Pesantren Sukamanah Tasikmalaya | Biaya Ponpes KH. Zainal Musthafa

Posted by

Pesantren Sukamanah Tasikmalaya atau yang terkenal dengan Pondok Pesantren KH. Zainal Musthafa adalah salah satu pondok pesantren legendaris yang ada di Jawa Barat. Oleh sebab itu sangat banyak yang mencarinya. 

Bahkan pesantren ini sudah berdiri sejak tahun 1927. Artinya usia pesantren ini hampir mendekati 100 tahun, mirip dengan berdirinya Gontor di 1926. Lantas, bagaimana pesantren ini mampu bertahan dan terus berjaya sampai saat ini? 

Oleh karena itu kami sangat tertarik untuk mengulas segala hal yang ada di pesantren Sukamanah Tasikmalaya ini. Kami merangkum segala informasi yang ada mulai dari website resmi, video youtube, hingga artikel terpercaya lainnya khusus untuk Anda. 

Sejarah Pesantren KH. Zainal Musthafa Sukamanah

Pesantren Sukamanah Tasikmalaya dirintis dan dibangun oleh almarhum KH. Zainal Musthafa di atas tanah wakaf untuk rumah dan masjid dari seorang janda dermawan yang bernama almaghfurlah Hj. Siti Juariah. 

pesantren sukamanah Tasikmalaya

Nama awal pesantren “Sukamanah” sendiri diambil dari nama kampung pesantren tersebut dibangun. Identitas pesantren ini adalah pesantren salafiyah. Yang tentu kajian kitab kuning mendalam dan segala ritual ibadahnya masih lestari hingga hari ini. 

Uniknya meskipun lokasi pesantren ini berada di daerah padat penduduk, sama sekali tidak mempengaruhi ribuan santri yang mengaji dan berkhidmat di Pondok Pesantren Sukamanah Tasikmalaya ini. 

Identitas Pendidikan Pesantren

Visi misi pesantren adalah berpegang teguh untuk melahirkan generasi pribadi muslim yang berakhlakul karimah dan juga ilmiah dengan landasan aqidah ahlussunnah wal jama’ah. 

Karena itu identitas pendidikan pesantren ini adalah mengaji kitab-kitab kuning klasik dan pendalaman ilmu-ilmu agama syar’i. Singkatnya, fokus para santri dan santriwati pesantren adalah berjuang, menegakkan agama Islam, dan menuntut ilmu lewat kajian kitab. 

Akan tetapi santri tidak asal mengaji saja, melainkan terlebih dahulu dibagi menjadi marhalah atau kelas mengaji sesuai dengan tingkatan kemampuan masing-masing santri. Seperti model pesantren Lirboyo dan Sidogiri

Mulai dari kelas tahmidiyah, ibtidaiyah, mutawashitah, hingga tingkatan tertinggi yakni marhalah mutaqoddimah. Menurut kami Pesantren Sukamanah Tasikmalaya cocok bagi yang ingin mempelajari Islam dengan mendalam.

PanduanTerbaik.id

Pondok Pesantren KH. Zainal Musthafa 

Fakta menarik yang kami temukan adalah Pondok Pesantren KH. Zainal Musthafa Sukamanah merupakan pesantren yang mempunyai andil dalam kemerdekaan Indonesia lho. 

Mengapa? Hal tersebut disebabkan karena 86 santri yang dipimpin oleh kyai Pondok Pesantren KH. Zainal Musthafa Sukamanah gugur ketika memerangi para penjajah Jepang. 

Karena tragedi 25 Februari 1944 itulah, KH. Zainal Musthafa dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh presiden Indonesia. 

Namun, dibalik perjuangan pesantren, kyai, dan para santri, sebenarnya ada pesan di mana estafet perjuangan mensyiarkan agama dan membela negara menjadi prioritas utama dan pesantren menjadi gerbang paling depan.

Sarana dan Prasarana Pesantren Sukamanah 

Untuk mendukung kegiatan santri dan juga warga pesantren, Pondok Pesantren KH. Zainal Musthafa Sukamanah menyediakan sarana dan prasarana yang representatif. 

Terdiri dari 70 kamar asrama, masing-masing 34 kamar santri putra (Al-Munba Sumber) dan 36 kamar santriwati putri (Al-Muna Harapan). Ini pesantren yang memiliki kamar cukup banyak. 

Bangunannya juga sudah modern, dan tidak nampak sama sekali jika pesantren sudah berumur. Apalagi masjidnya, luas, besar, dengan pilar-pilar kokoh menopang bangunan masjid. 

Kamar Santri Pesantren Tasikmalaya 

Sedangkan tempat istirahat atau kamar santri tergolong standar sebagaimana kamar santri pada umumnya. Tiap kamar diisi 10-15 santri dan dilengkapi dengan lemari setinggi leher orang dewasa dan juga ada lemari buku khusus yang ditempatkan di atas lemari. 

Tanpa ranjang, santri biasa menggelar kasur diatas karpet kamar. Sambil menikmati pemandangan yang ada di langit-langit kamar. Sederhana namun sangat membekas dalam ingatan. Jadi santri belajar untuk bersosialisasi.

Pendaftaran Pesantren 2021 

Berdasarkan informasi yang telah kami himpun, Pondok Pesantren KH. Zainal Musthafa membuka penerimaan santri baru hanya lewat jalur online. Terutama karena pandemi covid.

Bapak / Ibu bisa mengisi formulir registrasi yang bisa diakses pada website resmi pondok. Dan juga calon santri baru harus mengisi surat pernyataan dan juga perjanjian selama mondok di pesantren ini. 

Selain itu ada persyaratan khusus, seperti santri tidak diperkenankan pulang ke rumah selama satu semester awal, juga santri wajib mengikuti taujihat dan klasifikasi marhalah pengajian santri baru. 

Persyaratan lainnya bisa dicek pada website informasi penerimaan santri baru Pondok Pesantren Sukamanah Tasikmalaya. 

Biaya Masuk Santri Baru Sukamanah 

Nah untuk biaya masuk santri baru di pesantren Sukamanah Tasikmalaya Anda cukup mengocek sekitar 2.4 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi santri dan biaya pendaftaran pesantren. 

Dengan rincian sebagai berikut :

  • Seragam pesantren Rp100.000 ribu
  • Dewan operasional santri Rp110.000 ribu
  • Infaq pendidikan dan perpustakaan Rp25.000 ribu
  • Kas asrama Rp5.000 ribu
  • Iuran bulan pertama masuk Rp50.000 ribu
  • Materai Rp10.000 ribu, dan
  • Infaq wajib pesantren Rp800.000 ribu

Menurut kami, biaya masuk pesantren ini tergolong murah. Tidak banyak pondok pesantren yang masih bertahan dengan biaya terjangkau seperti Pondok Pesantren KH. Zainal Musthafa Sukamanah. 

Jika ingin alternatif pesantren lain di Tasikmalaya bisa kunjungi ulasan kami tentang 7 pesantren terbaik di Tasikmalaya. Kami juga sudah sediakan dengan biaya agar menjadi pertimbangan. 

Alamat Lengkap Pesantren KH. Zainal Musthafa  

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pesantren Sukamanah Tasikmalaya bisa datang langsung ke Jl. Makam Pahlawan Nasional KH. Z. Musthafa Sukamanah, Desa Sukarapih RT 013 RW 003 Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Kode Pos 47461 

Pertanyaan lebih lanjut mengenai informasi pondok dan pendaftaran bisa menghubungi bagian sekretariat di nomor telepon 0265 542 402 atau email ke info@pstkhzmusthafa.or.id. Adapun untuk info lebih lengkap dan valid bisa kunjungi website resmi di sini www.pstkhzmusthafa.or.id  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *