Pesantren Nelda Paciran Lamongan | Ekstra Lengkap Biaya Murah

Posted by

Pesantren Nelda Paciran Lamongan memang belum banyak yang mengenal. Pondok pesantren ini belum lama berdiri. Namun demikian program-progamnya cukup menarik. Sehingga menjadi perhatian masyarakat.

Oleh sebab itu kami akan mengulas profil, keunggulan, pendidikan, serta biaya masuk bersumber dari website resmi, brosur, dan wawancara dengan pengasuh. Semoga informasi ini bisa membantu pencari lembaga pendidikan.

Pesantren Nailuddaroin Lamongan

Namanya Pesantren Nailuddaroin Lamongan, tapi memang lebih dikenal dengan sebutan pesantren Nelda Paciran. Didirikan oleh HM. Eko Wahyu Diono, Lc pada tahun 2021.

Beliau masih keluarga dari pesantren Darul Ma’arif Solokuro. Beliau juga alumni Pondok Modern Gontor. Dengan latar belakang inilah melahirkan pesantren yang mengombinasikan antara model salafiyah dan modern menjadi satu.

pesantren nelda lamongan

Pendidikan di Pesantren Nelda Paciran

Adapun pendidikan di Pesantren Nelda Lamongan terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah pendidikan dengan durasi enam tahun jika masuk selepas SD, dan pendidikan selama empat tahun jika masuk selepas SMP atau dikenal dengan program intensif.

Nantinya di kelas tidak hanya belajar pendidikan formal, sains seperti Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, tapi juga sudah dipadukan dengan pendidikan Aqidah, Tafsir, Hadist, Fiqh, dan lain sebagainya sebagai kurikulum khas pesantren.

Bisa dikatakan pendidikan seimbang antara sains dan syari’ah. Ini identitas pesantren modern yang kini banyak dibutuhkan masyarakat. Menurut kami pondok ini banyak mengambil sistem modern Pesantren Gontor.

Kegiatan Harian

03:45 – 05:00Bangun dan Shalat Subuh Berjamaah
05:00 – 05:20Membaca Al Quran
05:20 – 05:40Kosakata Baru
05:40 – 07:15Olah raga Mandi dan Sarapan
07:15 – 15:00KBM diselingi Dhuhur berjama’ah dan makan siang
15:00 – 15:45Shalat Ashar dan Membaca Al Quran
15:45 – 17:00Olah raga dan mandi sore
17:00 – 17:30Tauiyah Diniyah dan Aurod Yasin
17:30 – 18:45Magrib Berjama’ah dan Membaca Al Quran
18:45 – 19:45Makan malam
19:45 – 20:00Shalat Isya berjama’ah
20:00 – 21:30Belajar malam

Program Unggulan

Adapun untuk program unggulan yang pertama adalah asrama wajib berbahasa arab dan inggris. Jadi komunikasinya dilatih menggunakan dua bahasa internasional tersebut.

Kedua, tidak hanya kurikulum modern saja, tapi santri juga akan fasih membaca kitab kuning. Dan tersedia kajian kitab dalam waktu-waktu tertentu bersama pengasuh.

Kegiatan Ekstra di Ponpes Nelda Paciran

OrganisasiWirausaha
Tahsin dan Tahfidz 30 JuzBersih Lingkungan
Syimtudduror, Diba’iyahJurnalistik
Bahasa Arab dan InggrisKomputer
Pramuka 
KoperasiOlah raga
HadrahKesenian

Pendaftaran Pesantren Nailuddaroin

Jika ingin mendaftar maka sudah dibuka sejak bulan Desember, dan syaratnya adalah melengkapi persyaratan administrasi sebagai berikut

  • Melengkapi formulir
  • FC KK, Akte
  • FC KTP orang tua
  • FC NISN
  • FC Ijazah
  • FC piagam (jika ada)
  • Foto 3 x 4 delapan lembar dan 4 x 6 dua lembar

Untuk foto berkemeja putih latar merah. Namun di pesantren Nelda Paciran tidak ada sistem kalong. Semuanya wajib berasrama dan siap untuk menjadi santri diasuh oleh kyai.

Biaya Masuk

Adapun biaya masuk di tahun 2022-2023 adalah sebagai berikut

  • Pendaftaran : 200.000
  • Infaq pembmgunan : 500.000
  • Uang kertas 1 th : 300.000
  • Makan : 450.000/bulan
  • Syahriah pondok : 150.000/bln

Menurut kami biaya ini cukup murah sekali jika dibandingkan yang lain. Jika ingin survey pesantren di Lamongan lainnya bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pesantren berada di Dusun Sidodadi, Desa Kranji, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Atau bisa hubungi pengasuh langsung Ust. Eko Wahyu Diono Lc di nomor 0815 1782 0413.

Jika ingin informasi lebih lengkap, dan update bisa kunjungi website resminya di nelda.ponpes.id. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan calon santri wilayah Lamongan dan sekitarnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *