Pesantren Sabilunnajah Bandung | Pendidikan Lengkap Biaya Mantap

Posted by

Pesantren Sabilunnajah Bandung dikenal sebagai salah satu pesantren besar di wilayah Rancaekek. Santrinya juga cukup banyak dan ramai. Bahkan di Google mendapatkan bintang 4.7 dari para pengunjungnya. Oleh sebab itu menarik untuk diulas.

Kami akan merangkum informasi dari Pesantren Sabilunnajah Rancaekek yang bersumber dari website resmi pesantren. Di antara yang kami bahas adalah profil ponpes Sabilunnajah Bandung, pendidikan, tahfidz Quran, serta biaya masuk pondok pesantren Sabilunnajah Bandung, semoga bermanfaat.

Profil Pesantren Sabilunnajah Bandung

Profil pesantren Sabilunnajah Bandung cukup lengkap. Pesantren ini bergaya modern, namun tetap membumikan prinsip pesantren dengan tujuan mewujudkan generasi yang memiliki manhaj salaf dan aqidah yang kuat.

Dengan konsep Islamic Boarding School pesantren di Rancaekek ini menggabungkan antara pendidikan pesantren selama dua puluh empat jam dikombinasikan dengan program sains dan teknologi. Di sinilah menurut kami sisi lebihnya. Ada unsur pendidikan formal untuk sains yang kuat.

pesantren sabilunnajah bandung

Pesantren ini juga sering disebut dengan pesantren sunnah di Bandung. Di antaranya tandanya ada prinsip pengamalan sesuai Sunnah dan Al Quran, atau bermanhaj salaf. Santri laki-laki berjubah putih dan berkopyah putih, bercelana. Serta banyak aspek lainnya.  

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren

Tersedia beberapa jenjang pendidikan di ponpes Sabilunnajah Bandung. Pertama jenjang pendidikan Tsanawiyah untuk putra dan putri. Durasi waktunya tiga tahun. Ini sama dengan pendidikan pada umumnya.

Kedua adalah madrasah Aliyah di mana baru tersedia untuk putra saja. Jurusannya ada dua, yang pertama jurusan syar’I di mana jenjangnya empat tahun, ada satu tahun masa pengabdian, mirip dengan pesantren-pesantren seperti Ponpes Gontor.

Jurusan kedua adalah IPA dengan program pendidikan selama tiga tahun. Untuk yang ini pada akhirnya seperti pesantren sains. Fokus IPA tapi juga ada pesantren dengan tahfidz Quran dan sebagainya. Tapi untuk MA hanya menerima input dari MTs Sabilunnajah sehingga menjadi kesatuan program enam tahun.

Target di Boarding School Sabilunnajah

Jika anak Anda masuk pesantren Sabilunnajah Bandung maka ada beberapa target pendidikan yang diterapkan. Di antaranya jika masuk jenjang MTs akan hafal sebanyak dua belas juz. Jumlah ini cukup banyak, yang artinya satu tahun empat juz.

PanduanTerbaik.id

Sedangkan untuk jenjang Madrasah Aliyah memiliki target lima juz. Hal ini karena di Aliyah ada pembelajaran seperti IPA dan lain sebagainya yang butuh fokus lebih. Ada juga hafal mutun tuhfatul athfal.

Untuk hadist targetnya hafal 40 Arbain Nawawi. Sedangkan untuk untuk bahasa arab lebih kepada dasar saja. Kosakata yang dihafal sekitar 1.500. Tapi menurut kami yang menarik adalah mengetahui kejadian alam yang dikaitkan dengan tauhid.

Untuk pembelajaran umum yang utama adalah Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi terkait prestasi di bidang umum yang sudah diraih.

Keunggulan Pesantren Sabilunnajah Rancaekek

Menurut kami ada beberapa keunggulan di pesantren Sabilunnajah Rancaekek. Pertama kemandirian menjadi aspek yang dilatih di asrama. Seperti program kebersiahan dan kerapihan santri. Semua dilatih untuk membersihkan sendiri.

Ada juga penilaian dan evaluasi program non akademik santri. Seperti ubudiyah, kedisiplinan, kebersihan dan lain sebagainya. Hal ini sangat membantu untuk perkembangan karakter santri.

Perkamar rata-rata diisi sepuluh bed. Artinya tidak terlalu banyak. Ini juga bagus untuk santri. Plus pesantren ini berada di wilayah Rancaekek Bandung yang dikenal memiliki udara yang tidak panas. Kalau malam sekitar 22 derajat, kalau siang sekitar 29 derajat.

Kelebihan selanjutnya adalah luasnya pesantren. Bisa dikatakan rasio antara santri dan ruang gerak santri begitu memadai. Juga bersih. Ini yang paling penting. Anda ketika masuk pesantren ini akan terkesan.

Pendaftaran Pesantren Sabilunnajah 2021

Untuk pendaftaran pondok pesantren Sabilunnajah Bandung bisa dikunjungi di website resmi. Tapi perlu diperhatikan beberapa hal yang unik. Di antaranya harus mengunggah rekaman bacaan Al Quran Al Fath ayat 29. Ini baru tahap satu.

Kedua ada tes yang harus dilewati. Seperti membaca Al Quran, menghafal satu halaman Al Quran saat tes. Ada juga tes Matematika, dan wawancara. Beberapa hal ini menentukan kelulusan.

Karena pendaftaran ada kuota yang terbatas. Untuk MTs hanya tersedia untuk 90 putra dan 90 putri. Tersedia masing-masing 9 kuota beasiswa. Untuk madrasah Aliyah tersedia 30 untuk jurusan syar’I, dan 30 untuk jurusan IPA. Biaya pendaftarannya Rp300.000.

Biaya Masuk Ponpes Sabilunnajah Bandung

Adapun untuk biaya masuknya kami sajikan dalam tabel berikut ini.

Mts Putra PutriRp16.300.000
SPP bulananRp1.200.000
MARp9.480.000
SPP jurusan Syar’iRp1.200.000
SPP Jurusan IPARp1.400.000

Menurut kami biaya sebesar ini tergolong lumayan. Ada yang lebih murah, ada juga yang lebih mahal. Untuk pesantren lain di Bandung bisa kunjungi link ini, kami sudah sajikan dengan biaya masuk agar bisa dijadikan pertimbangan.

Kalau untuk Islamic Boarding School di Bandung lainnya juga bisa diperiksa di sini. Kami sudah sajikan lengkap dengan biayanya dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Klik link ini.

Alamat Lengkap Pesantren

Untuk alamat lengkap berada di Jalan Sungai Citarik II Jl. Raya Sapan No.Desa, Sukamanah, Kecamatan Rancaekek, Bandung. Untuk website resmi untuk informasi lebih vali bisa dikunjungi di https://sabilunnajah.com/.

Jika ingin komunikasi lebih intensif bisa hubungi admin 0813 1323 0909. Kiranya ada lembaga pendidikan yang ingin direview, cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *