Pesantren Al Fatah Purbalingga | Tahfidz Quran dan Biaya

Posted by

Pesantren Al Fatah Purbalingga merupakan salah satu pesantren yang mengusung sistem pendidikan formal untuk para santri penghafal qur’an. Bisa dikatakan paket lengkap. Sehingga animo masyarakat tinggi. Santrinya dari beragam daerah.

Untuk  lebih detail dan jelas, kami telah mencoba merangkum beberapa informasi yang berkaitan dengan pesantren ini. Di antaranya adalah profil singkat, fasilitas hingga alur pendaftaran.

Profil Pesantren Al Fatah Purbalingga

Pesantren Al Fatah Purbalingga berdiri sejak tahun 2018 lalu. Semenjak dibukanya pondok ini, masih terus di lanjutkan pembangunan gedung dan berbagai fasilitas lain yang akan menjadi penunjang proses pembelajaran hingga sekarang.

Sistem pendidikannya merupakan perpaduan dari sistem formal dan ilmu Al qur’an serta sunnah. Pesantren ini menempatkan konsentrasi lebih besar untuk materi menghafal dan pengkajian ilmu al qur’an secara komprehensif.

Pesantren Al Fatah Purbalingga

Pendidikan di Pesantren Al Fatah Purbalingga

Adapun kurikulumnya meliputi tahsin, kalau sudah lulus barulah ke tahfidz Quran. Jadi berjenjang. Tidak hanya itu ada juga akidah, tafsir, hadits, fiqh, dan akhlak. Seperti diniyyah.

Selain itu, santri Pesantren Tahfidz Quran Al Fatah juga diajarkan lebih mendalam terkait dua bahasa asing yaitu Arab dan Inggris. Serta ilmu-ilmu umum lainnya juga tidak lupa diajarkan.

Ada 2 jenjang pendidikan yang tersedia di sini dan harus ditempuh selama 6 tahun. Di antaranya yang pertama, ada jenjang Mutawasithoh atau setara dengan SMP/MTs. Ini merupakan program Tahfidzul Qur’an yang akan para santri jalani selama 3 tahun.

Sedangkan jenjang yang kedua bernama I’dad Muallimil Qur’an (IMQ). Ini merupakan program kaderisasi guru Al qur’an tingkat Aliyah dan ditempuh selama 3 tahun juga.

Target Lulusan

Untuk target lulusan dari pesantren ini beberapa yang paling utama, memiliki hafalan al qur’an 30 Juz, mampu membaca al qur’an secara fasih dan juga membaca kitab kuning.

Jadwal Kegiatan Sehari-hari

03.00 – 03.30  : Bangun tidur
03.30 – 04.00 : Sholat tahajud
04.00 – 04.30 : Sholat subuh
04.00 – 06.00 : Setorann qur’an
06.00 – 07.00 : MCK & makan
07.00 – 07.15 : Pembinaan 
07.15 – 09.15 : Kegiatan Pembelajaran
09.15 – 09.45 : Istirahat & Sholat Dhuha
09.45 – 11.05 : Kegiatan pembelajaran
11.05 – 13.00 : Istirahat, sholat, makan
13.00 – 13.40 : Kegiatan Pembelajaran
13.40 – 15.30 : Istirahat, sholat ashar
15.30 – 17.00 : Kegiatan pembelajaran
17.00 – 19.30 : Istirahat, sholat, makan
19.30 – 20.30 : Kegiatan pembelajaran
20.30 – 22.00 : Belajar Mandiri
22.00 – 03.00 : Istirahat malam

Fasilitas Pesantren Al Quran di Purbalingga

Sedangkan untuk fasilitasnya masih sederhana seperti ruang kelas, asrama, masjid, dan lainnya. Dan saat ini masih berjalan proses pembangunan kelas serta fasilitas lainnya lagi agar lebih lengkap.

Ekstrakulikuler Ponpes Tahfidz Al Fatah

Ekstrakulikuler di pesantren ini sangat mengikuti sunnah Rosulullah, seperti berenang, bela diri, hingga memanah. Lebih lengkap bisa melihat video yang kami sertakan di bagian bawah.

Keunggulan Pesantren

Keunggulan dari pesantren ini, para santri benar-benar dibentuk menjadi penghafal al qur’an dengan targetan 30 Juz dengan berbagai macam metode pembelajaran termasuk sering diadakan tasmi’ dan kegiatan-kegiatan lain untuk memotivasi santri bisa menghafal lebih baik lagi.

Prestasi yang Pernah Diraih

Pesantren ini pernah mengantarkan para santrinya memenangkan kejuaran lomba tahfidz tingkat Kabupaten Purbalingga, sebagai juara 2 dan 3 sehingga berhasil membawa pulang piala.

Tahap Pendaftaran Al Fatah Purbalingga

Untuk tahap pendaftaran, bisa langsung mengisi formulir secara online yang sudah disediakan di website-nya. Atau bisa langsung mendatangi pesantren. Nanti setelah mendaftar, lanjut pada tahap seleksi, kemudian menunggu pengumuman lulus atau tidaknya.

Adapun untuk materi seleksi, di antaranya:

  • Tes potensi akademik (TPA)
  • Tes baca al qur’an
  • Tes kesehatan
  • Wawancara wali santri

Syarat Administrasi

Namun sebelum mendaftar, peserta wajib mempersiapkan terlebih dahulu beberapa berkas penting di bawah ini:

  • Fotokopi akte kelahiran, 2 lembar
  • Fotokopi Kartu Keluarga, 2 lembar
  • KTP orang tua atau wali, 2 lembar
  • Fotokopi Surat Keterangan Lulus (SKL)
  • Fotokopi Ijazah, 2 lembar
  • Fotokopi NISN yang sudah dilegalisir oleh kepala sekolah
  • Fotokopi Sertifikat Penghargaan (kalau ada)
  • Pas foto berwarna 3×4, 4 lembar

Catatan untuk pas foto, khusus putra memakai baju putih, songkok hitam dengan background berwarna merah. Sedangkan untuk putri memakai kerudung hitam dan background Merah.

Biaya Pendaftaran Al Fatah Kejobong

Untuk biaya pendaftaran awal tahun ajaran 2022-2023 sebanyak Rp. 150.000. Tapi sayangnya kami tidak menemukan perincian biaya selain biaya di pendaftaran pertama saja. Anda bisa konfirmasi langsung ke pihak pesantren untuk mengetahuinya.

Jika ingin pesantren lain di wilayah Purbalingga bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Jika ingin informasi lebih lengkap dan valid, ada baiknya datang saja ke pondok pesantrennya yang beralamatkan di Jalan Rawakeong RT 05, RW 03, Desa Lamuk Kecamatan, Kejobong Kabupaten, Purbalingga, Jawa Tengah.

Sebelum ke sana, bisa menghubungi ke nomor ini dulu agar lebih mempermudah komunikasi. Putra 0857 7337 3802, putri 0821 2859 3811. Atau kunjungi langsung website-nya di sini. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat dan membantu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *