5 Tempat Wisata Terbaik di Tasikmalaya

Posted by

Tasikmalaya sangat terkenal sebagai sentra konveksi murah. Selain itu, kota yang terkenal dengan sebutan “Delhi Van Java” ini seringkali mengadakan acara-acara tahunan untuk menarik para pengunjung. Sebut saja seperti Tasik Festival, Tasikmalaya Open pada 2010, Tasikmalaya Craft and Culture serta Festival Kuliner Tasikmalaya.

Berbagai tempat wisata di Tasikmalaya juga siap memanjakanmu. Kota ini memiliki ke khasan sendiri sebagai salah satu kota administratif di Jawa Barat. Potensi alam yang tak banyak tersentuh modernisasi hingga keramahan para penduduknya menjadi poin plus bagi Tasikmalaya untuk segera dikunjungi. Oleh sebab itu kami akan mengulas tempat wisata terbaik di Tasikmalaya.

GUNUNG GALUNGGUNG, Leuwisari

Nah, gunung ini merupakan ikon wisata dari Tasikmalaya. Berlokasi sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya, Galunggung memiliki pesona tersendiri untuk dikunjungi.

Berbagai wisata air panas yang mengandung belerang aktif di sekitar gunung dapat kamu gunakan untuk melepas penat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan jauh.

Kenapa kami sebut jauh? Karena untuk menuju puncak Galunggung, kamu perlu menaiki sekitar 350 hingga 600 anak tangga. Wow, cukup tinggi bukan? Tentu setelah semua perjuangan untuk naik kesana, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah, bila beruntung, kamu dapat merasakan sensasi awan yang menutupi puncak gunung.

Tak ada tiket masuk untuk menikmati gunung ini, namun, bukan kamu tidak membayar sama sekali ya. Justru karena tidak ada tiket, ada banyak retribusi yang harus dibayar, sekalipun nominalnya tidak akan membuat kantong kamu bolong. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam tempat wisata terbaik di Tasikmalaya.

TONYONG CANYON CIPATUJAH, Nagrog

Lokasi wisata ini belumlah terlalu populer seperti tempat wisata yang lain di Tasikmalaya. Mungkin sebagian kamu baru pertama kali membaca namanya. Namun jangan salah, wisata air sungai dengan tebing-tebing coklat eksotis di sekitarnya ini mulai banyak dilirik pengunjung.

Ada beragam aktifitas liburan yang dapat kamu lakukan disini, berenang di aliran sungai sejauh 60 meter adalah salah satunya. Melompat dari atas tebing dengan kepala menghujam ke sungai akan memacu adrenalin kamu.

Tak perlu takut dengan bebatuan curam di dasar sungai ya, pengelola memastikan, tak ada batu berbahaya yang akan mencelakai kamu di dasar sungai. Bagi kamu yang kurang suka atau tidak bisa berenang, kamu dapat bersantai dengan duduk di tebing-tebing sambil berfoto.

Baca: 7 Inspirasi Terbaik dari BJ. Habibie

Tiket masuk yang dibanderol sekitar 10 hingga 20 ribu rupiah saja. Cukup murah bukan? Akses menuju Tonyong Canyon juga cukup mudah, dari pusat kota anda dapat mengambil arah ke KarangNunggal  untuk selanjutnya mengambil jalur kiri menuju Cipatujah, kemudian lanjutkan perjalanan menuju desa Nagrog. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai tempat wisata terbaik di Tasikmalaya.

Kampung Naga – Tripadvisor.com

KAMPUNG NAGA, Slawu

Secara administratif, Kampung Naga berada di Desa Neglasari, Kecamatan Salwu, Tasikmalaya. Dataran ini terletak di pinggir sungai Ciwulan di ketinggian 1200 mdpl. Kampung Naga sangat terkenal dengan kearifan lokalnya.

Adat di Kampung Naga masih sangat lestari, mereka memegang teguh tradisi nenek moyang dan menolak intervensi dari pihak luar yang merusak kelestarian lingkungan mereka.

Salah satu contohnya adalah, lestarinya hunian mereka. Rumah-rumah di Kampung Naga berbentuk panggung dengan bahan kayu dan bambu. Atap-atap rumah harus dari alang-alang, daun nipah atau daun ijuk. Rumahnya pun harus menghadap ke utara atau selatan, memanjang kearah barat dan timur.

Nah, sedikit tips sebelum mengunjungi Kampung Naga. Pastikan kamu mengisi batrai hape dan membawa powerbank karena tidak adanya listrik. Jangan lupa juga untuk memakai pakaian yang sopan ya. Maka Kampung Naga termasuk wisata terbaik di Tasikmalaya.

MASJID AGUNG TASIKMALAYA

Salah satu bangunan tertua di Tasikmalaya adalah Masjid Agung yang mampu menampung ribuan jamaah. Ikon Tasikmalaya ini sering dikunjungi oleh umat muslim yang ingin mengetahui tentang sejarah perkembangan Islam pada abad ke-19.

Masjid yang terletak di tengah kota ini sangat indah dengan arsitektur kolonial dan sunda yang khas nan unik. Lokasinya dekat dengan taman sehingga membuat anak-anak senang bermain di area sekitar masjid. Kamu juga dapat beribadah dan beristirahat dengan baik karena masjid ini sangat nyaman.

Baca: Germo Saja Wajib Jujur

Masjid ini juga sangat bagus dijadikan tempat foto, instagramable. Oleh sebab itu kami jadikan salah satu tempat wisata terbaik di Tasikmalaya.

sumber: tribunnews.com – tempat wisata terbaik di Tasikmalaya

TAMAN KARANG RESIK, Sukamanah, Cipedes

Dibuka pada bulan Maret tahun lalu, Taman Wisata Karang Resik bisa menjadi pilihan kamu untuk menikmati liburan akhir pekan. Berbagai fasilitas didalamnya seperti, waterpark, museum mural, sky walk, rumah pohon hingga taman bunga dengan aneka patung hewan.

Selain itu, ada juga camping ground, farm house, labirin serta terowongan bambu sepanjang 1 kilometer yang bisa dijelajahi oleh pengunjung dari berbagai usia. Aktifitas paling seru yang bisa kamu lakukan adalah flying fox dan sepeda gantungdiatas sungai Citanduy sepanjang 800 meter.

Berlokasi di Jalan Mohammad Toha, taman wisata ini buka pukul 8 pagi hingga malam hari. Tiket masuknya cukup murah, dengan 15 ribu rupiah (namun belum termasuk tiket outbound ya), kamu sudah bisa menikmati indahnya taman wisata ini. Tempat wisata terbaik di Tasikmalaya ini patut dijadikan destinasi akhir pekan Anda.

Inilah beberapa tempat wisata terbaik di Tasikmalaya. Jika Anda memiliki pengalaman lain, silakan cantumkan di kolom komentar untuk selanjutnya kami review.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *