7 Pesantren terbaik di Tangerang | Akreditasi A Murah

Posted by

Pesantren terbaik di Tangerang | Tangerang dikenal sebagai kota seribu industri. Memang banyak sekali industri yang berdiri di wilayah Tangerang. Namun siapa sangka di wilayah luas ini banyak pesantren terbaik selain SD Islam terbaik.

Pesantren yang ada tidak hanya pesantren modern, tapi juga pesantren tradisional, pesantren tahfidz Quran, bahkan ada pesantren anak-anak yatim. Oleh sebab itu kami berusaha merangkai berdasarkan review, rating google, dan aspek lainnya di internet. Nomor bukanlah ranking. Semoga memudahkan pencari informasi lembaga pendidikan. 

Darul Hasan Cipondoh

Ini adalah pesantren terbaik di Tangerang pertama yang kami ulas. Letaknya di Jalan Irigasi Sipon No.1 Rt. 01/01 Kel., RT.007/RW.004, Cipondoh Makmur, Kec. Tangerang. Pesantren ini cukup besar dan terkenal di wilayah Tangerang.

Kelebihan dari pesantren ini di antaranya adalah pendidikan formal yang tersedia di pesantren. Baik MTS atau Madrasah Aliyah sudah terakreditasi A. Tentu hal ini menjadi daya tarik. Artinya pendidikan umumnya bagus.

Pesantren ini juga memiliki wilayah yang cukup luas dan wow. Di informasi website resminya 2120 meter persegi. Berdiri pada tahun 1998, tentu pesantren ini cukup mapan dalam mendidik santri-santrinya. Model pendidikannya pesantren modern. Ada tahfidz Quran 5 juz pertahun, plus bahasa arab dan inggris aktif sebagai alat komunikasi. 

Untuk biaya masuknya cukup lumayan, pendaftaran butuh 320 ribu rupiah. Nanti kalau masuk mendaftar sekitar 16 juta rupiah. Tapi belum termasuk kasur buku seragam. Total sekitar 23 jutaan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Babussalam Karawaci

Satu lagi pesantren bagus di Tangerang yaitu Babussalam yang beralamat di Jl. Merdeka Gg. Pesantren I No.47, RT.002/RW.003, Pabuaran, Kec. Karawaci. Pesantren ini memiliki identitas yang cukup lengkap.

Pertama, ada pendidikan formal dengan jenjang setara SMP dan SMA. Kedua, dalam aspek agama, pesantren ini bisa dikatakan merujuk pada model kajian kitab-kitab kuning. Sehingga ada nuansa tradisional.

Tapi salah satu kelebihannya adalah penggunaan bahasa arab dan inggris dalam komunikasi harian, hanya butuh waktu enam bulan untuk membiasakan. Serta organisasi yang tertata rapi. Sehingga patut menjadi salah satu pesantren terbaik di Tangerang. 

Pesantren Modern Salaf Darul Muttaqien

Satu lagi pesantren unggulan di Tangerang adalah Darul Muttaqien. Pesantren ini memiliki dua kampus. Pertama di Jl. Raya Cadas – Kukun No.KM 7 No 24, Karet, Kec. Sepatan. Kedua di Jl. Raya Cadas – Kukun, Pangadegan, Kec. Ps. Kemis.  

Ada satu identitas yang kuat dari pesantren ini. Selain pendidikan formal, pendidikan pesantrennya lebih kental kepada aspek salafiyah, yaitu kajian kitab kuning seperti fathul mu’in, fathul qarib, dll di pagi hari. 

Nanti pada waktu siangnya khusus nahwu seperti imriti, jurumiyah dan alfiyah. Identitas ini biasanya di Jawa Tengah dan Timur, tapi di Tangerang diwakili oleh Darul Muttaqien. Sedangkan di waktu malam selepas isya digunakan untuk pembelajaran bahasa aktif.

Pesantren dengan gedung cukup representatif, dan kawasan yang luas ini membutuhkan biaya masuk sebesar 9 juta rupiah. Masih rasional. Sedangkan untuk bulanannya sebesar 600 ribuan.

Pesantren Salafiyah Darussalam

Satu lagi pesantren terbaik di Tangerang adalah pesantren Darussalam. Pesantren ini memiliki alamat di Poris Jaya Batu Ceper Kota Tangerang. Bisa dikatakan ini merupakan salah satu pesantren salafiyah terbaik di Tangerang.

Jika pesantren sebelum-sebelumnya lebih menekankan pendidikan formalnya, di pesantren ini justru yang ditekankan pendidikan keislamannya. Bentuknya mirip seperti kelas salafiyah yaitu Ula, Wustha, dan Ulya. Namun di pesantren ini dibagi tiga marhalah, ula, tsaniyah, dan tsalisah. 

Artinya tingkat satu, tingkat dua, dan tingkat tiga. Namun bentuknya bukan sorogan dan bandongan, tapi sudah bentuk klasikal semacam pesantren Sidogiri. Di jadwalnya pendidikan ini diajarkan pagi hingga siang. Baru selepas dhuhur pendidikan formal kegiatan belajar mengajar. 

Untuk biaya pesantren tergolong murah. Hanya 2.5 juta, di kota Tangerang biaya demikian tentu tidak banyak. Sedangkan bulanannya sekitar 600 ribuan. Informasi lengkap bisa kunjungi website resmi di sini.

Pesantren Asshiddiqiyah 

Berdiri pada tahun 1985, cukup matang di usianya yang sudah menginjak seperempat abad. Pesantren ini berpusat di Jakarta, di Tangerang merupakan salah satu cabangnya. 

Ada tiga identitas utama, yaitu pendidikan formal di jenjang Tsanawiyah, SMA, SMP dan SMK. Di pusatnya yang Jakarta, semuanya memiliki akreditasi A. Identitas kedua adalah madrasah diniyah. Yaitu tempat pembelajaran keisalaman dengan kurikulum ngaji kitab berdasarkan tingkatan tertentu.

Nah identitas lain yang istimewa adalah tahfidz Quran. Kalau di website resmi disebutkan, untuk tahfidz Quran khusus di Tangerang. Maka ada program putra tahfidz, putri tahfidz, juga sebaliknya, putra non tahfidz dan putri non tahfidz.

Untuk biaya sekitar 9 juta rupiah. Sedangkan bulanan sekitar 1.2 juta rupiah. Alamatnya di Jalan Garuda No. 32 Batujaya Batuceper. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini

Pesantren Tahfidz Quran Al Aminiyah

Satu lagi pesantren terbaik di Tangerang yaitu Al Aminiyah. Pesantren ini memiliki fokus pada tahfidz Quran. Maka pesantren ini kami jadikan rujukan salah satu pesantren tahfidz Quran terbaik di Tangerang. 

Alamatnya di Sudimara Pinang, Pinang, Kota Tangerang, Pesantren ini memiliki dua program utama, yaitu reguler tahfidz Quran 30 juz yang ditempuh selama 2-3 tahun. Cukup cepat. Ini untuk lulusan SD dengan syarat nilai rata-rata 8.

Sedangkan yang kedua adalah Al Aminiyah, yaitu program pesantren yang ditempuh dalam jangka waktu 6-7 tahun. Namun minimal lulusan SMP dan sudah memiliki hafalan setidaknya dua juz. Semuanya harus tinggal di pesantren. 

Hebatnya lagi pesantren ini tertulis di websitenya gratis asalkan lulus seleksi. Oleh sebab itu kami sarankan Anda ikut serta berdonasi. Website resminya di sini.

Pesantren Attahiyah Cipondoh

Pesantren terbaik di Tangerang selanjutnya adalah attahiyah yang beralamat di jl. KH Ahmad Dahlan Cantiga Kel. Petir Kecamatan Cipondoh. Cipondoh. Identitas pesantren ini adalah pembelajaran kitab kuning. Seperti untuk ilmu alat belajar Nahwu Wadih, Jurumiyah, Imrity, dll.

Metode sorogan dan wetonan juga digunakan di pesantren ini. Pagi belajar formal, sore hari masuk diniyah. Satu kamar terdiri sekitar 30 anak, begitu juga dengan kelas. Untuk tahfidz Quran tersedia di ektrakulikulernya.

Ada dua program di pesantren ini, yaitu reguler, yang mana santri dari lulus SD akan menempuh pendidikan selama 3 tahun di Tsanawiyah (akreditasi A). Namun jika ingin masuk Aliyah akan disediakan program khusus untuk persiapan. Terutama dalam bahasa.

Untuk biaya masuk di pesantren ini sekitar 5.5 juta dengan SPP bulanan sekitar 700 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren terbaik di Tangerang Bagus

Inilah beberapa pesantren terbaik di Tangerang. Apabila ada kekeliruan informasi mohon bisa cantumkan di kolom komentar. Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986 at gmail.com

Semoga informasi tentang pesantren modern, pesantren tahfidz Quran, pesantren tradisional, bahkan pesantren NU di Tangerang bisa bermanfaat. Mohon diusulkan satu pesantren terbaik lainnya di komentar. 

pesantren terbaik di tangerang
ilustrasi pesantren darul hikam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *