Pesantren Al Madinah Boyolali | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Al Madinah Boyolali dikenal sebagai salah satu pondok pesantren yang cukup mashur. Bahkan di Google tergolong pesantren yang sering dicari. Santrinya juga berasal dari banyak daerah di Indonesia.

Oleh sebab itu kami akan mengulas Pesantren Al Madinah Boyolali bersumber dari website resmi pesantren, dan brosur yang kami rangkum menjadi satu. Di antara yang akan kami bahas adalah profil lembaga pendidikan dan biaya masuk.

Pesantren Al Madinah Boyolali

Pesantren Al Madinah Boyolali kalau di website ini masuk dalam kategori pesantren sunnah. Yaitu pondok pesantren yang sedari awal memiliki fokus pada kegiatan yang berlandaskan Al Quran dan sunnah.

Serta kegaitan sehari-hari yang memang dibiasakan berdasarkan sunnah Rasulullah SAW. Yang kemudian dikombinasikan dengan pendidikan ulum syar’i, dan pendidikan formal. Sehingga sudah lengkap.

Pesantren Al Madinah Boyolali

Pendidikan di Pesantren Al Madinah Boyolali

Pendidikan yang pertama adalah formal, di mana menggunakan jenjang SMP dan Madrasah Aliyah. Masing-masing memiliki perhatian pada pendidikan formal. Bahkan tidak jarang meraih prestasi tinggi.

Seperti jenjang SMP yang meraih peringkat 1 UN SMP swaste se-Kabupaten Boyolali pada tahun 2008, 2014, dan 2016. Begitu juga MA yang masuk kategori peringkat 1 UN MA se-Kabupaten Boyolali program keagamaan di tahun 2012-2019.

Pendidikan ini nantinya digabung dengan program hafalan. Seperti hafalan matan kitab hadist, musthalahul hadist, fiqh, dan juga faraidh yaitu ilmu tentang membagi hak waris.

Kedua adalah hafalan Al Quran yang memiliki target sangat spesifik. Untuk SMP yang reguler memiliki target 6 juz, artinya satu tahun dua juz. Sedangkan MA yang reguler 10 juz. Cukup banyak.

Ada juga program tahfidz khusus, yaitu untuk jenjang SMP sebanyak 15 juz, sedangkan untuk jenjang MA sebanyak 30 juz. Menurut kami pendidikan di pesantren Al Madinah Boyolali tergolong cukup baik.

Panduanterbaik.id

Tenaga Pengajar

Untuk mendukung program pendidikan yang cukup baik ini, Pesantren Al Madinah didukung oleh guru-guru yang berasal dari Universitas Islam Madinah KSA, ada juga alumni Daarul Hadist Yaman, LIPIA, serta beragam pondok pesantren lainnya.

Ekstrakurikuler

Ekstra kurikulernya juga cukup variatif, seperti hadist club, olimpiade pesantren, beladiri, komputer, pecinta alam. Olah raga juga lengkap dari bulutangkis, renang, memanah, juga lari.

Di samping itu yang menarik adalah ada ekstra desain grafis dan programming, bahkan aplikasi perkantoran. Tidak cukup itu ada juga tata busana tata boga, dan tata kriya. Inilah salah satu faktor santri betah.

Fasilitas Pesantren

Adapun fasilitas pesantren Al Madinah Boyolali menurut kami cukup. Seperti adanya ranjang bertingkat, tidak menggunakan kasur lantai. Juga ruang kelas terpisah putra dan putri. Ada juga laboratorium IPA, Bahasa, dan Komputer. Sudah cukup baik. Lengkapnya bisa melihat video yang kami sertakan.

Keunggulan Pesantren

Di antara keunggulan yang dimiliki pesantren adalah pendidikan bahasa arab. Pesantren sunnah dikenal menekankan pada bahasa arab, karena untuk membaca kitab. Bahkan ketika masuk ada ujian bahasa arab.

Pendaftaran Pondok Pesantren

Bagi yang ingin mendaftar di pesantren Al Madinah, bisa dimulai sejak bulan Desember. Semua pendaftaran bisa melalui online, jadi cukup mudah sekali. Adapun biaya pendaftaran sebesar Rp250.000. Untuk syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  • FC Ijazah dan SHUN legalisir 2 lembar
  • FC Akte kelahiran dan KK 2 lembar
  • FC raport kelas 5 semester 1-2 sebanyak 2 lembar
  • FC raport kelas 8 semester 1-2 sebanyak 2 lembar
  • FC PKH/KIP bagi yang memiliki 1 lembar
  • Pemeriksaan hepatitis B sebanyak 1 lembar
  • FC NISN sebanyak 1 lembar
  • Foto 3×4 sebanyak 3 lembar

Ujian Masuk

Namun demikian untuk masuk pesantren Al Madinah Boyolali harus melalui tes masuk. Untuk SMP ada tes baca Al Quran, aqidah dasar, bahasa arab, matematika, serta wawancara tertulis.

Sedangkan untuk masuk jenjang MA ada tambahan yaitu hafalan Al Quran, baca kitab, satu lagi yaitu IPA. Adapun yang lainnya sama seperti SMP. Jadi calon siswa harus menyiapkannya dengan baik-baik.

Biaya Masuk Al Madinah

JenjangBiaya MasukSPP
SMP PutraRp6.890.000Rp1.150.000
SMP PutriRp7.090.000Rp1.150.000
MA PutraRp8.475.000Rp1.150.000
MA PutriRp8.750.000Rp1.150.000

Biaya yang tercantum merupakan biaya masuk Pesantren Al Madinah Boyolali pada tahun 2021-2022. Mungkin tahun berikutnya ada kenaikan. Biaya masuk sudah termasuk SPP satu bulan pertama.

Menurut kami biaya ini tergolong standar jika dibandingkan dengan kualitas pendidikan, fasilitas, dan lain sebagainya. Bisa disuvery lembaga pendidikan Islam lain Boyolali di link ini. Kami sudah sajikan dengan keunggulan dan biaya masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat Jalan Mangu – Nogosari Km 03-04, Pilangsari, Potronayan, Nogosari, Kabupaten Boyolali. Bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan. Kampus putr dan putri terpisah. Kampus putra di KM 03, putri di KM 04.

Informasi lebih lengkap, update, serta pendaftaran bisa kunjungi website resmi pesantren Al Madinah Boyolali di link ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan memilih pesantren terbaik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *