitar Rp. 500.000-an.

Assa’adah,Petir

Pesantren ini berdiri pada tahun 1960-an. Yang mendirikan adalah ulama kharismatik, KH. Asraf bin H. Aspi. Bernuansa pembelajaran klasik pondok pesantren ini dikenal hingga luar pulau Jawa. Namun demikian, di periode selanjutnya hingga sekarang pembelajaran dikombinasikan antara klasik dan modern.

Klasik, artinya masih ada pola sorogan-sorogan mengkaji kitab kuning. Modern, artinya sudah mulai ada pembelajaran melalui kelas dengan metode pengajaran yang interaktif. Bahkan tidak hanya Tsanawiyah dan Aliyah, namun di pesantren ini juga ada pendidikan untuk SMA.

Di pesantren ini ada yang unik, nuansa internetnya cukup kental, bahkan menurut tulisan Akbar Zaenuddin, 30% yang masuk di pesantren ini sudah akrab dengan dunia internet. Keunikan kedua adalah adanya pembelajaran robotic. Untuk pondok pesantren, pendidikan robotic tidak banyak yang melakukan. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Banten.

Untuk pendaftaran, pesantren ini menetapkan biaya sebesar Rp. 8.600.000,-

Daarul Qalam, Gintung

Pesantren ini adalah pesantren alumni Gontor, oleh sebab itu secara warna pun banyak yang mirip dengan pondok modern Darussalam Gontor Ponorogo. Berdiri pada tahun 1967, pesantren ini memang sudah dicetuskan oleh ayah sang pendiri, H. Qasad Mansur, agar mendirikan pesantren seperti layaknya Gontor yang menjadi tempat menimba ilmu sang anak, KH. Ahmad Rifa’I Arief.

Sehingga segala sesuatunya hampir mirip. Kurikulum juga seperti di Gontor yang menggunakan kurikulum sendiri dengan lama pendidikan 6 tahun. Hanya saja dikombinasikan sehingga ada kelas excellent percepatan dan lain sebagainya. Apalagi terletak di Banten, maka ada unsur lokal seperti kajian kitab kuning dan lain sebagainya. Namun demikian tentu masih banyak perbedaan dengan pesantren Gontor yang ada di Ponorogo.

Nama pesantren ini melambung ketika grup Band Wali naik daun, personilnya berasal dari pesantren ini. Oleh sebab itu bisa dikatakan pondok ini termasuk modern, bisa bermain musik di dalamnya. Ada grup band dan lain sebagainya. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Banten.

Saat ini jumlah santrinya sekitar 5000-an. Namun demikian bagi yang ingin mendaftar harus siap-siap merogoh kocek sebesar 16.000.000-an. Termasuk tinggi di antara pesantren yang lainnya.

La Tansa, Lebak

Pondok pesantren La Tansa adalah saudara kandung pesantreng Darul Qalam Gintung. Alasannya, yang mendirikan sama, KH. Ahmad Rifa’I Arief. Dalam sudut pandang kami pondok pesantren ini didirikan mirip dengan Darul Qalam secara kejiwaan, warna, namun berbeda dari unsur kurikulum pendidikan.

La Tansa memiliki kurikulum pendidikan yang lebih dinamis, mengikuti kurikulum nasional berbasis diknas dengan jenjang SMP, SMA, dan SMK. Bahkan jurusannya pun seperti layaknya sekolah formal lainnya, yaitu IPS dan IPA.

Salah satu keistimewaan pesantren seluas sekitar 13 hektar ini adalah unsur geografis. Letaknya di tengah perbukitan, sehingga terlihat sangat indah dikelilingi bukit tinggi yang hijau. Sehingga kenyamanan akan terasa bagi setiap santri yang hadir di dalamnya.

Untuk biaya pendaftaran tergolong standard. Sekitar 8.5 juta-an untuk pendaftaran. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Banten.

Ibn Abbas, Tahfidz Quran

Pondok pesantren di wilayah Banten rata-rata memiliki dua kiblat, pertama adalah pesantren modern, yang kedua adalah pondok pesantren klasik dengan rujukan ke Nahdhatul Ulama. Ibn Abbas adalah pondok pesantren tahfidz Quran.

Di Indonesia, nama pesantren Ibn Abbas sesungguhnya cukup banyak, seperti di Sragen, Klaten, Pekalongan, juga di beberapa tempat yang lain. Identitas pesantren ini memiliki warna pesantren salafi yang berusaha memurnikan ajaran Islam dengan Quran dan hadist.

Ibn Abbas terletak di Taktakan, Serang. Pesantren ini diperuntukkan bagi anak-anak SD yang ingin fokus dalam menghafal Quran. Sayangnya kami belum mendapatkan informasi lengkap tentang pesantren ini, bahkan untuk uang pendaftarannya pun kami belum mendapatkan informasi.

Jika Anda punya pengalaman, atau ada tambahan informasi, bisa ditambahkan di kolom komentar.

pesantren terbaik di banten
sumber: cnn

Pesantren Darut Tasbih, Pasar Kemis

Pesantren ini terletak di Pasar Kemis Tangerang Banten. Didirikan oleh KH. Rafiudin pada 1986, pesantren ini menyedot perhatian nurani kita. Ini adalah pesantren rehabilitasi mental, moral, dan spiritual di atas lahan seluas satu hektar.

Awalnya pimpinan pesantren membawa orang-orang terlantar yang ada di pinggiran jalan dengan dasar panggilan hati. Baginya mereka layak mendapatkan apresiasi hidup seperti layaknya kita, bukan dihina atau dipinggirkan.

Hebatnya, pesantren ini justru berhasil menyembuhkan beberapa yang gangguan mental melalui terapi ibadah dan dzikir. Sehingga pimpinan pondok membuat majelis khusus bagi siapa saja yang memiliki gangguan mental. Nama Darut Tasbih pun sesuai dengan terapi yang menggunakan dzikir, seperti tasbih.

Tapi jangan berharap Anda bisa memasukkan semua orang yang memiliki gangguan jiwa. Hanya 50 saja yang diperkenankan untuk bisa mendapatkan sentuhan sang kyai. Kapasitasnya memang hanya sebanyak itu.

Dari laman kompas, kebanyakan yang gangguan jiwa disebabkan stress, narkoba, dan gangguan makhluk halus. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Banten.

Cantumkan Usulan Anda di Komentar.

Bagi Anda yang memiliki usulan salah satu pondok pesantren terbaik di Banten bisa cantumkan di kolom komentar.  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *