7 Inspirasi Terbaik dari Kota Tegal

Posted by

Yang terbaik dari kota Tegal – Tegal bisa dikatakan adalah salah satu kota yang cukup populer di Indonesia. Terutama di industri hiburan di mana selalu ada tokoh yang memunculkan dialek ngapak khas Tegal. Namun demikian, ternyata masih banyak inspirasi terbaik dari Kota Tegal lainnya yang patut diulas yang mungkin jarang diketahui.

Kota yang berdiri pada 1580 ini konon awalnya adalah bagian kecil dari Kabupaten Pemalang yang setia dengan trah Kerajaan Panjang (Wikipedia.com). Nama Tegal diambil dari istilah tegalan, atau yang berarti ladang. Kini Tegal menjadi salah satu kota paling sibuk di wilayah Jawa Tengah. Berikut 7 inspirasi terbaik dari kota Tegal.

Tegal Jepangnya Indonesia

Mungkin istilah Tegal Jepangnya Indonesia terdengar angkuh. Namun istilah ini justru lahir jauh sebelum Indonesia merdeka. Tepatnya sekitar tahun 1940 (liputan6.com). Pada masa itu industri pengecoran dan logam dibuat untuk kebutuhan peralatan perang bagi tentara Jepang.

Baca: Pesantren Unik Ini Ada di Tegal

Sehingga nama Jepangnya Indonesia tidak hanya berasal dari julukan sebagai pusat industri, tapi juga kebutuhan dari Jepang kepada masyarakat di Tegal.

Ketika itu masyarakat mulai memiliki ketrampilan membuat logam. Bengkel-bengkel di rumah-rumah pun muncul. Inovasi tidak hanya di satu sektor industri, tapi juga banyak industri. Seperti pertanian, onderdil, bahkan perhiasan.

Jika Anda melewati kota Tegal, jejaknya masih terasa hingga sekarang. Penjual gerabah dan alat masak dari logam bertebaran, terutama di daerah sekitar Talang, Banjaran. Untuk perhiasan juga dibuktikan dengan banyaknya toko Emas di wilayah Tegal.

Bukti lain adalah, banyaknya gudang-gudang besi bekas. Nantinya akan diolah menjadi barang bagus. Bukan dengan pabrik yang besar, tapi cukup dengan industri perumahan.

Dengan kata lain, salah satu yang terbaik dari kota Tegal adalah kreativitas tinggi dan inovatif.

Jiwa Wirausaha di Tegal Tinggi

Hal terbaik dari Tegal lainnya adalah jiwa wirausaha yang sangat tinggi dari masyarakatnya. Banyak berdiri industri-industri kecil rumahan. Contoh daerah Tembok dengan industri pakaiannya. Atau di wilayah Pagongan dengan industri sepatu kulitnya.

Belum lagi pembuatan batu bata yang banyak tersebar di Kabupaten Tegal. Juga dikenal industri shuttle kok, yaitu desa Lawatan. Hampir satu desa membuat kok bulu tangkis. Bahkan jika Anda masuk dari Timur, ada tugu Kok besar.

Jika Anda mengenal Tegal karena usaha warteg yang dimilikinya, maka sesungguhnya di Tegal ada satu desa dengan rumah yang megah-megah, namun penghuninya jualan warteg di Jakarta, yaitu desa Sidapurna.

Belum lagi dengan industri logam. Juga ada satu desa di Tegal yang banyak dihuni pengrajin logam, yaitu desa Pesarean. Banyak warga menggelutinya sudah sejak lama. Mesin-mesin terlihat dengan deru bising khas menempa besi. Kini Tegal bertekad kembali menjadi Jepangnya Indonesia. Inilah salah satu inspirasi terbaik dari kota Tegal.

Wisata Lengkap di Tegal

Tegal dikenal wilayahnya yang eksotis. Jika biasanya satu daerah hanya ada wisata pantai saja, atau wisata pegunungan saja, di Tegal justru dikenal wisata pantai, sekaligus kawasan pegunungan indah.

Tegal memiliki satu wisata cukup terkenal di wilayah karisedenan Pekalongan, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, dan lainnya, yaitu pemandian air panas Guci. Wisata ini berada di lereng gunung slamet. Guci memiliki keindahan yang istimewa, di samping itu juga memiliki pemandian yang lengkap, dari yang gratis, hingga kolam berbayar.

Ada pula wisata Pantai Alam Indah, Purwahamba, dengan tiket masuk yang cenderung murah. Untuk masuk wisata pantai cukup sekitar 4000 rupiah.

Baca: 7 Investasi Terbaik untuk Masa Depan Anda

Kini wisata alam tersebut disempurnakan dengan wisata-wisata buatan semacam water park, atau trans studio, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu berada di kota Tegal sangatlah nyaman. Banyak hal terbaik dari kota Tegal. Tentu ini menjadi inspirasi terbaik dari kota Tegal.

Kuliner Tegal Berlimpah

Dalam kuliner, Tegal punya kekhasan tersendiri. Masakannya ‘sedep’. Jika pagi, ada namanya nasi ponggol. Nasi dengan tempe sambel goreng, ditambah potongan kecil kacang panjang muda, dan parutan kelapa.

Atau menu lain, kupat glabed. Tim panduanterbaik.id pernah mencicipi enaknya lontong berbalut kuah kuning kental, sedikit pedas, dengan beberapa tusuk sate kerang. Biasanya tersedia waktu malam. Mak nyus.

Belum lagi sate kambing Tegal yang dikenal memiliki tekstur khusus dan dagin terasa manis. Biasanya dikenal sate kambing muda. Bayi kambil di bawah lima bulan sudah disembelih. Hihihi. Ada satu komplek yang menjual sate kambing. Olahan kambing di Tegal patut dicoba.

Jika lebaran dan ini langka, ada minuman yang patut diburu, yaitu benih jahe yang dicampur rempah-rempah. Seperti sirup tersedia satu botol. Rasanya cukup khas. Uniknya, tidak banyak tersedia yang bagus, kecuali di musim ramadhan dan lebaran. Masih banyak lagi kuliner terbaik dari kota Tegal. Tentu ini menjadi hal terbaik dari kota Tegal.

Tegal Pusat Ekonomi Pantura

Jika berkendara melewati pantura, sesekali masuklah ke kota Tegal. Maka Anda akan melihat bahwa Tegal sesungguhnya memiliki wilayah yang kecil (cronyos.com). Bahkan masuk ke dalam kota terkecil di Indonesia.

Namun demikian, justru di Tegal pusat ekonomi wilayah Pantura, terutama eks karisidenan Pekalongan berada.

Hal ini dibuktikan dari upah minimum kota yang tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah lain sekitarnya, 1.762.000. Brebes hanya 1.665.850, atau Pemalang yang hanya 1.718.000.

Letaknya pun sangat strategis. Tegal menjadi penyambung antara wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur. Juga jalur utara dan selatan. Jika akan ke Selatan, Purwokerto, harus melewati wilayah Tegal.

Di Tegal juga terdapat pelabuhan. Di mana tempat penangkapan ikannya salah satu yang terbesar. Tahun 2017, produksi ikan mencapai 3.212 ton. Banyak hal terbaik dari kota Tegal. Hal ini menjadi andalan terbaik dari kota Tegal.

Wisata di Tegal
tripcanvas.co

Orang Tegal Ramah dan Supel

Warga kota Tegal adalah kombinasi antara Jawa Tengah dengan kelembutan sikap, juga Banyumas dengan omongan yang sedikit nyablak, tapi juga lucu dengan joke-joke ringan. Bisa dilihat dari tagline kotanya yang unik, “Tegal Laka-Laka”, atau artinya Tegal tidak ada duanya.

Kota Bahari ini dikenal memiliki unsur religius yang kental, karena menjadi tempat tersebarnya Islam, dan banyaknya pesantren. Sehingga minim dengan konflik horizontal yang terdengar sampai diliput oleh Koran-koran besar.

Baca: Inspirasi Istimewa dari BJ. Habibie

Yang penting hepi, mungkin seperti itulah yang dikenal dari warga kota Tegal. Meski hanya menjadi tukang becak, tapi tawa mereka masih sering terlihat. Hidup dinikmati dengan sangat enjoy dan penuh canda tawa. Kalau sudah bertemu orang Tegal, rasanya semua masalah mencair dengan keramahan dan candaan. Inilah salah satu hal terbaik dari Kota Tegal.

Tegal Produsen Teh

Memang secara nama, Tegal dikenal sebagai kota Bahari, tapi setelah kami telusuri, Tegal adalah surganya Teh. Tidak hanya perkebunan teh yang melimpah di dataran tinggi wilayah pantura ini, tapi juga sangat banyak pabrik-pabrik teh yang tersebar di Tegal.

Mungkin Anda mengenal teh poci, teh tongdji, teh gopek, dan teh lainnya. Semua diproduksi di Tegal. Bahkan teh sosro yang terkenal pun, juga di Tegal, 2 tang, dan teh premium lainnya. Oleh sebab itu ada satu istilah terkenal di Tegal, moci. Yaitu nongkrong bareng dengan meminum satu cangkir teh dengan gula batu sebagai pemanis. Bukan ngopi. Hehehe.

Moci di Tegal punya prinsip, wasgitel, wangi, panas, sepet, legi, lan kentel. Wis uenak dan seger.

Tegal memang memiliki kebun teh yang luas, di lereng gunung slamet, Kaligua, begitu nama daerahnya. Ini juga menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi untuk cuci mata sekaligus menghirup udara segar.

Oleh sebab itu di Tegal juga dikenal sebagai pengrajin poci dari tanah liat. Kalau Anda sempat ke Slawi, maka akan melihat tugu poci di salah satu jalan utama. Inilah beberapa hal terbaik dari kota Tegal.

Jika Anda memiliki pengalaman lain dan menemukan hal terbaik dari kota Tegal, bisa cantumkan di kolom komentar.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *