Ponpes Al Itqon Jakarta Barat | Biaya Cukup Pendidikan Baik

Posted by

Ponpes Al Itqon Jakarta Barat bisa dikatakan salah satu pesantren berpengaruh di wilayah DKI Jakarta. Terutama di Jakarta Barat. Apalagi jika melihat tamu-tamu yang berdatangan ke pesantren ini, banyak tokoh-tokoh.

Oleh sebab itu kami ingin merangkum informasi yang tersedia di internet terkait pesantren Al Itqon Jakarta Barat. Terutama dalam aspek profil Al Itqon, Kurikulum Pendidikan, serta pendaftaran dan biaya masuk pondok pesantren.

Profil Ponpes Al Itqon Jakarta Barat

Ponpes Al Itqon Jakarta Barat sebenarnya memiliki nama Pondok Pesantren Mirqot Ilmiyah Al Itqon, namun orang lebih mengenal dengan Ponpes Al Itqon Cengkareng. Awalnya pesantren ini adalah Majelis Ta’lim dan Madrasah Diniyah Saja.

Namun kemudian berkembang pesat hingga didirikan pondok pesantren di tahun 1993 dengan dua jenjang pendidikan utama Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Di pesantren daerah Duri ini tersedia untuk putra dan putri.

ponpes al itqon jakarta

Pendidikan Pondok Pesantren

Sebenarnya cukup banyak lembaga yang tersedia di pesantren ini. Hanya saja bisa dipisah menjadi dua bagian. Yang pertama adalah pendidikan formal dengan jenjang dari PAUD, RA dan MTs, MA. Pendidikan ini lebih banyak merujuk kepada Kemenag.

Untuk akreditasinya masing-masing B dari publikasi di tahun 2009. Kemungkinan saat tulisan ini dibuat MTs sudah A, MA sudah A, karena akreditasi prosesnya lima tahun, pastinya sudah ada pembaharuan.

Pendidikan selanjutnya adalah Madrasah Diniyah. Ini ciri khas pesantren di Jakarta. Banyak pesantren di tengah kota yang mengombinasikan pendidikan formal dan diniyah. Jenjangnya adalah I’dadiyah, awaliyah, wustho dan ulya. Ini mirip dengan pesantren kitab kuning di Indonesia.

Artinya salah satu fokus pendidikan ponpes Al Itqon Jakarta Barat adalah pendalaman kitab kuning untuk pemahaman agama Islam yang mendalam. Sehingga persoalan kemampuan membaca kitab tidak perlu diragukan.

Bukan berarti tidak belajar pendidikan kekinian. Seperti bahasa inggris juga menjadi salah satu aspek pendidikan wajib di pesantren ini.

Namun demikian tidak semua santri mukim. Ada pula yang tinggal di rumah. Istilahnya kalau di Jawa adalah santri kalong. Di tahun 2012 tercatat di blog pesantren santrinya berjumlah 600-an dengan 85% di antaranya bermukim di pesantren.

Kelebihan Pesantren Al Itqon Cengkareng

Menurut kami ada beberapa kelebihan pondok pesantren Al Itqon Cengkareng Jakarta Barat. Di antaranya adalah aspek ruhiyah. Yaitu berkaitan akhlaq, ibadah, dan adab. Pesantren khas NU memiliki ciri khas demikian.

Kedua pembelajaran diniyah cukup baik. Di tengah pesantren yang banyak mementingkan pendidikan formal dan prestasi akademis, ponpes Al Itqon tetap mendalami tafsir, tauhid, alfiyah, dan sejenisnya.

Sehingga kemampuan santri ponpes Al Itqon Jakarta Barat cukup bagus. Buktinya pernah meraih juara pertama lomba Fahmi Kutubut Turats tingkat nasional di Lombok pada tahun 2011. Ini lomba membaca kitab.

Selanjutnya adalah aspek pendidikan Al Quran. Pesantren ini dikenal memiliki pengkajian ilmu Al Quran. Prestasi yang kami sebut juga tentang tafsir Al Quran, yaitu cabang Tafsir Ibn Katsir. Bahkan ada latihan langgam mujawwad di pesantren ini.

Adapun untuk fasilitas sarana dan prasarana menurut kami standard. Untuk bangku di kelas memakai khas pesantren, satu bangku beberapa orang. Namun untuk gedung-gedungnya menurut kami sudah cukup representatif.

Pendaftaran Ponpes Al Itqon

Jika ingin mendaftar Anda harus menyediakan dana sekitar Rp300.000. Namun yang terpenting sebenarnya adalah ada ujian seleksi ketika masuk. Di antaranya adalah tes tulis dan wawancara.

Untuk ujian tulis di antaranya baca Al Quran, dikte tulis arab, pengetahuan umum dan agama. Artinya santri tidak bisa benar-benar dari nol. Harus ada bekal meski sedikit agar lulus tes.

Adapun untuk persyaratan administrasi standard, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dari mulai ijazah, akta, kartu keluarga, dan lain sebagainya. Yang penting juga adalah pakaian, seperti koko putih, peci hitam, peci haji (putih).

Biaya Masuk Ponpes Al Itqon Jakbar

Adapun biaya masuk ponpes Al Itqon Jakarta Barat 2021-2022, kami sajikan dari halaman resmi pesantren.

 MTsMA
PendaftaranRp300.000Rp300.000
PendidikanRp4.700.000Rp3.700.000
Perlengkapan dan KegiatanRp2.105.000Rp2.155.000
SPP BulananRp870.000Rp880.000
TotalRp7.975.000Rp7.035.000

Menurut kami untuk wilayah Jakarta Barat, biaya ponpes Al Itqon Jakarta Barat cukup standard. Tidak mahal, tidak juga murah. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Jakarta dengan mengunjungi link ini. Kami sudah sajikan dengan biaya.

Alamat Lengkap Pondok

Adapun alamat lengkapnya di Jl. H. Selong, RT.5/RW.3, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat. Lokasinya tidak sulit jika Anda ingin hadir di pesantren ini. Info lebih lengkap dan valid bisa kunjungi instagram pesantren di sini.

Kiranya ada kekurangan bisa cantumkan di kolom komentar agar segera kami sempurnakan. Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview, cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com. Kami akan bantu publikasi di internet.  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *