Pesantren Imam Bukhori Solo | Aliran Pendidikan dan Biaya

Posted by

Pesantren Imam Bukhori Solo atau yang biasa disingkat PPIB merupakan pesantren yang istimewa, karena terkenal dengan santri dan santriwatinya yang memiliki hafalan qur’an yang kuat. 

Seperti apa profil Pondok Pesantren Imam Bukhori Karanganyar? Simak selengkapnya berikut ini yang kami himpun dari beragam sumber di internet agar menjadi rangkuman informasi yang bermanfaat.

Profil Pesantren Imam Bukhori Karanganyar

Pondok pesantren dengan luas lebih dari 4.5 hektar ini didirikan sejak tanggal 6 Juni 1994 dan dinaungi oleh Yayasan Lajnah Istiqomah. 

Sebelum menjadi pondok pesantren dengan jumlah santri dan santriwati lebih dari 2000 jiwa, pesantre Imam Bukhori Solo berawal dari lembaga pendidikan yang menyelenggarakan madrasah ibtidaiyah (non asrama). 

pesantren imam bukhori solo

Pondok ini ikonik karena memiliki masjid jami’ yang mewah berbentuk kotak dan jika dilihat dari atas seperti Al-Quran yang terbuka. Oleh sebab itu memiliki daya tarik yang cukup istimewa. 

Aliran Pesantren Imam Bukhori

Jika ingin melihat aliran pesantren Imam Bukhori Solo, maka kita bisa melihat sekilas dari pendidikan yang diajarkan. Terutama jika melihat aliran pendidikan di pondok pesantren tersebut yang terdiri dari beberapa bagian. 

Tahfidz qur’an – program unggulan pertama adalah tahfidz qur’an. Targetnya para santri dan santriwati di pesantren Imam Bukhori Solo memiliki 10 juz Al-Quran selama masa pendidikan 9 tahun. 

Metode yang digunakan adalah sabak, sabil, dan manzil. Sebuah metode baru di mana santri menyetorkan hafalan barunya maka santri terlebih dahulu wajib mengulang kembali hafalan yang disetor hari sebelumnya. 

Jadi satu halaman yang disetor, maka halaman sebelumnya dimurojaahkan juga pada musyrif. Hal yang sama jika santri ingin menyetor satu juz, maka juz sebelumnya wajib diikutkan dengan juz hari ini. 

Hifdzul hadist – rasanya ada yang kurang jika santri Pesantren Imam Bukhori Solo tidak hafal hadist. Untuk program ini hadist-hadist yang dihafal santri antara lain hadist arbain nawawi, hadist ahkam, dan hadist-hadist pilihan lainnya. 

Bahasa Arab – sebagaimana pondok pesantren lainnya, pembelajaran bahasa arab tidak luput diajarkan di pondok ini. Terutama sebagai landasan membaca kitab. 

Targetnya adalah santri mampu berbahasa arab dengan fasih juga lancar, bisa berkhutbah dengan bahasa arab, mampu menulis arab dengan baik, dan bisa membaca kitab-kitab yang juga berbahasa arab sesuai kaidahnya. 

Oleh sebab itu dengan beragam program ini pesantren Imam Bukhori Solo merupakan salah satu pesantren terbaik di Karanganyar dan diminati banyak masyarakat. 

PanduanTerbaik.id

Unit Pendidikan Pesantren 

Selain itu, pendidikan formal juga tersedia di pondok ini. Ada madrasah mutawasithah (MTW) atau yang sederajat dengan SMP / Mts, madrasah tsanawiyah (setingkat SMA/MA). 

Kemudian ada i’dad lughowi, kelas persiapan bahasa arab selama satu tahun sebelum masuk ke madrasah tsanawiyah (setingkat SMA). 

Para santri nantinya akan mendapatkan dua ijazah, satu dari pondok dan satu ijazah negara. (Santri tetap mengikuti ujian persemaan UN dengan paket A, B, juga C). 

Yang istimewa adalah, ijazah Pondok Pesantren Imam Bukhori Karanganyar sudah diakui oleh Universitas Islam Madinah. Oleh karena itu sudah banyak alumni pondok ini yang diterima di berbagai universitas di timur tengah.

Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren

Pondok pesantren yang berdiri di atas tanah wakaf kaum muslimin ini menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. 

Mulai dari 38 ruang kelas, 43 ruang asrama, perumahan ustadz, dapur umum, hingga kamar mandi bersih. 

Fasilitas penunjang juga sangat lengkap. Di antaranya perpustakaan, laboratorium bahasa dan komputer, klinik kesehatan dan gigi, sarana olahraga dan kesenian, waserba, air minum dari mata air tawangmangu, dan masih banyak lagi. 

Dari cuplikan video youtube dan foto yang ada ada google, bangunan-bangunan yang ada di pondok ini sama sekali tidak menampilkan kesan kumuh. Namun minimalis, bersih, dan tertata rapih. 

Pendaftaran Pesantren 2021

Sistem registrasi peserta didik baru baik untuk jenjang madrasah mutawasithah (MTW) ataupun i’dad lughowi (IL) dilakukan secara online dengan mengisi formulir pada website resmi pondok.

  • Pendaftaran dibuka mulai tanggal 19 September 2020 – 10 Januari 2021. 
  • Tes seleksi mulai tanggal 19 Desember 2020 – 17 Januari 2021 (setiap hari sabtu dan ahad) 

Tes seleksi dilakukan secara one day service dan dikerjakan melalui website. Materi yang diujikan meliputi : 

  1. Membaca Al-Quran dan tes tulis arab
  2. Tes tulis potensi akademik dan pengetahuan agama santri
  3. Wawancara santri baru dan orang tua
  4. Pemeriksaan kesehatan santri

Biaya Masuk Imam Bukhori Solo 

Berikut ini rincian biaya masuk Pondok Pesantren Imam Bukhori yang perlu Anda persiapkan : 

  • Madrasah mutawasithah putra 21.1 juta
  • Madrasah mutawasithah putri 21.1 juta 
  • I’dad lughowi (IL) putra 21.3 juta 
  • I’dad lughowi (IL) putri 21.4 juta

Belum termasuk uang SPP syahriah atau bulanannya yang sekitar 1.7 juta. 

Biaya masuk 21 juta tadi sudah termasuk dana pembangunan, pembebasan tanah, pengembangan pendidikan, perlengkapan santri, seragam 4 stel, biaya eskul dan OSPIM, buku, uang kegiatan akhir semester, hingga biaya pelayanan kesehatan dan perawatan gigi santri. 

Jika ingin pilihan pesantren lain di Solo bisa kunjungi link kami terkait pesantren terbaik di Solo. Kami sudah sajikan disertai biaya untuk menjadi pertimbangan. 

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Alamat lengkap Pondok Pesantren Imam Bukhori Karanganyar di Jl. Solo – Purwodadi KM 8, Sidorejo, Selokaton, Kec. Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57183. 

Informasi selengkapnya hubungi bagian sekretariat pondok di nomor telepon (0271) 858 199. Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resmi Pondok Pesantren Imam Bukhori Karanganyar klik di sini https://bukhari.or.id/ 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *