Pesantren Al Fathaniyah Serang | Keunggulan dan Biaya Murah

Posted by

Pesantren Al Fathaniyah Serang adalah lembaga pendidikan berbasis pesantren ala Rasulullah dengan biaya yang terjangkau sehingga menarik banyak perhatian masyarakat.

Oleh sebab itu banyak orang tua yang tertarik memondokkan buah hatinya di Ponpes ini. Berikut kami rangkumkan informasi mengenai Pondok Pesantren Al Fathaniyah Serang berdasarkan brosur resmi pesantren.

Profil Pondok Pesantren Al Fathaniyah

Pondok Pesantren Al Fathaniyah Serang dirintis dan didirikan oleh seorang ulama kharismatik bernama KH. Fathoni bin Sa’id pada tahun 1972 dengan nama Pesantren Al Ikhlas.

Hingga akhirnya, estafet kepimpinan dilanjutkan oleh salah satu murid kesayangan sang ulama, yakni KH. Syarqowi bin Rofieq. Di masa itu pesantren terus berkembang semakin baik, santrinya lambat laun terus bertambah.

Pesantren Al Fathaniyah Serang

Atas dasar keinginan untuk mengabadikan sang kyai dan mengharapkan keberkahannya, nama pesantren Al Ikhlas diubah menjadi Pondok Pesantren Al Fathaniyah tanpa mengubah identitas asli pesantren yang murni salafiyah.

Secara garis besar, pesantren ini berorientasi pada pemikiran ahlus sunnah wal jamaah yang mengikuti pola pemikiran Imam Abu Hasan Al Asy’ary, Imam Abu Mansur Al Maturidy, Imam Syafi’i, dan kultural khas nahdlatul ulama.

Pendidikan di Al Fathaniyah Serang

Sistem pendidikan di Pesantren Al Fathaniyah Serang sebenarnya dibagi menjadi dua. Pendidikan formal yang terdiri dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau yang setingkat SMP, Madrasah Aliyah (MA) yang setingkat dengan SMA, dan pesantren salafiyah (hanya fokus belajar kitab kuning).

Adapun porsi pendidikan santri selama mondok adalah 70 persen pembelajaran kitab kuning (baik sorogan maupun bandongan) dan 30 lainnya adalah pendidikan formal. Namun demikian, para santri juga dibekali dengan pengetahuan dasar sains dan teknologi modern. Ini tentunya penting sebagai penunjang masa depan santri kelak.

Keunggulan Pesantren Al Fathaniyah Serang

Salah satu keunggulan yang dimiliki Pesantren Al Fathaniyah adalah program pembiasaan membaca Al Qur’an dengan surah – surah tertentu selepas sholat wajib. Mulai dari surah al mulk, ar rahman, al waqiah, juga yasin. Detailnya bisa dilihat pada tabel kegiatan harian santri di bawah ini.

Kegiatan Santri

JamKegiatan
03.30 – 05.00Bangun tidur, sholat subuh, pembacaan surah al mulk
05.00 – 05.30Pengajian sorogan / mentor Al Qur’an
05.30 – 06.15Pengajian bandongan kitab kuning
06.15 – 07.15Persiapan pribadi / MCK
07.15 – 12.00Kegiatan pendidikan formal
12.00 – 14.00Sholat dzuhur, pembacaan surah ar rahman, makan siang dan istirahat
14.00 – 15.00Pengajian sorogan / mentor kitab nahwu sorof
15.00 – 15.30Sholat ashar dan pembacaan surah al waqiah
15.30 – 17.30Pengajian bandongan kitab kuning, persiapan pribadi
17.30 – 19.00Sholat magrib berjamaah, pembacaan surah yasin, sorogan / mentor Al Qur’an
19.00 – 20.00Sholat isya dan makan malam
20.00 – 22.00Pengajian klasikal
22.00 – 03.30Istirahat malam

Nah untuk kegiatan mingguannya ada ziarah qubur di hari Kamis, marhaban, barzanji, dalail khoirot di hari Jum’at, muhadloroh di hari Sabtu, dan kegiatan minat bakat di hari minggu. Semua kegiatan didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan ruh dan jasadiyah santri.

Ekstrakulikuler Pesantren Al Fathaniyah Serang

Kegiatan ekstrakulikuler santri di Ponpes Al Fathaniyah Serang beragam pilihannya. Mulai dari belajar tilawah Al Qur’an, marhaban, dalail khoirot, barzanji, master of ceremony (belajar nge-mc), pidato, kaligrafi, marawis, hadroh, pramuka, pencak silat, dan unit kesehatan pesantren (PMR).

Sarana dan Prasarana Pesantren

Sarana dan prasarana yang dimiliki pesantren menurut kami sudah cukup baik dan bisa menunjang kegiatan belajar – mengaji santri selama mondok.

Seperti ruang kelas, aula pertemuan, masjid 2 lantai, poskestren (klinik kesehatan pesantren), koperasi, kantin, perpustakaan, lab. komputer, hingga ruang life skill khusus pembuatan roti. Wah santri bisa belajar baking kue, nih.

Sedangkan untuk asramanya, Bapak / Ibu tidak perlu risau. Karena asrama santri putra dan putri terpisah. Lebih lengkap bisa melihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran dan Persyaratan

Adapun mekanisme pendaftaran santri baru yang pertama adalah datang langsung ke pesantren untuk mengisi formulir pendaftaran. Syaratnya santri maksimal berusia 15 tahun untuk MTs dan berusia 21 tahun untuk MA.

Kemudian menyerahkan berkas sebagai berikut:

  • ijazah terakhir
  • SHUN / SHUAMBN
  • Akta kelahiran, KK, dan KTP orang tua / wali
  • Kartu NISN
  • Kartu sosial (kartu keluarga harapan / kartu indonesia pintar / kartu indonesia sehat / BPJS) bagi yang memiliki
  • Pas foto ukuran 2×3 dan 3×4 (3 lembar)
  • Semua berkas difotokopi sebanyak 2 lembar

Biaya Masuk Pondok Pesantren

Tahap selanjutnya setelah melengkapi berkas persyaratan adalah membayar biaya masuk calon santri. Bapak / Ibu hanya perlu merogoh kocek sekitar 2 juta rupiah saja.

Biaya tersebut untuk semua jenjang pendidikan dan sudah termasuk biaya formulir, buku panduan, infaq pembangunan, dan infaq sarana prasarana.

Sayangnya informasi biaya ini untuk tahun 2020 – 2021. Kami belum mendapatkan informasi biaya masuk terbaru dari pesantren. Jadi bisa dijadikan pedoman saja, karena biasanya ada kenaikan harga karena inflasi rupiah.

Jika ingin opsi pesantren lainnya di Serang bisa kunjungi link ini. Kami sudah sertakan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Pondok Pesantren Al Fathaniyah beralamat lengkap di Jl. Raya Serang – Pandeglang KM. 03, Komp. Tembong Indah RT 01 / RW 02, Kel. Tembong, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang – Banten.

Informasi lebih lengkap bisa dilihat di laman media sosial facebook pesantren di sini atau telepon ke nomor +62 859 2009 9334 / +62 877 7399 9523.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *