Pesantren Al Umm Pagentongan Bogor | Ilmu Mendalam Biaya Standar

Posted by

Pesantren Al Umm Pagentongan Bogor merupakan salah satu lembaga pendidikan dengan konsep yang cukup komplit, di mana sistem salafiah, pesantren modern, dan tahfidz qur’an dipadukan menjadi satu.

Berikut ini kami rangkumkan informasi mengenai Pondok Pesantren Salafiah Terpadu Al Umm Pagentongan yang informasinya kami sadur berdasarkan brosur dan website resmi. Semoga bermanfaat.

Pesantren Al Umm Pagentongan

Pesantren Salafiah Terpadu Al Umm Pagentongan atau yang lebih dikenal dengan nama Pesantren Al Umm Pagentongan Bogor ini berdiri sekitar tahun 1980 yang hingga kini masih dikelola secara tradisional.

Singkat cerita, penggunaan nama Al Umm diilhami dari nama sebuah kitab karangan ulama besar al Imam As-Syafi’i dengan judul Al Umm (ibu). Maknanya diharapkan semoga pesantren ini mampu menjadi pusat-nya para santri menuntut ilmu, khususnya dalam bidang ilmu agama.

pesantren al umm pagentongan

Dengan demikian, pesantren sebagai pusat pendidikan fokus mendidik para santri baik dari segi kedewasaan ilmu (‘alim), kedewasaan perilaku (‘amil), kedewasaan wawasan (‘aqil), juga kedewasaan sikap (‘arif).

Pendidikan di Ponpes Al Umm Pagentongan

Yang utama dalam pendidikan di Ponpes Al Umm Pagentongan adalah kajian kitab kuning klasik. Dengan sistem pendidikan yang berjenjang berdasarkan kemampuan dan prestasi setiap santri. Umumnya dibagi menjadi tiga bagian.

Tingkat dasar (ula daqiqoh dan ula darjah) yang setara dengan SMP kelas 1 dan 2, di mana pada tingkat ini para santri ditargetkan minimal hafal 4 juz al qur’an beserta doa-doa pendek.

Juga hafal dan mampu menguasai lughot / tarjamah kitab takror juz 1, hafal ratib dan tahlil, majmuatul mawalid, mampu menulis tarjamah pegon, dan mahir berbahasa arab dan inggirs secara aktif maupun pasif.

Sedangkan tingkat kedua (wustho daqiqoh dan wustho darjah) yang setara dengan kelas 3 SMP dan 1 SMA, dengan target yang jauh lebih kompleks, mulai dari target hafalan qur’an yang bertambah.

Jenjang ini pesantren Al Umm Pagentongan, santri mampu membaca dan menerangkan isi kitab kuning, memahami basic ilmu pokok agama (nahwu shorof, tauhid, ushul fiqh, tafsir dan hadits, dll).

Dan tingkat terakhir (ulya daqiqoh dan ulya darjah), merupakan tingkat tertinggi di Pesantren Al Umm Bogor, di mana para santri mampu mengaktualisasikan semua disiplin keilmuan baik dari segi hafalan maupun amalan dalam kehidupan sehari – hari dan dapat men-syiarkannya melalui pengabdian, karya tulis ilmiah, bahtsul masail, dan beragam kegiatan lainnya.

Selain pendidikan salaf, Pesantren Al Umm Pagentongan juga menyediakan unit pendidikan formal yang kurikulumnya pasti merujuk pada kemendikbud dan kemenang. Unit pendidikan formal tersebut adalah MTs Insan Cendekia Al Umm dan MA Cahaya Insani Al Umm.

Kegiatan Harian Al Umm

Kegiatan apa saja yang dilakukan para santri / santriwati setiap harinya? Berikut detail kegiatan harian santri yang kami sajikan melalui tabel:

JamJenis Kegiatan
03.30 – 05.00Mandi pagi, sholat tahajjud, sholat subuh berjamaah
05.00 – 07.00Aurod, tahfidz qur’an, tafsir jalalain, sholat dhuha
07.00 – 08.00Sarapan pagi, persiapan sekolah
08.00 – 11.30Kegiatan belajar mengajar (KBM)
11.30 – 13.30Sholat dzuhur, makan siang, istirahat
13.30 – 15.30Sorogan kitab kuning dan takror, sholat ashar
15.30 – 17.30Balagan kitab, tahsin dan tahfidz qur’an
17.30 – 20.00Sholat maghrib, aurod, ratib, sholat isya, dan makan malam
20.00 – 22.00Balagan kitab kuning / muhadlhoroh, bimbingan bahasa
22.00 – 03.30Istirahat

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain asrama putra – putri dengan lingkungannya yang asri (bahkan mendapatkan juara sebagai ECO pesantren se-provinsi jawa barat 2015). Memang cukup menarik.

Ditambah lagi ruang belajar yang representatif, mushola, gedung aula pertemuan, perpustakaan, laboratorium komputer, kopontren, kantin, hingga lapangan olahraga plus area parkir yang cukup luas.

Pendaftaran Santri Al Umm Pagentongan

Bagi calon santri yang ingin mondok maka harus diantar langsung oleh orang tua / wali ke pesantren, dan juga ada syarat – syarat pendaftaran yang perlu diperhatikan.

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • FC akta kelahiran
  • KK & KTP orang tua / wali,
  • NISN (nomor induk siswa nasional)

Dokumen di atas masing – masing 3 rangkap. Biasanya pendaftaran dibuka pada awal tahun.  

Biaya Masuk Al Umm Bogor 2022 – 2023

Adapun biaya masuk Pesantren Al Umm Pagentongan yang harus dipersiapkan yakni sekitar 6 juta yang sudah meliputi infaq pendaftaran, shodaqoh dana pendidikan dan bangunan, buku paket, kitab – kitab pesantren, dan peralatan santri (lemari, kasur, bantal, seragam almamater, dan kaos olahraga).

Sedangkan biaya SPP bulanannya sekitar Rp. 700.000 ribu rupiah ditambah infaq tabungan wajib santri sebesar Rp. 100.000 ribu rupiah (infaq tabungan ini untuk deposit kegiatan PTS, PAS, outing class, ziarah, dan lain – lain). Dengan demikian jika ditotal biaya masuk pesantren ini termasuk terjangkau.

Jika ingin survey pesantren lainnya di Bogor bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Jika ingin datang langsung, pesantren beralamat lengkap di Jl. Pagentongan No. 03 RT. 01 / RW. 06, Kel. Loji, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor – Jawa Barat. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sajikan.

Informasi lebih update dan valid tentang Pesantren Al Umm Pagentongan Bogor bisa menghubungi pusat informasi di nomor +62 812 9944 1046 (Ustadz Miftahul Ulum) / +62 895 6172 99721 (Ustadzah Vidia Putri Herdani). Kunjungi website resmi pesantren di link ini https://alum.sch.id/.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *