Pesantren Darusy Syahadah Boyolali | Program Lengkap dan Biaya

Posted by

Pesantren Darusy Syahadah Boyolali merupakan pondok pesantren sederhana dengan paket lengkap dan biaya masuk yang terjangkau. Pesantren ini menurut kami cukup menarik terutama dalam aspek pendidikan yang diberikan.  

Oleh sebab itu kami ingin mengulas seperti apa jelasnya paket lengkap yang ada di pondok tersebut. Kami rangkum dari website resmi dan video youtube yang ada di internet. Di antara yang kami sajikan info profil, biaya masuk, serta pendaftaran. 

Profil Ponpes Darusy Syahadah Boyolali

Sejarah berdirinya Ponpes Darusy Syahadah Boyolali cukup unik. Berawal dari sebuah gagasan yang diutarakan para peserta halaqoh di Solo Raya yang saat itu masih lulusan SLTA. 

Ghiroh yang besar untuk menyamakan pemikiran ummat islam sesuai dengan syariat yang ada membawa para peserta halaqoh tersebut yakin untuk merintis sebuah pondok pesantren dibantu dengan arahan ustadz yang membimbingnya. 

Pesantren Darusy Syahadah Boyolali

Dan pada tahun 1993 pondok pesantren berideologi klasikal ini mulai dirintis. Bisa dikatakan ini merupakan pesantren sunnah di Boyolali. Yaitu fokus pada pembelajaran syariah Islam, dan pengamalan sunnah dalam kegiatan harian.  

Pendidikan di Pesantren Darusy Syahadah

Visi pondok ini adalah menciptakan generasi ‘alim muttaqi (berilmu dan bertaqwa) yang siap berperan bukan hanya di medan pendidikan tapi juga di medan perang. Visi inilah yang menurut kami cukup berbeda dengan pesantren lainnya. 

Karenanya sistem pendidikan yang digunakan adalah klasikal dan menerapkan metode sorogan pada kegiatan ta’lim ataupun kajian kitab turatsnya, yaitu kitab ulama terdahulu.  

Selain itu pembinaan kesantrian baik dari aspek ruhiyah, akhlak, ibadah, hingga pelatihan dakwah menjadi keunggulan dari sistem pendidikan yang ada di pondok ini.

Secara sederhana santri di pesantren Darusy Syahadah Boyolali dididik menjadi dai, dan menyebarkan syariat Islam. 

PanduanTerbaik.id

Program Pendidikan di Pondok Pesantren  

Untuk lebih memahami model pendidikan yang ada di dalam pesantren kami akan detilkan beberapa program yang ada di dalamnya. 

I’dad atau Masa Persiapan 

Program selama masa studi 1 tahun ini dikhususkan untuk siswa-siswi lulusan SLTP (SMP) / lulusan pesantren yang kemampuan bahasa arabnya masih rendah. Kelas ini sebagai kelas persiapan sebelum melanjutkan ke jenjang KMI. 

Materinya pun hanya 5 mata pelajaran, yakni aqidah, bahasa Arab, tahsin qur’an, fiqh, dan akhlak. Materi ini sebagai dasar-dasar dalam pembelajaran agama Islam. Sebagai bekal untuk kelas lanjutan. 

Kulliyatul Mua’allimin 

KMI atau program lanjutan dari IKM yang ditujukan bagi santri dan santriwati lulusan SLTP, pondok pesantren dan sederajat yang lolos seleksi. Artinya tidak semua bisa langsung masuk. 

Masa studinya adalah 3 tahun, dan ada dua peminatan (tarbiyah / dakwah). Artinya, para santri akan dididik untuk menjadi seorang murabbi atau menjadi seorang da’iyah yang ulung. 

Kulliyatul Mu’allimin lil Tahfidzil Qur’an (KMT) 

Yang ketiga adalah program pendidikan yang memang benar-benar targetnya melahirkan generasi penghafal Al-Qur’an 30 juz dalam kurun waktu 3 tahun. Menurut kami target ini realistis.  

Kelas KMT ini dibuka untuk lulusan pondok pesantren setara SLTP yang lolos seleksi dan telah menyelesaikan program IKM. Jadi tidak semua calon siswa bisa masuk begitu saja. 

Syu’bah Ta’shil Ilmi (STI) 

Syu’bah ta’shil ilmi, program yang hanya menerima santri putra saja dan merupakan lulusan SLTP. Para santri putra di sini dididik menjadi generasi berkualitas (itqon) dalam tahfidz, bisa menelaah kitab-kitab para ulama, dan juga menguasai ilmu-ilmu syar’i serta mahir berbahasa arab. 

Metode belajarnya adalah mulazamah, jadi kualitas ilmu yang dimiliki benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Ini sebuah model pendidikan klasik khas pesantren-pesantren yang ada di pesantren Darusy Syahadah Boyolali.. 

Dirasah i’dad du’at / da’iyat (DID) 

Nah, bagi para santri alumni SLTA (SMA) bisa mengikuti program terakhir dari pondok ini. Yakni program dirasah i’dad daiyat A dan B. Perbedaannya adalah untuk DID-A diperuntukkan santri putra dan santriwati putri selama dua tahun untuk menjadi dai atau murabbi. 

Sedangkan DID-B dibuka hanya untuk santri putra saja. Misinya adalah melahirkan generasi pemakmur masjid, dengan metode pendidikannya adalah sorogan selama dua tahun. Setelah kelulusan, santri akan langsung ditempatkan di lingkungan untuk berdakwah. 

Itulah 5 program pendidikan yang menjadi ciri khas dan keunggulan yang dimiliki Pondok Pesantren Darusy Syahadah Boyolali ini. Terlebih di era modern sekarang sudah tidak banyak pondok pesantren yang menyediakan program pendidikan selengkap ini. 

Pendaftaran  PPDB Santri

Adapun timeline pendaftaran santri baru tergantung jalur mana yang Bapak / Ibu atau wali santri pilih. Khusus jalur online, pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Maret – 15 Juni 2021 dan bisa mengisi formulir pendaftaran dan mengupload berkas lewat website. 

Sedangkan jalur offline dibuka pada tanggal 19 Juni 2021. Nah untuk informasi mengenai berkas bisa dicek pada laman resmi pondok. Jangan lupa untuk membayar biaya registrasi sekitar Rp. 250.000 ribu rupiah. 

Biaya Masuk Pesantren Darusy Syahadah

Dari sisi administratif, santri diharuskan membayar uang pangkal Pesantren Darusy Syahadah Boyolali sekitar 9 juta untuk santri putra, dan 9.4 juta rupiah khusus santriwati putri (ada tambahan biaya sewa ranjang). 

Dan untuk biaya perlengkapan pribadi santri (kasur, lemari, buku, dan seragam) tergantung jenjang pendidikan masing-masing. Rinciannya sebagai berikut : 

  • IKM dan STI putra sekitar Rp. 2.143.000 ribu
  • KMI putra sekitar Rp. 2.026.000 ribu
  • DID putra sekitar Rp. 2.126.000 ribu
  • Semua unit santriwati putri sekitar Rp. 2.649.000 ribu

Sedangkan uang SPP syahriah Pondok Pesantren Darusy Syahadah Boyolali bervariasi. Seperti untuk unit IKM / KMI / KMA / KMT/ DID biaya SPP mulai dari 750 ribu, 800 ribu, sampai 900 ribu. 

Selanjutnya khusus unit STI, SPP per bulannya mulai dari 800 ribu, 900 ribu, hingga 1 juta. Jumlah biaya SPP yang berbeda-beda ini mungkin dimaksudkan agar wali santri bisa memilih yang sesuai dengan kemampuannya untuk membayar. 

Kalau di wilayah Boyolali biaya sebesar ini tergolong lumayan. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Solo yang ada di link ini. Kami sudah sajikan beberapa pesantren terbaik dengan keungguan dan biaya masuk. 

Alamat Lengkap Pesantren 

Pondok Pesantren Darusy Syahadah beralamat lengkap di Dukuh Gumukrejo, Desa Kedunglengkong, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah 57377. Atau ikuti google maps yang sudah kami sediakan. 

Informasi selengkapnya hubungi contact person pondok di nomor telepon +62 853 3358 4444 / +62 856 4026 7983 atau kunjungi website resmi Pondok Pesantren Darusy Syahadah klik di sini. Kiranya ada kekeliruan bisa cantumkan di kolom komentar agar segera kami perbaiki. 

2 comments

  1. salah satu nomor kontak yang Anda tampilkan masih kurang angkanya. Mohon bantuannya, karena kami membutuhkan bantuan pesantren tersebut untuk memutasi data salah satu calon siswa kami yang masih tercatat sebagai siswa mereka. terima kasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *