7 Pesantren Terbaik di Bandung

Posted by

Pesantren Terbaik di Bandung

Pesantren terbaik di Bandung memang kalah pamor dibandingkan pesantren-pesantren yang ada di Garut, Tasikmalaya dan lain sebagainya di Jawa Barat. Salah satu faktornya karena memang Bandung dikenal sebagai kota metropolitan. Sedangkan pesantren yang bagus biasanya berada di pelosok desa.

Namun demikian panduan terbaik selalu memberikan beberapa opsi yang memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi tentang beberapa pesantren pilihan yang bisa dijadikan destinasi pendidikan di Bandung. 

Pesantren Modern Al Ihsan

Kalau bicara pesantren modern, biasanya berkiblat ke Gontor. Begitu juga dengan pesantren Modern Al Ihsan, memiliki kiblat pendidikan di pesantren Gontor. Pesantren Modern Al Ihsan memang didirikan oleh alumni Gontor.

Maka secara kurikulum pun memiliki ciri khas seperti Gontor. Perbedaannya adalah, kurikulum tersebut sudah disesuaikan dengan kurikulum diknas, juga kemenag, dan diramu dengan pendidikan pesantren salaf. Oleh sebab itu pesantren ini sudah disesuaikan dengan masyarakat Bandung.

Yang bagus dari pesantren Modern, adalah disiplin, peningkatan kemandirian, juga peningkatan rasa kepercayaan diri pada santri. Dilatih berpidato, menggunakan bahasa Inggris dan Arab, juga pendidikan keorganisasian dengan tanggung jawab yang sudah ditentukan kadarnya. Oleh sebab itu pesantren modern di Baleendah ini kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Bandung. 

Pesantren Daarut Tauhid

Pesantren ini tersentral di sosok KH. Abdullah Gymnastiar, atau orang sering menyebutnya sebagai AA Gym. Sosoknya yang lembut membuat orang mudah bersimpati dengan cara dakwah beliau.

Begitu juga dengan pesantren Daarut Tauhid. Menurut kami justru selepas AA Gym mendapatkan cobaan selepas menikah untuk kedua kalinya, diterpa isu sana sini, pesantren justru menemukan titik kemapamannya. 

Pesantren ini kelebihannya terletak pada pendidikan adab santri-santrinya. Mengikuti karakteristik AA Gym, pesantren ini menekankan pada ma’rifat tentang bagaimana mencerminkan sifat Allah yang pengasih, penyayang, dan lain sebagainya. 

Oleh sebab itu hal ini sesuai dengan karakteristik masyarkat Sunda yang memang dikenal lembut. Maka bagi kami pesantren Daarut Tauhid menjadi salah satu pesantren terbaik di Bandung. 

pesantren terbaik di bandung

Pesantren Baitul Hidayah

Pesantren Baitul Hidayah mirip dengan pesantren Modern Al Ihsan, hanya saja porsi pendidikan ala Gontor lebih besar. Tambahannya adalah pendidikan yang dominan Al Quran. Keduanya diramu menjadi satu. 

Namun yang istimewa dari pesantren yang berdiri pada tahun 2010 ini adalah pendidikan yang menggunakan kurikulum KMI, yaitu sistem kurikulum sendiri yang sudah diakui pemerintah.

Keistimewaan yang selanjutnya adalah, bisa dikatakan pesantren ini memiliki tempat yang indah. Berada di ketinggian 900mdpl, kota Bandung akan terlihat sangat jelas dari pesantren ini. Oleh sebab itu suhunya pun lumayan. Anda bisa kedinginan jika tidak terbiasa.

Karena beberapa faktor inilah menjadikan kami memasukkan ke dalam pesantren terbaik di Bandung. 

Pesantren Persatuan Islam

Pesantren Persatuan Islam atau yang dikenal dengan Persis, merupakan pesantren yang berada di bawah naungan organisasi Persis. Organisasi ini tumbuh berkembang jauh sebelum kemerdekaan Indonesia hadir. Uniknya, Persis sangat identik dengan wilayah Jawa Barat.

Untuk pesantren, sebenarnya Persis Bandung tidak hanya satu, bisa dipilih. Namun yang kami bahas adalah Pesantren Persis 27. 

Menurut kami, pesantren Persis penekanannya pada tiga hal, Al Quran, Hadist, Fiqh. kemampuan dalam tiga hal ini ditambah dengan kemampuan untuk menghafal. Bahkan untuk seleksinya ada hafalan Quran. 

Istimewanya, pesantren ini hanya membuka satu kelas. Dengan demikian pendidikan akan lebih fokus. Padahal banyak pesantren yang justru menginginkan santrinya sangat banyak. Inilah yang membuat pesantren ini kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Bandung. 

Pesantren Al Quran Al Falah

Bisa dikatakan pesantren Al Falah merupakan salah satu pesantren terbesar di Bandung. Santrinya berjumlah 2.000 orang lebih. Untuk ukuran pesantren di kota, jumlah demikian sangatlah banyak.

Sesuai dengan namanya, pesantren ini fokus pada pendidikan Al Quran. Baik tahfidz maupun mengkaji kandungan dari ayat-ayat Al Quran. Dalam sudut pandang dunia modern, pesantren yang fokus pada bidang tertentu akan dituju. Begitu juga pesantren Al Quran Al Falah. Intinya tidak sebatas tahfidz saja. 

Bahkan di pesantren ini tidak hanya diajarkan membaca Al Quran sesuai dengan tajwid, tapi juga diajarkan hingga membaca dengan tujuh jenis bacaan. Oleh sebab itu banyak santri yang berasal dari pesantren ini menjuari kejuaraan nasional. Seperti H. Nanang Qosim. 

Biaya pendaftarannya lumayan, bisa dilihat di website resminya di sini. 

Pesantren An Najiyah

Pesantren An Najiyah Bandung merupakan pesantren yang mengikuti para salaf, yaitu mengikuti sunnah-sunnah Rasul. Sehingga banyak terlihat di pesantren ini identitas-identitas seperti cara berpakaian yang khas, guru-gurunya juga rata-rata memiliki cara berpakaian yang mirip. Dasarnya adalah sunnah. Banyak yang bercadar dan lain sebagainya.

Yang istimewa dari pesantren ini adalah pendidikan untuk anak usia dini. Di pesantren ini pendidikan anak kecil digembleng sedemikian rupa. Bahkan untuk anak yatim digratiskan dari berbagai biaya. Menurut kami pada sisi ini luar biasa.

Oleh sebab itu pendidikan di pesantren ini tidak berafiliasi apapun dengan ormas atau pun partai. Bisa dikatakan afiliasinya hanya kepada ajaran dalam Islam, Al Quran dan

Oleh sebab itu pendidikan di pesantren ini tidak berafiliasi apapun dengan ormas atau pun partai. Bisa dikatakan afiliasinya hanya kepada ajaran dalam Islam, Al Quran dan Sunnah. Oleh sebab itu kami masukkan pesantren ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Bandung.  

Silakan Diusulkan di Kolom Komentar Pesantren Terbaik di Bandung yang ke-7


5 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *