fakta kota surabaya

7 Fakta Kota Surabaya Terbaik | Karisma Gerbang Timur

Posted by

Fakta Kota Surabaya Terbaik

Fakta Kota Surabaya Terbaik – Surabaya merupakan kota Pahlawan di Provinsi Jawa Timur. Kota ini berada di tepian pantai, namun menjadi pusat pintu gerbang menuju Indonesia Timur. Oleh sebab itu kota Surabaya ini menjadi tujuan pencari kerja seperti layaknya Jakarta di wilayah barat.

Kali ini kami akan membahas 7 fakta kota Surabaya terbaik. Terutama bagi Anda yang ingin berkunjung ke Surabaya. 7 hal terbaik yang kami ulas adalah versi Panduan Terbaik dari kunjungan dan analisa subjektif yang sudah kami lakukan.

Kota Pusat Perdagangan

Surabaya merupakan kota perdagangan untuk wilayah Indonesia Timur. Oleh sebab itu di Surabaya sangat banyak sekali pusat-pusat grosir. Dari mulai pasar turi, hingga pusat perbelanjaan di Ampel.

Salah satu faktornya adalah adanya pelabuhan yang menuju wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Maka jika Anda ingin membuka perdagangan di wilayah Indonesia Timur, sudah menjadi keharusan Anda harus mengeksplorasi Surabaya.

Dari hal ini pula Surabaya banyak menyerap tenaga kerja. Maka meskipun di Surabaya banyak kampus terbaik, namun lebih tepat disebut dengan kota perdagangan. Dari sinilah jumlah penduduk Surabaya adalah yang terbesar nomor dua di Indonesia setelah kota Jakarta Timur.

Banyak Wisata Rakyat Murah dan Gratis

Nah bagi Anda yang menjadi penduduk kota Surabaya tentu merasa sangat beruntung karena di Surabaya banyak tempat wisata gratis. Seperti kebun bibit, taman flora, kemudian taman-taman lain yang diciptakan untuk warga Surabaya.

Bahkan banyak wisata yang sangat murah. Seperti kebun binatang yang hanya Rp. 15.000. Atau wisata mangrove yang gratis masuknya. Oleh sebab itu Surabaya bagi masyarakatnya tidak sebatas hanya kota metropolitan, tapi juga sudah menjadi rumah bagi masyarakat.

UMK Tinggi Biaya Murah

Surabaya dikenal memiliki UMK yang tinggi. Di tahun 2019 UMK Surabaya mencapai 3.871.052. Jauh lebih besar dari kota-kota lain yang ada di Jawa Timur. UMK yang besar inilah menjadikan Surabaya menjadi destinasi warga Jawa Timur untuk mencari pekerjaan.

Uniknya biaya hidup di Surabaya tergolong murah. Apalagi jika diukur dari biaya makan. Untuk satu porsi masih bisa didapatkan dengan harga Rp7000. Untuk makan pecel lele cukup mengeluarkan Rp12.000. Untuk daerah kota harga tersebut tentu murah. Hehehe.

Banyak Lembaga Zakat

Mungkin Anda mengira bahwa lembaga zakat berawal dari Jakarta, bukan. Lebih tepat lembaga zakat tumbuh subur di Surabaya. Hubungannya dengan Surabaya sebagai kota terbaik adalah banyaknya kegiatan amal di Surabaya. Sehingga masyarakat Surabaya menerima banyak manfaat kebaikan.

Contoh, untuk buka puasa, hampir semua masjid di Surabaya menyediakan makan. Bukan sebatas ta’jil. Kegiatan dakwah di Surabaya seperti ceramah juga banyak karena disponsori lembaga amil zakat. Belum lagi kegiatan seperti bingkisan-bingkisan untuk tukang becak. Banyak sekali.

Terhitung ada empat lembaga amil zakat terbesar di Surabaya, yaitu YDSF, Yatim Mandiri, Nurul Hayat, dan LMI. Buktinya bisa dilihat dari banyaknya masjid-masjid terbaik di Surabaya.

Masyarakat Dikenal Guyub

Fakta kota Surabaya terbaik lainnya adalah masyarakat Surabaya dikenal guyub, masih seperti masyarakat desa yang tolong menolongnya kuat. Meskipun ketika bicara cenderung keras, namun warga Surabaya bukan berarti marah.

Solidaritas yang tinggi bisa dibuktikan dengan istilah cangkru’an. Yaitu ngobrol bersama warga, seperti ngopi bersama. Hal ini sangat sering dilakukan warga Surabaya di waktu malam. Bukti lainnya adalah ketika agenda 17 Agustus datang, setiap kampung akan mengadakan tasyakuran dengan partisipasi semua warga desa.

Ukuran Keamanan Nasional

Tahukah Anda kalau Surabaya adalah ukuran tingkat keamanan nasional. Maksudnya adalah, kalau Surabaya sudah ricuh, artinya keamanan nasional juga ricuh. Buktinya waktu demo 1998, ketika itu Surabaya masih aman.

Bahkan ketika tahun 2019 di mana demo besar-besaran kepada DPR dan banyak yang ricuh, Surabaya masih tenang. Maka keamanan di Surabaya dikenal cukup baik. Belum terjadi kericuhan besar yang membahayakan.

fakta kota surabaya
sumber: Internet

Kota Pendidikan

Surabaya juga dikenal sebagai kota pendidikan. Karena banyak kampus terbaik hadir di Surabaya, seperti ITS, UNAIR, kemudian UNESA, UIN Surabaya, dan lain sebagainya. Juga banyak pesantren terbaik di Surabaya.

Belum lagi jika melihat sekolah-sekolah swasta di Surabaya, juga bagus-bagus, seperti Al Hikmah Surabaya, Saint Louis, Al Uswah, atau Muhammadiyah. Sekolah-sekolah tersebut menjadi rujukan nasional untuk pendidikan di wilayah Indonesia Timur.

Inilah beberapa fakta kota Surabaya yang bisa menjadikan Anda ingin hadir di kota dengan sejuta warna tersebut. Selamat menikmati dan berkunjung ke Surabaya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *