Ponpes Al Munawaroh Jombang | Tafidz, Kitab Kuning, dan Biaya

Posted by

Ponpes Al Munawaroh Jombang merupakan salah satu pesantren yang mengejutkan. Karena meski tidak begitu besar, namanya dikenal di dunia maya menyaingi pesantren-pesantren yang sudah mapan lainnya.

Oleh sebab itu kami ingin membahas lebih jauh pesantren di Diwek Jombang, atau kawasan pesantren Tebu Ireng yang cukup terkenal. Di antara yang kami bahas adalah profil pesantren, keunggulan, biaya masuk mondok berdasarkan brosur dan website resmi pesantren.

Profil Pesantren Al Munawaroh Jombang

Pesantren Al Munawaroh Jombang hadir di wilayah yang sebenarnya basis pondok pesantren berbasis salafiyah, yaitu kajian dengan metode sorogan dan bandongan untuk para santri-santrinya, namun demikian pesantren ini berbeda.

Modelnya memang pesantren salafiyah, tapi sistem yang digunakan sudah dengan model pondok modern dengan sistem yang tertata rapi, kemudian tersedia pendidikan formal di pagi hari, plus pendaftaran yang terbatas dengan kuota. Oleh sebab itu ponpes Al Munawaroh Jombang menarik banyak perhatian.

Ponpes Al Munawaroh Jombang

Pendidikan di Ponpes Al Munawaroh

Pendidikan di Ponpes Al Munawaroh Jombang secara formal tersedia jenjang MTs plus. Yang merujuk kepada kemenag. Begitu pula dengan jenjang menengah atas tersedia Madrasah Aliyah terpadu. Sayangnya kami tidak menemukan nilai akreditasi Al Munawaroh Jombang.

Yang ditonjolkan dari pendidikan formal ini adalah konsentrasi pada kemampuan bahasa arab dan inggris baik secara aktif ataupun secara pasif. Kemampuan ini sudah menjadi unsur utama dalam pendidikan modern era sekarang.

Kedua adalah tahfidz Quran atau hafalan Al Quran. Pesantren di Diwek Jombang ini memiliki target hafalan sebanyak 4 juz Al Quran. Ini jumlah yang lumayan, sehingga setiap santri diharapkan memiliki bekal hafalan Al Quran.

Selanjutnya adalah kitab kuning. Rasanya tidak afdhol jika pesantren di Jombang tidak mendalami kitab kuning. Santri di pesantren ini memiliki kewajiban dalam membaca kitab sumber keilmuan Islam. Kombinasi inilah yang membuat ponpes Al Munawaroh Jombang menarik perhatin.

PanduanTerbaik.id

Tahfidz Quran di Al Munawaroh

Menurut kami ada beberapa keunggulan Ponpes Al Munawaroh Jombang. Yang pertama adalah ada program khusus tahfidz Quran, yaitu hafalan empat juz dalam satu semester. Sehingga ketika lulus bisa khatam sebanyak 30 juz.

Namun setiap santri tidak bisa langsung menghafal, dua semester awal untuk perbaikan bacaan dan tajwid. Jadi lumayan ketat. Sehingga kualitas hafalan menjadi standard sesuai kaidah.

Tahfidz Andalus Al Munawaroh Diwek

Uniknya di pesantren tahfidz Quran di Diwek ini tersedia program tahfidz Quran untuk anak-anak usia tujuh tahun, atau MI. Di mana santri akan menghafal di luar jam formal. Bisa juga untuk siswa MTs, tapi yang lebih menonjol tahfidz anak. Namanya tahfidz Andalus.

Ada lagi program khusus untuk santri yang hanya datang ke pesantren Al Munawaroh Diwek hanya untuk tahfidz Quran saja. Fokus menghafal. Tidak untuk program yang lainnya.

Kajian Kitab Kuning

Untuk kitab kuning beberapa yang dipelajari adalah tafsir seperti Jalalain, Ibnu Katsir, dan Ayatul Ahkam. Kemudian untuk hadist ada Ibanatul Ahkam, Shohih Bukhori dan Muslim.

Fiqh belajar Fathul Qorib, Fathul Mu’in, Kasyifatus Saja’ dan lainnya. Ushul Fiqih belajar Mabadi’, Assulam, Waraqot, untuk Nahwu tersedia Jurumiyah, Imrithi, Mutammimah, dan Alfiyah, cukup lengkap. Serta beberapa kitab lain yang menjadi dasar pembelajaran pesantren salafiyah.

Pendaftaran Pondok Pesantren PPDB

Untuk pendaftaran membutuhkan biaya sebesar Rp150.000. Adapun pendaftarannya bisa mengisi link yang tersedia di website resmi. Serta untuk syarat administratif pendaftaran Ponpes Al Munawaroh Jombang juga bisa dilihat di website tersebut.

Namun demikian ada beberapa syarat, di antaranya harus diantar wali. Untuk yang khusus tahfidz anak minimal usia 10 tahun. Serta ada tes masuknya. Ada tes akademik, serta psikotes. Jadi santri tidak sekadar datang dan diterima.

Biaya Masuk Pesantren Al Munawaroh

Di pesantren ini tersedia empat program yang bisa didaftarkan, dan biayanya masing-masing berbeda. Baik secara bulanan atau ppdb.

MTs PlusRp2.975.000
MA TerpaduRp3.790.000
Tahfidz AndalusRp6.480.000

Jika Anda ingin masuk khusus mondok saja, atau tahfidz murni, biayanya sama dengan pendaftaran jenjang MTs sebesar Rp2.975.000. Biaya tersebut sudah termasuk kitab pesantren, uang makan satu bulan pertama dan lainnya.

Adapun untuk SPP bulanan Ponpes Al Munawaroh Jombang masing-masing juga berbeda. Kami sajikan dalam tabel agar lebih mudah dipahami.

MTs PlusRp325.000
MA TerpaduRp350.000
Tahfidz AndalusRp780.000

Menurut kami biaya semua ini untuk wilayah Jombang tergolong standard. Bisa dibandingkan dengan biaya pesantren lainnya di Jombang di link ini. Sudah kami sajikan dengan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Jik ingin datang ke pesantren Al Munawaroh, alamat lengkapnya di Jl. Ngemplak, RT.03/RW.05, Gedangan, Ngudirejo, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang. Jika bingung bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan.

Sedangkan untuk informasi lebih lengkap dan valid bisa kunjungi website resminya di https://almunawaroh.sch.id/. Kiranya ada lembaga pendidikan lain yang ingin direview bisa kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *