pesantren terbaik di Ngawi

Pondok Pesantren Putri Terbaik di Jawa | Biaya Murah dan Mahal

Posted by

Pondok pesantren putri terbaik di Jawa yang kami tulis memiliki kriteria pesantren khusus untuk putri baik tahfidz, modern, salaf, atau pun dengan manhaj lebih condong ke ormas tertentu di wilayah pulau Jawa.

Pondok pesantren yang kami anggap terbaik karena memiliki ciri khas, keunikan, dan tentu saja keistimewaan yang tidak dimiliki oleh yang lain. Bagi kami, salah satu syarat masuk terbaik adalah khusus untuk putri saja. Berikut pondok pesantren putri terbaik di Jawa.

Pondok Pesantren Gontor Putri

Pondok Gontor Putri terletak di Mantingan Ngawi. Gontor Putri lahir di awal tahun 1990-an, di mana saat itu pesantren Gontor Putra sedang berada di awal kemasyhuran.

Pondok Gontor Putri terletak cukup jauh dari kampus Gontor Putra, sekitar 3 jam dari Ponorogo. Alamatnya di Jl. Nasional 15, Kedungmiri, Sambirejo, Kec. Mantingan, Kabupaten Ngawi.

pesantren putri terbaik

Gontor memiliki sistem modern dengan pola pendidikan sistem Kulliyatul Muallimin Al Islamiyah. Hebatnya Gontor adalah mampu melahirkan santriwati dengan karir yang sungguh beragam di semua bidang.

Namun menurut saya yang istimewa, rata-rata santriwati Gontor menjadi istri-istri orang-orang penting, seperti calon pimpinan pondok pesantren. Dan rela mendampingi karir suami sehingga memiliki jiwa kemandirian yang begitu tinggi. Adapun biaya masuknya adalah sebagai berikut. 

Biaya Masuk 2022 Rp6.441.500
SPP Bulanan Rp730.000

Ponpes Hikamul Quran Mojokerto

Pondok Pesantren Hikamul Quran terletak di wilayah Mojokerto. Pesantren ini khusus tahfidz . Terletak lima belas menit dari terminal Mojokerto, yaitu Puri. Pesantren khusus Putri ini menyuguhkan kombinasi antara fasilitas dan tahfidz 30 juz.

Durasi menghafal rata-rata empat tahun. Plus bersanad, yang artinya menyambung ke Rasulullah dan memiliki standard tinggi sehingga tidak mementingkan kecepatan.

Jika ingin sekaligus pendidikan formal, tersedia program cambridge dengan jenjang setara SMP dan SMA. Oleh sebab itu kombinasi yang menarik.

Masalah fasilitas, bisa dikatakan pesantren ini melebihi standar yang lainnya. Menggunakan kamar eksklusif dengan ranjang bertingkat, dan memiliki pendingin ruangan.

Adapun biaya masuk tergolong paling mahal. Tapi jika ingin sekadar bertanya tanya bisa menghubungi nomor 0811 3520 100. Akan dilayani dengan baik.

Pondok Modern Darur Ridwan Banyuwangi

Pendidikan di Pesantren khusus putri Darur Ridwan Banyuwangi terbagi menjadi double program, yang pertama adalah sistem pendidikan berbasis kurikulum KMI Gontor (kulliyatul mu’allimat al islamiyah) sebagai program wajib.

Yang kedua adalah pendidikan berbasis kurikulum kementrian agama (Kemenag) yang terdiri dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) sebagai program pilihan.

Secara fasilitas menurut kami standard. Mulai dari asrama, kelas, kamar mandi yang cukup, hingga ruang terbuka untuk sarana bermain. Kiblatnya memang seperti Gontor Ponorogo.

Alamatnya di Desa, Krajan Kulon, Parangharjo, Kec. Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Untuk biaya di tahun 2022-2023 sebesar 4.4 juta. Info lengkap pendaftaran dan spp bulanan di sini.

Pondok Pesantren Al Mawaddah

Al Mawaddah secara sistem sangat mirip dengan pondok Gontor Putri, karena pendirinya juga sama, salah satu pendiri Gontor, adalah pendiri pesantren putri al Mawaddah.

Namun yang istimewa, Al Mawaddah adalah pesantren yang tidak memiliki pendidikan untuk putra, hanya putri saja. Sehingga namanya saja sudah berbau unsur wanita, “Mawaddah”.

Oleh sebab itu dari unsur pendidikan, dalam penilaian kami salah satu yang ditekankan adalah aspek kewanitaan. Kelembutan, santun tutur kata, dan menjadi ibu yang baik bagi calon anak-anak. Lingkungannya pun sangat kondusif karena mayoritas guru juga perempuan.

Tapi jangan berharap aspek lain seperti tahfidz, atau aspek prestasi di pendidikan umum. Al Mawaddah tidak menganut hal itu. Yang dicita-citakan adalah menjadi wanita yang baik dengan kurikulum yang sudah disediakan.

Menurut kami sudah selayaknya Al Mawaddah masuk di Pesantren putri terbaik di pulau Jawa. Alamatnya di Jl. Mangga No.5, Ngrayut, Coper, Kec. Sambit, Kabupaten Ponorogo.

Biaya Masuk 2023-2024Rp5.720.000

Pesantren Putri Aris Kendal Murah

Jika Anda ingin mencari pondok pesantren putri khusus mengaji kitab kuning, dan mendalaminya, maka Ponpes Putri Aris Kendal adalah jawabannya. Alamatnya di Sibaru, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.

Pondok pesantren ini memiliki ciri khas program diniyyah berjenjang. Dari Isti’dadiyah, Tsanawiyah, Aliyah, bahkan tersedia untuk program tahfidz Quran. Jadi sudah lengkap.

Meskipun tidak ada pendidikan formal, namun ada program pendidikan kesetaraan tingkat wustho atau paket B. Sehingga akan mendapatkan ijazah. Bagi yang ingin masuk, kalendernya menggunakan hijriyah, yaitu Syawwal.

Adapun biayanya tergolong paling murah. Untuk total masuk hanya Rp525.000. Ini di tahun 2022-2023 M. Lebih lengkap untuk detil biaya dan program bisa kunjungi link ini.

Muallimat Walisongo Jombang

Pesantren walisongo adalah pesantren putri di Jombang bertetangga dengan Tebu Ireng. Pesantren ini memang khusus untuk putri saja. Dalam sudut pandang kami, menjadi salah satu yang terbaik karena pola pendidikan salaf yang masih ada, dengan penekanan kepada unsur Al Quran dan hadist.

Oleh sebab itu jika ke pondok ini ada beberapa unit pendidikan. Seperti madrasah diniyah, Madrasah Dirasah Al Quran, Madrasah Hafidz Quran, dan Syubhat Lughah al Arabiyah atau kursus bahasa arab.

Di sini ada yang wajib dan ada yang sunnah. Yang wajib adalah madrasah diniyah dengan tujuan mampu memahami dan membaca kitab klasik. Dirasat Quran atau studi Quran juga wajib untuk semua santri mengingat pondok ini fokus dalam studi al Quran. Adapun yang lainnya hanya yang menginginkan saja.

Alamatnya di Jl. Kediri No.2, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang. Lebih lengkap informasinya di link ini.

Biaya MasukRp2.900.000
Makan dan SPPRp650.000 (2023-2024)

Pesantren Al Kenaniyah Pulo Gadung

Jika Anda berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya, maka kami akan merekomendasikan pesantren terbaik khusus putri adalah Al Kenaniyah Pulo Gadung. Pondok ini berdiri sejak tahun 1944 M. Tergolong pesantren tua.

Meskipun berada di kota, namun Ponpes Al Kenaniyah menggunakan sistem modern tapi tetap berpegang pada tradisi salaf, yaitu sistem bandongan dan sorogan. Baca kitab kuning adalah tradisi yang tetap dipertahankan.

Berikutnya adalah unsur tahfidz Quran. Di sini tidak hanya memperbaiki bacaan, tapi juga menghafal. Nah yang menarik adalah, siswa putri yang diterima hanya 30.

Alamat lengkap di Jl. Pulo Nangka Bar. No.1, RT.9/RW.16, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.

Adapun jenjang formalnya adalah MTs dan MA. Jika ingin masuk pondok di Jakarta ini, maka siap-siap biaya sekitar 9 jutaan. Karena di tahun 2019 untuk tingkat MTs Rp7.785.000, dan tingkat MA adalah Rp8.045.000. Lebih lengkap infonya di sini.

Ponpes Ishlahul Ummah Tasikmalaya

Jika Anda berada di Jawa Barat, maka pesantren Ishlahul Ummah Tasikmalaya adalah salah satu pilihannya. Alamat lengkapnya di Jalan Cieunteung Blok Meubel Sakura No. 80 RT 05 RW 04, Argasari, Kecamatan Cihideung, Kabupaten Tasikmalaya.

Di sini tersedia pendidikan formal SMP akreditasi A dan SMA akreditasi B. Keunggulannya adalah tahfidz Quran, plus ada program IT. Adapun untuk pelajaran Islam tersedia Aqidah, Tafsir, Ulumur Quran, Hadist, Bahasa Arab, dan lain sebagainya.

Nah sisi menarik dari pesantren khusus putri ini adalah pendampingan keputrian yang intensif. Seperti kursus tata busana, tata boga, menjadi wanita sholehah, semua diajarkan dengan baik. Plus ini Tasikmalaya dengan keindahan alam, suasana, dan cuaca.

Untuk biaya di tahun 2022-2023 adalah sebesar Rp12.300.000. Sedangkan untuk bulanannya bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi dengan lengkap dan detil, termasuk fasilitas yang ada di dalamnya.

Pesantren Wahid Hasyim Bangil

Pesantren Wahid Hasyim Bangil merupakan salah satu pondok pesantren berasaskan ahlus sunnah wal jama’ah. Atau lebih mudahnya ini adalah salah satu pondok NU. Alamatnya di Sukalipuro, Dermo, Kec. Bangil, Pasuruan.

Adapun pendidikan di dalamnya terbagi ke dalam dua bagian. Pertama formal dengan jenjang MTs dan MA. Keduanya sudah terakreditasi A, atau sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kedua adalah pendidikan non formal. Yaitu Madrasah Diniyyah di mana mendalami Islam dengan cukup baik melalui kitab kuning. Namun di pesantren ini lebih khusus ke Al Quran.

Adapun fasilitasnya cukup memadai seperti one gate system, kamar yang cukup asri. Tata ruang terbuka model taman, ada ruang TV, ada cctv, pas satpam, ruang kelas sudah menggunakan LCD proyektor. Lapangan.

Sedangkan untuk biaya masuk di tahun 2021 sekitar 2.5 jutaan. Menurut kami biaya sebesar ini tergolong menengah untuk wilayah Pasuruan dan sekitarnya. Info lengkap SPP dan bulanan di link ini.

Boarding School Darul Marhamah Bogor

IGBS Darul Marhamah, yaitu singkatan dari Islamic Girls Boarding School. Cukup terkenal, sudah sejak 1994 berdiri, perkembangannya cukup pesat.

Kata kunci di pesantren ini adalah pendidikan Islam berlandaskan Al Quran dan Sunnah. Alamatnya di Jalan Desa Jatisari Kubang, Kecamatan Cileungsi, Bogor.

Untuk pendidikan formalnya terdiri dari jenjang MTs, dan juga MA. Atau seperti SMP dan SMA, namun demikian kurikulumnya disamping pelajaran formal, juga ada materi agama.

Materi kedua adalah kepesantrenan, yaitu ada tahfidz Quran, di mana setiap santri kalau yang reguler memiliki target hafalan hingga 5 juz, sedangkan yang khusus untuk hafalan Quran memiliki target tiga puluh juz.

Keunggulan Pesantren Darul Marhamah Bogor berikutnya adalah aspek ekstrkurikulernya. Seperti Desain grafis, ada lagi science club.

Biayanya mencapai hampir 30 juta rupiah. Informasi lengkap dari biaya dan pendaftaran bisa kunjungi link ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *