Pesantren An Nur Malang | Pondok Besar Biaya Masuk Terjangkau

Posted by

Pesantren An Nur Malang merupakan salah satu pondok terbesar di wilayah Jawa Timur. Bahkan cukup terkenal di wilayah Indonesia. Pondok pesantren ini menyedot banyak perhatian hingga santrinya banyak berasal dari luar daerah.

Oleh sebab itu kami akan mengumpulkan informasi terkait salah satu pesantren terbaik di Malang tersebut. Terutama bersumber dari website resmi dan informasi lainnya. Kami akan sajikan keunggulan dan biaya masuknya.

Profil Pesantren An Nur Malang

Nama pesantren An Nur Malang sesungguhnya diambil dari nama pendiri yaitu KH. Anwar Nur yang berikutnya disingkat menjadi Annur. Berdiri pada tahun 1948, maka ponpes di Malang ini tergolong sebagai pesantren tertua.

Pertumbuhan pesantren ini cukup pesat. Bahkan yang awalnya hanya 9 orang, kini santrinya sudah lebih dari 5.500. Tergolong di jajaran pesantren terbesar di Jawa Timur selain Gontor, Sidogiri, Darul Ulum, dan beberapa pesantren lainnya.

pesantren an nur malang

Pendidikan di Pesantren An Nur Malang

Basis pendidikan awal di pesantren An Nur Malang adalah kitab kuning, atau seperti pesantren klasik lainnya yang berbasis sorogan dan bandongan. Namun demikian seiring berkembangnya waktu, maka banyak penyempurnaan.

Sampai sekarang madrasah diniyyah masih bertahan dengan program tiga tahun bagi santri baru tingkat SMA. Kemudian ada juga program enam tahun bagi santri baru tingkat SMP. Jadi tergantung jenjang.

Adapun ada juga pendidikan khusus tahfidz Quran, seperti umumnya pesantren era sekarang. Di mana tidak hanya pendidikan formal, tapi juga tahfidz hingga 30 juz. Tentu ini menjadi pilihan yang bagus.

Pendidikan Formal di An Nur Malang

Pendidikan formal di Pesantren An Nur Malang memiliki tingkat SD, SMP, SMU bahkan hingga perguruan tinggi. Inilah yang menjadi daya tarik utama. Sehingga santri bisa leluasa memilih pendidikan.

Bahkan untuk sekolah formal di SMP dan SMA ada pilihan kelas idaman di mana memiliki banyak keunggulan. Ada juga kelas reguler, yaitu seperti kelas pada umumnya. Tinggal dipiliha ingin seperti apa di Ponpes An Nur Malang.

Yang menarik semua sudah terakreditasi dengan nilai A. Artinya sudah sesuai dengan standar bagus secara nasional, baik dari guru, kurikulum yang diberikan, bahkan dari rasio siswa. Jadi tidak perlu khawatir.

Keunggulan Ponpes An Nur Malang

Ada beberapa keunggulan pesantren An Nur Malang yang perlu di garis bawahi. Pertama, ini dikenal sebagai pesantren wisata, di mana secara lokasi didisain sangat dinamis. Siapapun yang masuk akan merasa cukup nyaman baik secara lokasi bahkan cuaca.

Kedua, pondok pesantren An Nur Al Murtadlo masih mengedepankan kitab kuning. Sehingga kemampuan pemahaman Islam terjaga dengan baik. Ketiga, ada pembinaan intensif untuk bahasa, terutama terkait bahasa Arab sebagai bahasa pesantren.

Kegiatan di Pesantren Al Murtadlo Malang

JamKegiatan
04:00-05:00Bangun dan Subuh Berjama’ah
05:30-06:00Al Quran/tafsir
07:00-12:05KBM
12:05-13:00Makan dan Dhuhur
13:15:14:00Bahasa Arab, Quran dan Extra
14:00-15:00Istirahat
15:00-16:00Waqiah dan shalat jama’ah
16:00-17:30Bimbingan belajar bersama
17:30-18:10Makan dan Shalat Magrib
18:30:22:00Diniyah – Isya – Diniyyah

Jika dilihat dari kegiatan yang dilaksanakan maka terdapat banyak kegiatan dominan, utamanya adalah diniyyah, kemudian Al Quran. Kegiatan di Ponpes An Nur Al Murtadlo cukup baik.

Pendaftaran An Nur Bululawang

Bagi yang ingin mendaftar bisa melalui online atau datang langsung ke pesantren. Biasanya sudah dibuka sejak Desember hingga Juni. Tapi yang perlu disiapkan adalah beberapa syaratnya. Seperti,

  • FC KK, Akta, BPJS Kesehatan
  • FC Ijazah 2 lembar
  • Foto 3 x 4 hitam putih – putra baju hitam kopyah hitam, putri baju hitam dan jilbab hitam.
  • Foto wali santri 3 x 4 warna tiga lembar (khusus santri putri)
  • Jika mutasi melampirkan SKKB dan surat keterangan bebesa narkoba.

Biaya Masuk An Nur Malang

Gelombang 1Rp2.775.000
Gelombang 2Rp2.875.000
Gelombang 3Rp2.975.000
SppRp475.000

Biaya masuk 2022-2023 tergolong terjangkau dan murah. Apalagi biaya bulanan sudah termasuk makan, sarana, listrik, dan lain sebagainya. Apalagi sekarang banyak lembaga berasrama biayanya puluhan juta. Ini jadi pilihan menarik. Salah satu faktornya pondok pesantren memiliki banyak unit usaha.

Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Malang di link ini. Atau boarding school di Malang di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pesantren Al Murtadlo berada di Jalan Raya Bululawang Kecamatan Bululawang, Malang. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sajikan di bagian bawah.

Untuk informasi lebih lengkap, update dan valid bisa kunjungi website resminya di https://annur2.net/. Atau bisa hubungi pihak pondok pesantren melalui nomor  0341-833235 (putra) /0341-833463(putri). Semoga bermanfaat.  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *