contoh branding pesantren

Pesantren Sidogiri | Biaya Pendaftaran dan Sarung Barcode Santri

Posted by

Pondok pesantren Sidogiri | Di Indonesia salah satu pesantren yang sangat disegani kedudukannya adalah Sidogiri yang terletak di Pasuruan. Tidak hanya menjadi sesepuh para pesantren, tapi juga sekolahnya para penerus kyai pesantren.

Oleh sebab itu kami ingin mengulas seluk beluk pesantren Sidogiri berdasarkan diskusi kami ketika datang untuk menanyakan cara memasukkan anak ke pesantren Sidogiri. Berikut 7 kelebihan pesantren sidogiri. 

Sejarah Pesantren Sidogiri | Pesantren Tertua

Di Indonesia pesantren Sidogiri merupakan salah satu pesantren tertua. Meskipun ada dua versi, 1718 atau 1745, namun ketika kami bertanya kepada ustadz dijawab 1745. 

Artinya pesantren ini memiliki usia hampir tiga abad. Bukanlah usia yang muda. Bandingkan dengan Gontor yang berdiri 1926, atau Salafiyah Syafi’iyyah yang berdiri pada tahun 1914, Sidogiri termasuk tertua.

Di Indonesia, mungkin hanya pesantren Jamsaren Solo, 1750-an yang secara usia mirip-mirip. Namun jika harus jujur, secara perkembangan, Sidogiri cukup jauh melejit. Bahkan di era modern seperti sekarang. Bisa periksa rahasia Sidogiri di sini

Sidogiri sendiri merupakan nama daerah, desa. Seperti pesantren kuat lainnya yang lebih dikenal nama wilayahnya daripada nama resminya, Tebu Ireng, Langitan, dan lain sebagainya. 

Kultur Pesantren Sidogiri

Pesantren Sidogiri memiliki kultur yang sangat khas, yaitu salafiyah. Kultur yang tetap dari dulu hingga sekarang, tidak ada perubahan. Jika pesantren-pesantren sudah bergeser ke program pendidikan formal yang mahal-mahal, Sidogiri justru tetap pada pendidikan tradisional dengan model ngaji sorogan dan bandongan.

Di sinilah kami sangat kagum. 

Bahkan dalam berpakaian pun santri masih menggunakan sarung dan koko disertai kopyah putih. Sarungnya khas Sidogiri, hijau. Kokonya bersih-bersih, semua terlihat sangat sederhana. Hampir dua puluh empat jam sarung melekat di tubuh santri Sidogiri.

Apalagi hormat dengan kyai, di pesantren Sidogiri Kyai dikenal sebagai penerus. Maka tugasnya meneruskan amanat yang sudah diberikan pendahulu. Tidak ada banyak pergeseran tradisi dari sejak berdiri hingga tulisan ini dibuat. Inovasi Sidogiri adalah kekuatannya menjaga tradisi. 

Kurikulum Pendidikan Sidogiri

Menurut kami inilah kelebihan pesantren Sidogiri yang utama. Jika lembaga pendidikan lain kurikulumnya mengacu pada diknas atau depag, Sidogiri tidak mengacu kepada keduanya. Dari dulu memang demikian. 

Sidogiri memiliki kurikulum sendiri yang berbasis pendidikan kitab kuning. Kelas yang ada untuk mempelajari kitab kuning tersebut. Jika pernah ke kelasnya maka akan melihat beberapa hanya lesehan menggunakan bangku untuk ngaji Quran. Asik sekali.

pesantren sidogiri pasuruan

Ada beberapa jenjang di pesantren ini, pertama isti’dadiyah, ini jenjang persiapan. Intinya kelas ini untuk persiapan bisa ngaji kitab. Durasinya bisa bermacam-macam. Ada tiga kelas, dari shifir, 1, dan 2. Ketika kami tanya, rata-rata dua tahun untuk jenjang ini. 

Kemudian ada jenjang lagi ibtidaiyah, yaitu jenjang lanjutan yang mana santri sudah mulai mendalami kitab-kitab. Dengan materi yang sudah ditentukan. Jenjang isti’dadiyah dan ibtidaiyah, di Indonesia sudah memiliki banyak ranting, bahkan ratusan melalui alumninya. 

Jenjang selanjutnya adalah Tsanawiyah dan Aliyah. Ini adalah jenjang pendalaman lanjutan kitab-kitab dari fiqh, tauhid, nahwu, dan lain sebagainya. Bahkan ada materi kesehatan, materi administrasi, materi umum lainnya. 

Artinya setiap jenjang yang ada di Sidogiri, meskipun namanya Tsanawiyah dan Aliyah, tapi pendidikannya berbeda dengan yang ada di umum. Sehingga ketika itu saya bertanya, “Kalau dari luar lulus SMP bagaimana?”

“Di pesantren Sidogiri nanti diuji, kemudian ditentukan masuk tingkat mana dan kelas berapa,” sosok berkopyah putih menjawab.

Ustadz Sidogiri

Saya penasaran lagi, “Kalau ternyata belum bisa apa-apa”.

“Nanti masuk kelas Isti’dadiyah dari awal,” jawabnya sembari senyum. 

Maka saya menyimpulkan, lebih baik jika ingin belajar di pesantren Sidogiri dari nol saja. Daripada diuji tahu-tahu masuknya kelas shifir (kelas 0). Ckckck. Ikhlaskan belajar dari mulai dasar.

Jika semua kurikulum ditempuh dalam waktu normal, santri membutuhkan waktu antara 8-10 tahun. Benar-benar matang sebagai orang yang mengetahui agama Islam dari kitab-kitab rujukan Islam. Oleh sebab itu Sidogiri menjadi salah satu pesantren terbaik di Jawa Timur

Sistem Asrama Sidogiri

Asrama di Sidogiri juga unik, namanya daerah. Tapi maksudnya bukan dibagi perdaerah di asrama. Tapi dibagi berdasarkan kegiatan khusus yang akan diikuti. Ada asrama khusus untuk tahfidz Quran, ada asrama khusus untuk pendidikan bahasa arab dan Inggris.

Mungkin kalau di sistem pendidikan lainnya dikenal sebagai kegiatan ekstra. Artinya kegiatan ekstra yang ada di Sidogiri adalah bidang yang digeluti sungguh-sungguh. Tapi bukan berarti di Sidogiri ada jenjang khusus tahfidz Quran. 

Untuk setiap kamar bisa terdiri dari 20 orang, ada 70 orang, tergantung besar ruangan yang ditempati. Nantinya di setiap asrama ada bagian ubudiyah dan lain sebagainya yang membina khusus adab santri. 

Kegiatannya dimulai dari 3:30 dengan kegiatan tahajud. Selepas subuh biasanya ada nadzaman yang terdengar lantang. Anda kalau mendengar akan tersenyum karena suaranya cukup khas dan rutin dilaksanakan. 

Jumlah Santri Pesantren Sidogiri Pasuruan

Sidogiri dikenal memiliki prinsip tidak akan menolak santri. Berapapun yang datang harus diterima karena sudah memiliki niat baik. Apalagi jika datang dari jauh. Bahkan banyak santri dari Malaysia. 

Jumlah santri pesantren Sidogiri Pasuruan saat ini yang putra sekitar sebelas ribu, sedangkan yang putri sekitar delapan ribu. Sehingga total sekitar sembilan belas ribu. Pembangunan pesantren pun terus dilakukan untuk menampung santri yang membludak. 

Jumlah ini tergolong pesantren dengan santri terbanyak, mungkin di Indonesia. Seperti Gontor sekitar liba belas ribuan, dan Salafiyah Syafiiyah Situbondo sekitar lima belas ribu juga. Oleh sebab itu Sidogiri menjadi salah satu pesantren terbaik di Pasuruan. 

Pendaftaran Pesantren Sidogiri

Ada beberapa hal penting dalam pendaftaran santri di Sidogiri. Beberapa di antaranya adalah faktor waktu. Pesantren Sidogiri tidak menggunakan Juli sebagai tahun ajaran baru. Tapi memakai hijriah. Biasanya selepas lebaran sudah dibuka pendaftaran. Untuk tahun ajaran berikutnya (syawal).

Kedua, faktor usia sangat penting. Minimal bisa masuk ke pesantren usia 9 tahun. Sedangkan usia 13 tahun ke atas ada tes urine. 18 tahun ke atas harus memiliki keterangan SKCK. Cukup ketat. 

Setiap santri harus tinggal di asrama. Di Sidogiri tidak ada istilah santri kalong. Jadi kalau misalnya Anda hanya ingin belajar pagi atau sore, tidak bisa. Harus sepenuh hati untuk nyantri di Sidogiri. 

Biaya Masuk Pesantren Sidogiri

Untuk biaya masuk sangat murah sekali meski kualitas bagus. Pendaftaran hanya sekitar 2.9 juta. Bandingkan dengan pesantren-pesantren sekarang yang belasan juta, Sidogiri pesantren pilihan masyarakat.

Untuk bulanan biayanya sekitar 520 sudah termasuk makan dua kali dan mendapatkan jatah laundry 15 kali selama satu bulan. Nah yang istimewa kalau makan harus menggunakan barcode, canggih pesantren ini. Meski sarungan memakai barcode. Sudah tidak zaman memakai kartu. 

Kalau Anda ingin makan nambah, agar tiga kali, bisa beli. Makanan di Sidogiri termasuk yang cukup murah. Oleh sebab itu uang saku satu bulan cukup sekitar 600 ribu rupiah. Murah sekali.

Selain itu ada uang ianah pendidikan satu tahun 1.200.000. 

Murahnya biaya pesantren karena memang secara ekonomi sangat mapan. Pesantren ini memiliki banyak muhsinin, lembaga amil zakat, lembaga usaha, yang semuanya untuk subsidi kegiatan santri. Oleh sebab itu murah tapi kualitas dan layanan bagus. 

Inilah 7 kelebihan pesantren Sidogiri sebagai informasi bagi Anda yang menginginkan anaknya atau keluarganya masuk ke pesantren ini.  Informasi lengkap pendaftaran santri Sidogiri bisa didapatkan di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *