Pesantren Al I’tishom Karawang | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Al I’tishom Karawang merupakan pondok pesantren yang cukup terkenal di wilayah Bekasi, Karawang, dan sekitarnya. Santrinya cukup banyak serta berasal dari beragam daerah. Memang pendidikannya unggul.

Oleh sebab itu kami akan mengulas Pesantren Al I’tishom Karawang berdasarkan website resmi, serta brosur yang berhasil kami dapatkan. Di antara yang kami bahas adalah profil pendidikan, dan biaya masuk pondok pesantren.

Pesantren Al I’tishom Karawang

Pesantren Al I’tishom Karawang berdiri pada tahun 1998, jauh sebelum banyak pondok pesantren berdiri seperti sekarang, atau boarding school yang menjamur. Pesantren ini memiliki identitas berkomitmen terhadap kemaslahatan ummat dengan landasan Quran dan Sunnah.

Bisa dikatakan kalau di website kami masuk dalam kategori pesantren sunnah, yaitu mengedepankan dalam setiap kegiatannya berlandaskan sunnah. Pendidikan yang tersedia kombinasi antara pendidikan formal dengan banyak jenjang, dan pendidikan pesantren yang berasrama selama dua puluh empat jam.

Pesantren Al I’tishom Karawang

Pendidikan di Pesantren Al I’tishom Karawang

Untuk pendidikan formal tersedia mulai dari TK, SD, SMP, SMK, dan Ma’had Aly namun yang menggunakan sistem asrama atau pesantren adalah lembaga jenjang menengah selepas SD, utamanya yang SMP dan SMK.

Untuk jenjang SMP sudah mendapatkan nilai akreditasi A, yang artinya pendidikan yang dimiliki sesuai dengan standard nasional yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Adapun untuk SMK memiliki jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), satu lagi adalah Multimedia. Ini dua jurusan yang dibutuhkan di era digital seperti sekarang.

Sistem pendidikan formal mengikuti diknas, sesuai dengan kurikulum nasional. Namun ada juga muatan lokal atau kurikulum internal yang dimasukkan, terutama dalam aspek keislaman.

Pendidikan Pondok Pesantren

Sedangkan pendidikan di pondok pesantren Al I’tishom Karawang mayoritas berunsur hafalan. Yang pertama adalah tahfidz Quran. Dengan target untuk SMP 9 juz, dan SMK 9 juz. Jadi kalau enam tahun di pesantren akan menghafal total 18 Juz.

Adapun untuk pesantren program khusus tahfidz Quran ditargetkan 30 juz, minimal 18 juz. Cukup banyak, sehingga banyak yang menyebut sebagai pesantren tahfidz Quran di Karawang.

Hafalan lainnya adalah 500 hadist dengan sanadnya dan hafalan matan jurumiyah, tuhfatul athfal, al jazariyah, hadist arba’in An Nawawi. Satu lagi hafalan mahfudzot, ini kata mutiara bahasa arab yang sering diajarkan di pesantren modern.

Yang terakhir di pesantren Al I’tishom Karawang adalah penguasaan dalam membaca kitab kuning. Hal ini penting bagi santri pondok pesantren, karena seringkali sudah mulai ditinggalkan.

PanduanTerbaik.id

Fasilitas dan Ekstrakurikuler

Salah satu keunggulan pesantren adalah fasilitas yang dimilikinya cukup menarik. Untuk akademik ada laboratorium komputer, bahasa, IPA, bahkan ada laboratorium Hidroponik sebagai sarana praktek santri.

Lapangan olah raga juga tersedia, wahana camping mandiri, plus kamar santri atau asrama menggunakan pendingin ruangan. Tidurnya nyenyak. Sehingga santri betah hidup di pesantren.

Apalagi ditambah dengan ekstrakurikuler yang lengkap, seperti beladiri, kaligrafi, pecinta alam, tata busana, tata boga, berenang, perkebunan dan peternakan. Bisa dikatakan pesantren ini mengembangkan jiwa entrepreneurship.

Memang lahan pesantren tergolong sangat luas, 5 hektar. Sehingga ruang gerak santri menjadi leluasa, dan juga merasa hidup dalam satu komunitas yang besar dan nyaman di Ponpes Al I’tishom Karawang.

Keunggulan Pesantren Tahfidz Quran Al Itishom

Menurut kami keunggulan pesantren lebih kepada aspek filosofi dasar berbasis sunnah. Di sini ditanamkan bagaimana mencintai Al Quran dan hadist. Kemudian dituntun untuk beribadah secara benar dan istiqomah.

Pendaftaran Pesantren

Bagi Anda yang ingin mendaftar, pesantren Al Itishom Karawang membuka sejak Oktober, jadi bisa daftar dari sekarang. Tapi jika kuota terpenuhi, maka akan ditutup. Pendaftaran bisa melalui online di website resmi, jadi tidak khawatir repot.

Biaya pendaftarannya Rp400.000 dengan beberapa syarat penting, seperti akte kelahiran, kartu keluarga, foto 3×4 dua lembar, surat keterangan sehat, surat kelakuan baik, raport kelas 4, 5, dan 6. Ada lagi NISN dan materai 10.000 dua lembar.

Biaya Masuk Pesantren Al Itishom

Untuk biaya masuk pesantren Al Itishom Karawang jenjang SMP sebesar Rp13.500.000 dengan biaya bulanan sebesar Rp1.300.000, sedangkan untuk SMK Rp13.075.000 dengan SPP bulanan Rp1.350.000. Biaya ini untuk tahun ajaran 2022-2023.

SPP bulanan sudah termasuk catering, asrama, laundry, dan kesehatan. Menurut kami biaya ini tergolong menengah, tapi standar sesuai fasilitas yang diberikan pesantren. Jika ingin melihat pesantren lain di Karawang bisa kunjungi link kami berikut ini. Kami sudah sajikan biaya dan keunggulannya.

Alamat Lengkap

Jika ingin datang ke pesantren alamatnya di Jalan Pesantren Nomor 1 Kondang Jaya Kecamatan Karawang Timur, Karawang Jawa Barat. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami tautkan di bawah ini.

Informasi lebih lengkap, valid, dan update bisa kunjungi website resmi pesantren di alitishom.sch.id, atau hubungi 0811 1113 173. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *