Pesantren Mutiara Sunnah Palembang | Keunggulan dan Biaya

Posted by

Pesantren Mutiara Sunnah Palembang merupakan salah satu pondok yang melahirkan banyak penghafal Al Qur’an di daerah Palembang. Karena fokus pembelajarannya ada pada ilmu al qur’an dan sunnah.

Maka dari itu kami tertarik untuk merangkum informasi tentang pesantren ini lebih jauh. Di sini kami akan bahas informasi terkait sejarah berdiri, jenjang dan biaya pendidikan di pesantren ini.

Pesantren Mutiara sunnah Palembang

Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Mutiara Sunnah Palembang didirikan pada tanggal 21 April 2015 lalu dan sejalan dengan itu, santrinya mulai bertambah terus hingga sekarang.

Di sini santri dipersiapkan untuk menjadi para penghafal qur’an dan hadits. Adapun model pesantrennya kalau di website kami masuk kategori pesantren sunnah yang memang menanamkan sunnah dalam kehidupan harian.

pesantren mutiara sunnah palembang

Sistem Pendidikan Mutiara Sunnah Palembang            

Pada dasarnya sistem pendidikan di pesantren ini adalah  non formal atau salafiyah. Itu berarti kurukulumnya lebih menekankan kepada ilmu-ilmu al qur’an dan dirosah islamiyah.

Namun dipadukan juga dengan ilmu modern agar santri tidak hanya mampu menghafal tapi siap menghadapi tantangan di zaman yang terus berkembang ini.

Di pesantren Mutiara Sunnah Palembang tersedia beberapa jenjang pendidikan. Ada jenjang Raudhatul Athfal atau setara dengan TK, Salafiyah Ula atau setara SD, Salafiyah Wustha yang dikhususkan untuk santri putri, dan Salafiyah ‘ulya yang setara dengan SMA dan juga hanya untuk santri putri.

Selain ketiga itu, ada salah satu jenjang yang disebut Takhosus Bahasa Arab atau pelatihan bahasa Arab secara mendalam untuk para santri, yang biasanya diberlakukan sebelum masuk ke jenjang Salafiyah ‘Ulya.

Keunggulan Pesantren

Keunggulan dari pesantren ini ada pada penerapan ilmu al qur’an yang sangat diutamakan. Meskipun perpaduan antara sistem salafiyah dan modern tapi santri tetap diutamakan untuk menjadi lulusan penghafal qur’an terbaik.

Begitupun dengan para pengajarnya yang bukan hanya lulusan dengan ijazah tahfidz, tapi juga dibimbing untuk mengembangkan kompetensi secara berkala.

Fasilitas dan Sarana

Untuk fasilitas yang tersedia di Pesantren Mutiara Sunnah Palembang menurut kami sudah termasuk lengkap dan layak. Mulai dari masjid utama, ada asrama bagi para santri, ruang kelas, perpustakaan, area parkir, toilet, kantin dan tentu saja berbagai macam sarana untuk olahraga. Lebih lengkap bisa lihat video yang kami sertakan.

Tahap Pendaftaran

Para calon santri yang ingin mendaftar, bisa langsung datang ke pesantren Mutiara Sunnah Palembang  Sistem pelayanannya adalah one day service. Pendaftaran biasanya dibuka sejak Desember.

Mulai dari datang ke pesantren, mengambil formulir pendaftaran, melakukan test, menunggu hasil pegumuman kelulusan itu semua bisa dilakukan dalam satu hari saja. Jika sudah dinyatakan lulus, maka santri wajib segera melakukan pendaftaran ulang dan bisa di hari itu juga.

Syarat Pendaftaran

Beberapa syarat umum sebelum mendaftar yang paling penting di antaranya adalah harus sehat jasmani dan rohani, dapat izin orang tua, dan menandatangani surat pernyataan wali santri terlebih dahulu.

Sedangkan untuk  persyaratan khusus yaitu:

Raudhatul Athfal (TK):

Calon santri  harus berusia minimal 5 tahun di bulan Juli 2022.

Salafiyah Ula (SD):

Calon santri minimal 6 tahun di bulan Juli 2022 dan lulus TK.

Salafiyah Wustha (SMP)

  • Lulus SD
  • Lancar membaca Al qur’an

Takhosus  Bahasa Arab/ Pra SMA

  • Lulus SMP sederajat
  • Lancar membaca Al quran
  • Sanggup menempuh pendidikan selama 1 tahun di karantina

Salafiyah ‘ulya/ SMA

  • Lulusan SW/TBA mutiara Sunnah
  • Lancar membaca al qur’an dan bahasa Arab
  • Tidak menikah selama pendidikan dan pengabdian
  • Sanggup menempuh pendidikan selama 3 tahun di karantina.

Syarat Administrasi

Adapun syarat administrasi yang harus dipersiapkan saat mendaftar ulang:

  • Fotokopi KTP orang tua atau wali sebanyak 1 lembar
  • Fotokopi akta kelahiran dan Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar
  • Pas foto berwarna 3×4 sebanyak 2 lembar

Biaya Masuk

Untuk biaya pendaftaran atau formulir, dikenakan biaya sebesar Rp. 350.000.  Dan formulirnya bisa diisi secara online maupu offline.

Sedangkan untuk biaya daftar ulang, setiap jenjang memiliki jumlah yang berbeda. Perinciannya sebagai berikut:

  • Raudhatul Athfal (TK): Rp. 4.970.000
  • Salafiyah Ula (SD): Rp.12.220.000
  • Salafiyah  Whistaa  (SMP): Rp. 14.30,0.000
  • Takhosus  Bahasa Arab/ Pra SMA: Rp. 14.300.000
  • Salafiyah ‘ulya/ SMA: Rp. 4.300.000

Biaya di atas sudah termasuk biaya tahunan seperti buku, kegiatan bulanan, pendidikan, asrama, makan, dan kesehatan. Sedangkan untuk biaya bulanan sudah termasuk  uang pangkal, pembangunan, sarana dan prasarana, serta seragam.

Menurut kami biaya ini masuk golongan menengah. Bisa survey pesantren lain di Palembang melalui link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Website & Pesantren

Jika ingin mendaftar langsung ke pondok pesantren, alamatnya ada di Jalan Ki Anwar Mangku, Lr, Sikam, kelurahan Sentosa, Kecamatan Seberang Ulu II, Plaju, Kota Palembang. Gunakan Google Map jika ingin lebih mudah dan tidak kebingungan.

Namun untuk informasi lebih lengkapnya lagi, anda bisa menghubungi nomor 0821 7676 8038 atau silakan berkunjung ke website resminya tersebut di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *