Pesantren Hamalatul Quran Tasikmalaya | MTs Tahfidz 15 Juz

Posted by

Pesantren Hamalatul Quran Tasikmalaya merupakan sebuah ponpes tahfidz Quran yang mulai dikenal dengan beragam kelebihan yang dimilikinya. Oleh sebab itu kami tertarik untuk mengulasnya agar menjadi informasi yang bermanfaat.

Sumber kami adalah website resmi pesantren dan brosur, kami rangkum agar lebih mudah dipahami serta ditambahkan sedikit review dan komentar. Kami sajikan dari profil pesantren, kelebihan, aspek Pendidikan, serta aspek istimewa dari pesantren tersebut.

Profil Halamatul Quran Tasikmalaya

Pesantren ini dipimpin oleh Ust. Cecep Iwan Ridwan S. Th. I, M.Pd. Usianya masih sangat muda, lahir pada 1976, kemudian memiliki niat untuk mendirikan pesantren pada tahun 2013 dengan konsep Islamic Boarding School di Tasikmalaya.

Pendiri pesantren yang juga wakil ketua PD Muhammadiyah Tasikmalaya, secara tidak langsung terinspirasi Pendidikan bermodel Muhammadiyah yang memang sudah terbukti sukses di beberapa daerah.

pesantren hamalatul Quran Tasikmalaya

Identitasnya adalah kombinasi antara Pendidikan formal, ditambah dengan tahfidz Quran, sekaligus konsep pesantren dengan sistem boarding school. Ini yang akan kami jelaskan lebih detil.

Kelebihan Pesantren Hamalatul Quran Tasikmalaya

Ada beberapa aspek penting terkait Pendidikan di pesantren Hamalatul Quran Tasikmalaya. Yang pertama adalah pendidikannya hanya jenjang Madrasah Tsanawiyah, atau setara jenjang SMP. Peruntukannya bagi putra dan putri. 

Kemudian fokus pada aspek pemahaman dasar-dasar dari Bahasa Arab. Dalam artian tidak sedalam pesantren kitab kuning. Namun sudah cukup sebagai bekal untuk dakwah.

Tentu ada juga Pendidikan dasar-dasar ilmu syar’I, mulai dari tauhid, sejarah Islam, hingga hadist. Sehingga cukup baik dalam pemahaman Agama Islam.

Yang paling istimewa menurut kami adalah unsur tahfidz Quran di Pesantren Hamalatul Quran Tasikmalaya. Minimal dalam satu tahun mampu menghafal 3 juz. Ini jumlah yang cukup.

Artinya dalam tiga tahun santri akan bisa menghafalkan sebanyak 15 juz. Menurut kami hal ini, aspek tahfidz Quran, ideal. Apalagi jika melihat pesantren-pesantren terbaik di Tasikmalaya lainnya yang pernah kami ulas di sini, Hamalatul Quran tetap memiliki tempat istimewa.

Terakhir adalah lulus ujian nasional. Ini menjadi salah satu aspek paling penting yang menjadi kewajiban bagi setiap santri. Sehingga untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya tidak banyak kendala.

Pesona Ponpes Hamalatul Quran

Sisi yang paling istimewa menurut kami adalah pesona tempatnya yang dekat dengan alam. Oleh sebab itu di brosur disebutkan dengan Pondok Pesantren Alam Tahfidz Quran Hamalatul Quran.

Dikelilingi hijaunya pepohonan, plus juga ada semacam kolam dan pesawahan, pesantren tahfidz Quran ini cukup teduh. Kalau di Jawa Barat ada Asy Syifa Subang, juga beberapa Boarding School di Bogor.

Sedangkan untuk kamarnya menggunakan ranjang bertingkat. Kasurnya juga tebal. Sehingga santri akan nyaman tinggal di pesantren ini. Kelasnya juga modern, kursinya sudah satuan. 

Cuaca rata-rata di Kecamatan Manonjaya Tasikmalaya sekitar 29 derajat, bahkan terkadang di angka 26 derajat. Cocok untuk menghafal Quran. Adem, tenang, santri merasa betah dekat dengan alam.

Untuk pakaian rata-rata kalau yang putra ketika ke masjid menggunakan jubah. Khas pesantren tahfidz Quran. Disertai peci. Kemudian ada ekstra seperti tapak suci dan lain sebagainya yang bisa meningkatkan kreativitas santri.  

PSB Hamalatul Quran 2021

Adapun untuk biaya pendaftaran pesantren tahfidz Quran ini sebesar Rp250.000. Nantinya ada tes akademik, kemampuan menghafal, dan wawancara dengan orang tua. Tidak lupa tes baca Al Quran. 

Biaya masuknya sebesar 7.650.000. Angka demikian menurut kami cukup standard untuk pesantren. Bisa dibandingkan dengan biaya masuk Gontor, atau pesantren terbaik di Garut, atau pesantren terbaik di Ciamis. 

Biaya Masuk Pendaftaran

SPP dan laundry sebesar 850.000. Sehingga kalau ditotal biaya PSB Hamalatul Quran 2021 sekitar 8.5 juta. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, atau bisa hubungi nomor 0852-2448-4994.

Yang patut disayangkan adalah pendaftaran santrinya terbatas. Untuk santri putra hanya bisa menerima 40 santri, sedangkan yang putri hanya menerima sebanyak 20 santri. Semoga ke depan lebih banyak lagi. 

Ada syarat scan raport ketika kelas lima SD untuk pendaftaran. Jadi jangan lupa. Apalagi pendaftarannya dimulai pada 1 Oktober hingga 28 Februari. Selebihnya tidak ada keterangan. Mirip dengan model pendaftaran pesantren tahfidz Quran Muqaddasah Ponorogo. 

Alamat Pesantren Hamalatul Quran Tasikmalaya

Untuk alamat lengkapnya di sini, Kp. Cikadu RT/RW 07/02 Ds. Cilangkap Kec. Manonjaya Kab. Tasikmalaya. Tidak terlalu susah untuk menjangkaunya. Bisa mengikuti maps yang kami berikan di bawah ini. 

Jika ada pesantren lain yang ingin diulas, cukup kirimkan brosur pendidikan dan biaya ke affany1986@gmail.com. Kami akan membantu agar pesantren Anda mudah ditemukan informasinya. 

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *