7 Pesantren Terbaik di Tasikmalaya

Posted by

Tasikmalaya akrab dengan gelar-gelar kota kehormatan. Seperti kota santri, kota islam, juga tidak lupa kota pesantren. Kota ini memang sangat banyak dibanjiri pesantren. Mungkin pastinya ribuan. Oleh sebab itu sangat banyak pesantren terbaik di Tasikmalaya.

Tulisan kali ini akan membahas beberapa pesantren terbaik di Tasikmalaya versi panduan terbaik. Yang kami tulis bukan berarti paling baik, namun hanya berdasarkan penelitian tim kami, juga review di internet, dan rating yang diberikan oleh banyak pengunjung ke beberapa pesantren tersebut. Berikut beberapa pesantren terbaik di Tasikmalaya.

Pesantren Riyadhul Ulum wa Dakwah

Pesantren ini dikenal dengan nama pesantren Condong. Sesuai dengan tradisi, nama daerah dari pesantren tersebut lebih terkenal dari nama pesantrennya. Pesantren ini berdiri pada tahun 1864. Usia demikian tergolong cukup tua dan mapan bagi pesantren di Tasikmalaya, bahkan pesantren di Indonesia.

Pesantren ini basisnya adalah kajian kitab kuning. Namanya saja Riyadhul Ulum wa Dakwah, tempat bersemayamnya ilmu-ilmu dan pengembangan dakwah. Oleh sebab itu pesantren ini memiliki basis pendidikan klasik.

Kelebihan dari pesantren Riyadhul Ulum wa dakwah, atau condong ini adalah pendidikannya kini sudah lengkap, dari jenjang SMP, SMA bahkan perguruan tinggi. Untuk wilayah kota Tasikmalaya, pesantren ini sering mendapatkan prestasi, infonya di sini.

Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Tasikmalaya.  Untuk wilayah Tasikmalaya, biaya masuknya memang tergolong mahal di Tasikmalaya, 6-7 juta rupiah.

Pesantren Cipasung

Pesantren Cipasung adalah satu satu pesantren terbesar di Tasikmalaya. Berdiri pada tahun 1931, pesantren ini kini memiliki lahan kira-kira seluas 10 hektar. Tentu sangat luas. bandingkan dengan Gontor yang hanya 6-7 hektar di Ponorogo.

Pesantren Cipasung Tasikmalaya memiliki kelebihan pada aspek pendidikan yang sangat lengkap. Bayangkan pesantren ini memiliki sekitar 14 jenjang pendidikan, dari TK hingga perguruan tinggi. Oleh sebab itu bisa dikatakan Pesantren Cipasung adalah yang paling lengkap.

Pesantren ini modelnya seperti Sidogiri. Hampir menyatu dengan lingkungan masyarakat desa. Sehingga keluar masuk bersliweran orang desa menjadi hal biasa. Namun jangan berharap mudah menemukan santri putri, ada wilayah khusus.

Kabar gembiranya dari pesantren Cipasung adalah, biayanya yang jauh lebih terjangkau dibanding beberapa pesantren di Tasikmalaya. Biayanya sekitar 2 jutaan untuk pendaftaran masuk. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Tasikmalaya.

Pesantren Sukahideng

Pesantren ini berdiri sebelum masa kemerdekaan, tepatnya 1922. Pesantren ini juga bisa dikatakan merupakan pesantren terbesar di Tasikmalaya. Santrinya saat ini mencapai 2300-an. Pesantren ini memiliki pola seperti pesantren klasik pada umumnya. Pondok menyediakan pendidikan agama, sedangkan sekolah formal di SMP dan SMA.

Yang bagus dari pesantren Sukahideng Tasikmalaya adalah marhalah atua jenjang pendidikan agama di pesantren ini. Jenjangnya jelas, dengan kurikulum target pendidikan agama yang jelas pula. Inilah yang menurut tim panduan terbaik patut menjadi rujukan pendidikan pesantren.

Ada tujuh jenjang pendidikan, marhalah, dari Tamhidiyah sampai Mutaqaddimah. Contoh untuk Tamhidiyah tagetnya adalah Juz Amma, 101 hadist dan tajwid. Jika sudah mencapai Mutaqaddimah maka akan belajar Tafsir Jalalain, Riyadhus Salihin, Jauhar Al Maknun, Fathul Mu’in, dan lain sebagainya. Menurut kami ini merupakan pola pendidikan klasik yang jelas.

Untuk pendidikan formalnya standard, dari SMP SMA, hingga SMK. Untuk satu tahun ajaran, santri barunya berjumlah 600-an. Cukup banyak kan. Oleh sebab itu pesantren Sukahideng tidak sebatas pesantren terbaik di Tasikmalaya, tapi juga sering disebut sebagai pesantren terbesar di Tasikmalaya.

pesantren terbaik di Tasikmalaya

Pesantren Miftahul Huda

Pesantren Miftahul Huda tergolong pesantren muda jika dibandingkan dengan pesantren-pesantren sebelumnya. Berdiri pada tahun 1967, pesantren ini tumbuh cepat di Tasikmalaya. Bahkan pernah berpindah karena kapasitasnya yang tidak cukup menampung santri.

Hingga saat ini santri di pesantren Miftahul Huda mencapai 3000-an. Dari informasi yang beredar, pesantren ini juga memiliki banyak cabang.

Yang istimewa dari pesantren Miftahul Huda adalah ketokohan dari pimpinan pesantren tersebut. Yaitu KH. Choer Affandi. Kyai yang sudah wafat tersebut sangat karismatik dan dikenal luas di kalangan masyarakat Tasikmalaya. Bahkan penerusnya pun demikian. Oleh sebab itu nama pondoknya pun semakin disanjung.

Jika dari sistem pendidikan, pesantren ini lebih fokus pada mencetak ulama. Bisa dilihat dari tiga program pesantren yaitu ulama yang mampu mengamalkan ilmunya, kedua memimpin umat untuk bertaqwa, ketiga manusia yang bertahan dalam ketaqwaan. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Tasikmalaya.  

Pesantren Islahul Ummah

Pesantren terbaik di Tasikmalaya selanjutnya dalah Islahul Ummah. Pesantren ini jika merujuk pada usia masih sangat muda. Namun kami masukkan ke dalam pesantren terbaik karena aspek spesialisasi yang dimiliki oleh pesantren Islahul Ummah.

Pesantren ini fokus pada pendidikan santri putri. Maka targetnya adalah mencetak muslimah yang sholehah. Bagi kami hal ini sangat fokus. Bagus. Tidak lupa pendidikannya yang fokus pada tiga aspek, Tahfidz, Bahasa, dan Wirausaha.

Bisa dikatakan pesantren ini adalah pondok pesantren putri tahfidz Quran. Sederhananya jika ingin mencari pesantren tahfidz Quran khusus putri di Tasikmalaya, Islahul ummah bisa menjadi pilihan. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Tasikmalaya.

Pesantren Bahrul Ulum

Pesantren Bahrul Ulum tergolong pesantren tua di Tasikmalaya. Berdiri pada tahun 1920, pesantren ini menancapkan dakwahnya dengan pola pendidikan khas pesantren klasik. Metode pembelajarannya adalah mengaji kitab kuning.

Bukan berarti tidak ada pendidikan formal. Di pesantren ini pendidikan formal disediakan. Namun sore dan malam mengaji di diniyah. Maka santrinya ada dua model, mukim, model lainnya adalah yang tinggal di rumah, santri kalong.

Sehingga di setiap Ramadhan juga mengadakan pengajian pasaran. Yaitu kajian kitab oleh ustadz yang dihadiri banyak santri dari segala penjuru dengan durasi waktu tertentu.

Yang menarik adalah, pesantren ini sering dikunjungi pejabat, meskipun dari santrinya tidak terlalu banyak dibandingkan dengan pesantren-pesantren sebelumnya. Jika mencari informasi tentang pesantren Bahrul Ulum Tasikmalaya, maka akan ditemukan informasi beberapa pejabat daerah yang menghadiri pesantren tersebut.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Tasikmalaya versi panduan terbaik. Bisa dijadikan rujukan, atau hanya sebatas menjadi bahan pertimbangan. Informasi dan perbaikan tentang konten ini bisa dicantumkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *