5 Pesantren Terbaik di Tegal

Posted by

Tegal adalah kota dengan kegiatan ekonomi cukup besar di wilayah pantura. Salah satunya adalah berjubelnya pabrik teh, seperti teh Tong Dji, dan Sosro. Namun Tegal juga menjadi salah satu pusat kegiatan keagamaan di Pantura. Terutama basis NU. Oleh sebab itu pesantren di Tegal cukup banyak. Berikut 5 pesantren terbaik di Tegal.

Tauhidiyah, Giren

Pesantren Tauhidiyah lebih dikenal dengan Giren, nama daerah. Pesantren ini cukup legendaris di Tegal terutama dengan pengajiannya yang selalu penuh diikuti banyak pengunjung. Jika Anda melewati Pagongan ke arah Selatan, di hari Ahad, maka akan menemukan pengajian yang tumpah ruah.

Giren kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Tegal karena memang memiliki konsistensi pendidikan. Jika banyak pesantren di Tegal sudah berubah, tapi tidak demikian dengan Giren. Pesantren yang berdiri pada 1880 ini tetap konsisten dengan pendidikan klasik. Sorogan dan pengajian besar.

Fokus pendidikan di pesantren yang terletak di Talang ini pada aspek Tauhid. Oleh sebab itu memiliki nama Tauhidiyah. Keimanan menjadi nilai pokok di pesantren ini. Iman dan menyucikan hati adalah pendidikan yang utama.

Santri mukimnya sekitar 3.000, putra dan putri. Sedangkan santri kalongnya melebihi angka itu, apalagi jama’ah pengajiannya, bisa mencapai 5.000. Kini Tauhidiyah memiliki dua kampus, di Giren dan Cikura.

Ulil Albab, Warureja

Pesantren di pantura ini adalah pesantren modern. Terletak di Warureja, sisi selatan jalan Pantura sebelum perbatasan Tegal dan Pemalang. Akan terlihat sebuah masjid dan juga beberapa asrama. Pesantren ini berdiri sekitar tahun 1996.

Pesantren ini adalah alumni pesantren Gontor. Berusaha menerapkan sebaik mungkin. Kurikulum yang digunakan pun hampir sama. Pendidikan umum dan pesantren diracik menjadi satu dalam satu waktu pendidikan. Tidak terpisah pagi umum, sore agama.

Di sela-sela waktu ini ada pendidikan kajian kitab kuning. Juga ibadah seperti shalat tasbih dan lain sebagainya. Juga di pesantren ini ada penekanan pada pendidikan al Quran. Di malam hari selepas isya ada waktu khusus untuk ta’limul Quran.

Yang unik adalah di pesantren ini setiap siang ada kegiatan gerakan literasi sekolah. Kalau di Gontor ada namanya pelajaran sore, pemantapan pelajaran pagi. Biasanya adalah pendidikan bahasa dan Al Quran. Di Ulil Albab ditransformasi dengan cukup baik.

Sayangnya pesantren ini dulunya memiliki kendala pada aspek air bersih. Karena berada di pinggir laut, maka airnya terasa asin. Namun sekarang hal itu perlahan-lahan sudah diatasi. Oleh sebab itu kami masukkan pesantren ini ke dalam salah satu pesantren terbaik di Tegal.

Subulus Salam, Margadana

Pesantren yang satu ini jelas berafiliasi dengan Muhammadiyah. Pesantren yang terletak di Margadana sebenarnya lahir paling muda di antara semua pesantren yang kami sebutkan. Namun demikian pendidikan di Subulus Salam lebih banyak unsur tahfidz dan tartil Quran.

Konsepnya adalah pendidikan SMP dan SMA yang dipadukan dengan tahfidz Quran. Satu semester satu juz, sehingga dalam waktu enam tahun mampu menghafal sekitar 12 juz. Artinya, sebenarnya pesantren ini bukanlah pesantren tahfidz, hanya saja sekolahnya dikombinasikan dengan tahfidz Quran.

Oleh sebab itu kegiatannya pun sangat banyak yang bernuansa Muhammadiyah. Seperti Tapak Suci, Hizbul Wathan. Sedangkan kegiatan ekstra olah raganya adalah berenang, memanah, sepakbola, dan lain sebagainya.

Dalam sudut pandang kami ini adalah salah satu pesantren terbaik di Tegal.

Ma’had Thalabah, Lebaksiu

Orang Tegal tidak banyak yang mengetahui nama Ma’had Thalabah. Tapi kalau sudah ditanya Babakan, pasti sadar bahwa tempat itu adalah pusat pendidikan pondok pesantren klasik di Tegal. Berdirinya pada tahun 1916 M. Lebih tua dari pesantren Darunnajah.

Model pesantrenya adalah komplek. Yang terdiri dari beberapa pondok-pondok di sekitar pesantren utama. Juga ada asrama bersama kyai layaknya di pesantren Benda, Brebes. Oleh sebab itu pendidikan yang ada di dalamnya pun terbagi pagi dan sore. Pagi pendidikan formal, sore mengikuti madrasah diniyah.

Porsi untuk madrasah diniyah besar, dari pukul 14:15 hingga 16:30. Bahkan jika ada yang hanya ingin mondok saja, maka pagi hari pun belajar kitab kuning. Kitab-kitab seperti Mabadi’ul Fiqhiyah, Aqidatul Awam menjadi hal-hal pokok khas pesantren klasik.

Usianya yang cukup tua mengindikasikan bahwa pesantren ini mampu menghadapi tantangan perubahan zaman. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Tegal.

Darul Mujahadah, Prupuk

Darul Mujahadah adalah pesantren modern yang berkiblat ke Gontor. Pesantren ini terletak di Prupuk dengan luas kurang lebih sekitar 2 hektar. Kami pernah berkunjung ke pondok yang didirikan pada tahun 1991.

Darul Mujahadah memiliki karakter modern dengan nuansa Nahdlatul Ulama yang masih ada. Sehingga menurut kami pesantren ini memiliki adaptasi cukup baik di wilayah Tegal yang diketahui memiliki basis NU cukup kuat.

Motto pendidikan pun berkiblat kepada Gontor, semacam berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan, dan berpikiran bebas. Maka kegiatan-kegiatan yang ada di dalam pesantren dikiblatkan kepada filosofi ini.

Namun demikian untuk kurikulum berkiblat kepada kemenag. Jenjang yang ada di dalamnya adalah MTS, dan Aliyah. Juga ada kelas persiapan selama satu tahun. Persiapan yang dilakukan terutama dalam kaitannya bahasa dan beberapa pembelajaran Islam.

Dalam sudut pandang kami Darul Mujahadah adalah salah satu pesantren terbaik di Tegal karena konsistensi pendidikan dan sentuhan pendidikan kepada santri yang optimal dengan model pesantren modern.  

Inilah 5 pesantren terbaik di Tegal. Jika Anda memiliki opsi lain, atau ada revisi dari apa yang kami tulis, bisa mencantumkan di kolom komentar.

Share This:

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *