6 Pesantren Terbaik di Kendal

Posted by

Kendal Beribadat adalah slogan dari kabupaten Kendal yang terletak bersebelahan dengan Kota Semarang. Dikenal dengan kawasan religius, maka tak heran bila kabupaten ini memiliki banyak sekali pesantren dan pondokan-pondokan. Salah satu wilayah santri yang terkenal di Kendal adalah Kaliwungu.

Suasana di Kaliwungu sangat islami, kamu akan menemukan banyak santri memakai sarung di sekitar jalan atau pertokoan. Lingkungannya penuh dengan masjid dan aktifitas kajian. Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan pesantren di kabupaten Kendal. Berikut ulasan kami tentang 6 pondok pesantren terbaik di Kendal.

PONDOK PESANTREN DARUL ARQOM PATEAN

Pondok yang berdiri pada tahun 2009 ini sudah mengalami banyak sekali kemajuan. Bermula dari satu gedung hingga sekarang memiliki banyak gedung dan masjid besar sebagai pusat pendidikannya. Pimpinan Darul Arqom sendiri adalah K.H Ishaq, seorang yang telah berkecimpung lama di dunia pendidikan.

Para pengajar di Darul Arqom memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Bagi guru-guru agama, hampir seluruhnya berasal dari berbagai pesantren di Jawa. Sedangkan untuk guru-guru pelajaran umum, diampu sesuai dengan jurusan dan keahliannya.

Hal menarik yang perlu dicermati dari pesantren ini adalah disiplinnya bagi para santri. Darul Arqom memiliki standar nilai dan hafalan yang harus dipenuhi para santri setiap tahunnya. Nah, bila mereka tidak mampu mencapai target, maka mereka tidak dapat pulang seperti teman-temannya.

Baca: Pesantren Terbaik di Jawa Tengah

Tentu selain pelajaran, ada segudang kegiatan lain. Pramuka, pidato, kursus bahasa dan berbagai jenis olahraga siap membuat para santri semakin betah. Biaya yang dikeluarkan pun tak mahal. SPP yang perlu dibayarkan adalah 500 ribu rupiah (sudah termasuk uang makan) per bulannya. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Kendal.

Alamat PP DARUL ARQAM : Jalan Tugu Mas RT 05 RW 01, Pager Sari, Patean, Paturen I, Pagersari, Patean, Kendal. 51364 – (0294) 451622

PONDOK MODERN DARUL AMANAH SUKOREJO

Pondok Modern Darul Amanah merupakan salah satu cabang dari Pondok Modern Darunnajah Jakarta. Selain itu, pondok ini juga tergabung dalam barisan pondok alumni Gontor yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

Tanah awal pondok ini adalah hasil dari wakaf salah satu donatur bernama H. Sulaiman sebesar 6.000 m. Setelah itu pondok didirikan oleh beberapa ulama dan tokoh masyarakat setempat hingga kemudian jadi sebesar ini.

Pesantren ini berjenjang Mts dan MA/SMK. Setelah santri melewati masa Mts selama tiga tahun, maka akan diadakan ujian kelulusan Mts. Selanjutnya, santri akan memilih apakah ia meneruskan ke MA/SMK.

Enam tahun pendidikan di Darul Amanah merupakan jenjang TMI (Tarbiyatul Mualimin Al Islamiyah). Perpaduan kurikulum agama dan umum serta extrakulikuler menjahit, sablon, bengkel, kajian kitab, marching band hingga taek won do semakin memperlengkap khazanah keilmuan pondok ini. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Kendal.

Alamat PP DARUL AMANAH : Jalan Sukorejo – Tersono No KM.04, Kabunan, Ngadiwarno, Sukorejo, Kendal. (0294) 452473.

PONDOK DARUSSALAM KALIWUNGU

Pondok pesantren Darussalam salaf putri didirikan pada tahun 1954 oleh K.H. Farichin. Bertempat di kampung Saribaru Krajankulon Kaliwungu. Setelah K.H Farichin wafat, kepemimpinan pondok dilSanjutkan oleh menantunya K.H Sodikin. Dibawah kepemimpinan K.H Sodikin, pondok berkembang dan maju, sehingga diganti menjadi Pondok Pesantren Darussalam Salaf Putra.

Pembelajaran yang didapat adalah pengkajian kitab kuning dan kitab-kitab anjuran. Tak hanya kitab kuning, pendidikan umum juga diajarkan sebagai penyeimbang. Selain belajar kitab, para santri juga mendapatkan pelajaran tambahan berupa latihan rebana, pidato hingga berbagai jenis olahraga. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Kendal.

Alamat PP DARUSSALAM KALIWUNGU : Pandean, Krajan Kulon, Kaliwungu 51372 . (0294) 5740810 / 081 225 534 333.

PONDOK PESANTREN AL FADLU WAL FADHILAH KALIWUNGU

Telah berdiri sejak 32 tahun yang lalu, pondok ini merupakan salah satu pondok pesantren tertua di kabupaten Kendal. Pesantren yang didirikan oleh K.H. Dimyati Rois pada tahun 1985 ini memiliki kajian khusus yang diasuh langsung oleh pimpinan pondoknya, K.H. Dimyati Rois yaitu kajian kitab Riyadhus Shalihin.

Hingga saat ini, belum ada yang tahu, kapan kajian ini akan khatam. Hal itu disebabkan karena Abah Dim (panggilan K.H Dimyati Rois) yang akan mengakhirinya sendiri.

Pendidikan formal yang ada adalah SMP dan SMA, sedangkan untuk pendidikan non formal ada pendidikan takhassus. Fasilitas di pondok ini sudah cukup lengkap, mencakup gedung dan masjid, koperasi, aula, hingga laboratorium komputer.

Sementara itu, pendidikan non formal yang didapatkan adalah tahfiz Al Quran, rebana, pramuka, latihan pidato, jurnalistik hingga bahasa asing. Jika kamu tertarik untuk belajar disini, kamu dapat melihat lokasinya di Kampung Jagalan, Kutoharjo, Kaliwungu. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Kendal.

Alamat PP ALFADLU WAL FADHILAH : Kauman, Kutoharjo, Kaliwungu, 51372.

PONDOK PESANTREN APIK KALIWUNGU

Pada awal berdirinya, pendiri dan tokoh masyarakat sekitar memberi nama pondok ini dengan Al Ma’hadus Salafi Al Kaumani. Disebut Al Kaumani karena masyarakat sekitar yang belajar ngaji di Masjid Jami’ Al Muttaqien Kaliwungu dinamakan masyarakat kauman.

Setelah bertambahnya santri yang tidak hanya berasal dari masyarakat sekitar, pondok pun berbenah dan membangun banyak gedung. Nama pesantren pun berubah menjadi APIK yang merupakan singkatan dari Asrama Pelajar Islam Kauman.

Pesantren ini memiliki kelas persiapan selama dua tahun dan masa belajar delapan tahun. Dalam tingkatan kelas persiapan, materi yang ditekankan adalah baca Alquran dengan baik dan benar dan fiqh sehari-hari. Sedangkan untuk kelas lanjutan, ilmu yang diajarkan sangat beragam, mulai dari pemahaman bahasa serta kaidah-kaidahnya hingga ilmu akidah dan tasawuf.

Baca: 9 Pekerjaan Terbaik untuk Millenial | Gaji Tinggi

Semetara itu, untuk kelas extrakurikuler di pondok APIK berbeda dengan pondok-pondok pada umunya. Ada kurang lebih 5 extrakulikuler yang diikuti oleh ssantri. Pengajian Bandongan yang fokus pada ilmu Nahwu dan Balaghoh menjadi pelajaran utama pada ekskul ini. Setelah itu ada pembacaan syiir yang disebut lalaran, musyawaroh pelajaran, bahtsul masail atau pemutusan masalah kekinian dan pendidikan psikologi. Sehingga kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Kendal.

Alamat PP APIK KALIWUNGU : Kauman, Krajan Kulon, Kendal 51372 – 0811 2780 274

PONDOK TAHFIDZ DARUSSALAM WELERI

Bagi kamu yang sedang mencari pondok pesantren berbasis hafalan quran di daerah Kendal, pondok Darussalam Weleri Kendal patut dipertimbangkan.

Pondok ini membuka pendaftaran untuk jenjang SD dan SMP saja, putra dan putri dengan biaya terjangkau, sekitar 800 ribu perbulannya.

Pendiri sekaligus pemimpin dari pondok tahfdiz Darussalam adalah K.H Sudiono Ibnu Somad, beliau adalah salah satu alumni pondok Gontor. Dalam menjalankan pendidikan tahfidz di Darussalam, beliau dibantu oleh anak-anaknya yang merupakan lulusan timur tengah.

Kurikulum yang diajarkan juga disesuaikan dengan pola pendidikan di Indonesia, sehingga santri akan menerima pembelajaran menyeluruh, umum, agama dan tahfidz.

Sebelum menuntaskan hafalan quran, santri diwajibkan untuk mampu membaca dan menulis Al Quran dengan baik. Setelah dua komponen itu dikuasai maka mereka sampai di tahapan menghafal quran.

Bilamana santri sudah memiliki hafalan dan kemampuan bacaan yang baik sebelum masuk pondok, para guru tetap akan menguji dan mengulangi bacaannya dari iqro. Hal ini dikarenakan pondok memiliki standar sendiri dalam menerapkan pengamalan Al Quran kelak. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Kendal.

Alamat PP DARUSSALAM WELERI : Caruban, Ringinarum, Kendal – 0819 0496 0049 – 0852 2614 2453

Jika ada yang memiliki usulan pesantren terbaik di Kendal lainnya bisa dicantumkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *