5 Tempat Wisata Terbaik di Ciamis

Posted by

Ciamis merupakan kabupaten paling timur di Jawa Barat, letaknya bersebelahan dengan Cilacap yang sudah masuk wilayah Jawa Tengah. Nah, jika dilihat dari letak geografisnya, Ciamis merupakan jalur pembatas Jawa Tengah dan Jawa Barat yang sangat strategis dan juga berdekatan dengan pantai.

Maka dari itu, suhu di Ciamis berkisar antara 20 hingga 30 derajat celsius. Buat kamu yang akan mampir ke kabupaten ini, berikut kami rangkumkan beberapa tempat wisata terbaik di Ciamis, kabupaten dengan oleh-oleh khas abon sapi ini.

KAMPUNG KUTA, Tambaksari

Ingin mengunjungi Kuta diluar pulau Bali? Kamu bisa menemukannya di Ciamis. Kalau di Tasikmalaya ada kampung Naga yang terkenal dengan kearifan lokalnya. Maka, sama halnya dengan Kampung Kuta di Ciamis. Terletak di Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari, kampung ini sangat kental dengan adat istiadatnya.

Baca: 7 Inspirasi Terbaik dari BJ. Habibie

Warga di kampung ini sangat getol dalam melestarikan hutan dan memelihara mata air serta pohon aren. Bila kamu mengunjungi Kampung Kuta, pastikan kamu tidak melanggar pantangan-pantangan yang ada. Salah satunya adalah dengan tidak keluar rumah diatas jam lima sore.

Selain itu, ada juga hutan keramat yang tidak semua orang bisa memasukinya. Nah, bila kamu penasaran, menuju Kampung Kuta tidaklah susah. Bila kamu berada di Ciamis, kamu bisa lewat Kecamatan Rancah. Namun, bila lokasimu lebih dekat dengan Kota Banjar, kamu bisa melewati Kecamatan Katapang. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam tempat wisata terbaik di Ciamis.

MEGA WISATA ICAKAN, Baregbeg

Tempat wisata dengan luas 70 hektar ini terletak di bawah kaki Gunung Syawal  dengan danau buatan di sekitarnya. Lokasinya berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg tak jauh dari alun-alun Ciamis. Jika kamu menggunakan angkutan umum, maka kamu bisa menggunakan angkutan 016 jurusan Jalatrang.

Berbagai wahana dan fasilitas yang lengkap di Mega Wisata Icakan membuat tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Beberapa wahana yang tersedia antara lain flying fox, waterboom, sepeda air, dan lain sebagainya. Sementara fasilitas untuk para pengunjung antara lain gazebo, kolam terapi ikan, penginapan hingga sirkuit.

Tiket yang dibanderol pun cukup murah, harga tiket masuknya 5000 rupiah dan harga setiap wahana 10.000 rupiah saja. Bila kamu ingin menyewa gazebo untuk beristirahat, kamu cukup membayar 30.000 saja. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam tempat wisata terbaik di Ciamis

CAGAR ALAM PANANJUNG, Pangandaran

Salah satu cagar alam yang cukup ramai dikunjungi oleh penikmat flora dan fauna adalah Cagar Alam Pananjung. Terletak di sekitar Pantai Pangandaran, cagar alam ini memiliki banyak koleksi flora dan fauna. Salah satu diantaranya adalah flora langka bernama Rafflesia Fatma.

Selain banyaknya flora dan fauna, kamu juga akan dimanjakan oleh indahnya pemandangan laut dan berbagai goa-goa. Sejumlah goa yang dapat disaksikan keunikannya adalah Goa Jepang yang sudah ada sejak perang dunia ke II, ada pula goa Parat, goa Kramat, goa Panggung, goa Rengganis dan goa Sumur Modal.

Destinasi wisata yang selalu ramai di akhir pekan ini cukup mudah diakses. Berjarak 223 kilometer dari Bandung, kamu cukup menempuh perjalanan selama lima jam untuk sampai ke Ciamis. Tiket masuk yang dibanderol sekitar 150 hingga 200 ribu rupiah, sudah termasuk asuransi untuk setiap orang.

CURUG TUJUH CIBOLANG

Kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis memiliki destinasi wisata alam air yang sungguh indah. Bernama Curug Tujuh, Curug ini memang memiliki tujuh air terjun di satu tempat. Tiap tingkatnya diberi nama Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cibuluh dan Curug Cileutik.

Keindahan panorama Curug berketinggian 800 – 900 mdpl bisa dinikmati setelah kamu naik mengitari bukit dan melalui jalan setapak hutan pinus milik Perhutani. Udara bersuhu 18 – 19 derajat celcius akan membuatmu merasa sejuk selama berada di Curug Tujuh Cibolang.

gambar: internet, wisata terbaik di ciamis

GREEN CANYON

Seakan tak kehabisan lokasi wisata alam menarik nan menyejukkan, Ciamis memiliki satu lagi wisata alam terbaik. Pemandangan hutan dengan pepohonan yang rimbun, tebing – tebing tinggi dengan ukiran dari Sang Pencipta serta tenangnya riak sungai jernih berwarna kehijauan membuat siapa saja ingin kembali kesini. Yap! Green Canyon.

Sepanjang perjalanan di sungai ini, kamu akan merasakan sensasi alam yang sangat natural. Sungai jernih dengan kehidupan ikan, udang hingga ular akan sesekali muncul di permukaan. Harga sewa perahu cukup terjangkau, untuk satu perahu, kamu akan dikenakan biaya 75 ribu saja plus pemandu. Jangan khawatir terjatuh ke sungai ya.

Inilah beberapa tempat wisata terbaik di Ciamis. Jika ada usulan bisa dicantumkan di kolom komentar.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *