pesantren sidogiri pasuruan

Pesantren Modern Al Quran Pekalongan | Biaya dan Kelebihan

Posted by

Pesantren modern Al Quran Pekalongan itulah namanya. Jadi tidak ada nama seperti Al Hikmah dan lain sebagainya. Menurut kami ini cukup unik. Apalagi fokus pada aspek Al Quran. Oleh sebab itu kami tertarik untuk membahasnya.

Kami rangkum dari beragam sumber, termasuk halaman facebook pesantren Modern Al Quran Buaran Pekalongan. Kami sajikan dari profil pondok pesantren, pendidikan tahfidz Quran, hingga biaya pendaftaran.

Profil Ponpes Modern Al Quran Buaran

Wilayah pantura memang dikenal sebagai salah satu gudang pesantren Al Quran, bisa ditengok di tulisan kami pesantren terbaik di Kendal. Begitu juga dengan yang satu ini, di Pekalongan, tepatnya di Buaran.

Berawal dari kecintaan seorang hafidzul Quran, yaitu KH. Syafi’i Abdul Majid, pesantren ini berdiri pada tahun 1975 dengan prakarsa bersama teman-temannya, H.A Djunaid dan KH. Ghofar Ismail.

pesantren modern al quran pekalongan

Awalnya nama pesantren ini hanya Pesantren Al Quran Buaran, yaitu nama daerah seperti layaknya Gontor, Tebuireng dan lain sebagainya. Namun seiring berjalannya waktu menjadi Pesantren Modern Al Quran Buaran. 

Fokus pesantren ini pada awalnya tidak hanya tahfidz Al Quran, tapi juga ulumul Quran, Ilmu Qira’ah, tafsir, Khattul Quran, pokoknya segala sesuatu tentang Al Quran. Kalau di Jawa Timur yang demikian adalah PIQ Singosari Malang. 

Kini Pesantren ini lebih dikenal sebagai pesantren tahfidz Quran dengan target 30 juz. Meskipun sebenarnya aspek lainnya tidak hilang karena santri akan dididik di madrasah diniyyah Ulumul Quran. 

Kurikulum Pendidikan di Pesantren Buaran

Yang kami lihat dari brosur ada dua jenjang yang bisa dinikmati di pesantren ini. Pertama jenjang MTs, dengan akreditasi B. Di jenjang ini santri menikmati pendidikan formal sekaligus menghafal Al Quran.

Target hafalannya 6 juz selama tiga tahun. Namanya MTs Azzaky, dengan integrasi antara IPA dan Al Quran ada pula integrasi IPS dan Al Quran. Jadi sejak jenjang menengah sudah ada fokus jurusan.

Bahkan untuk jenjang ini ada Mathematic Club. Sehingga pendidikan formalnya cukup dominan. Mirip dengan Isy Karima Solo yang juga fokus pada IPA dan tahfidz Quran.

Jenjang selanjutnya adalah tingkat menengah atas. Nah di jenjang ini pendidikan agamanya kami perhatikan lebih kental, bahkan untuk formalnya menggunakan kejar paket C, seperti umumnya pesantren khusus tahfidz Quran.

Di jenjang ini pula ada ekstra berupa membaca kitab kuning untuk pendalaman ilmu-ilmu keislaman. Khas pesantren-pesantren di pulau Jawa yang memang membutuhkan pendalaman kitab kuning.

Plus ada yasinan dan tahlilan. Pekalongan memang dikenal sebagai tempat Nahdhatul Ulama, NU. Bisa dilihat dari pesantren terbaik di Pekalongan lainnya di sini. Beberapa memang demikian. 

Kelebihan Ponpes Buaran Pekalongan

Kelebihan utama dari pesantren ini memang mampu mencetak penghafal Quran secara bertahap. Contoh di saat wisuda pada tahun 2020 di peringatan Nuzulul Quran, pesantren ini berhasil mencetak 115 wisudawan. 

Di antaranya adalah tiga santri yang sudah hafal 30 juz. Sedangkan di tahun sebelumnya berhasil mewisuda 11 santri yang hafal 30 juz Al Quran. Kini jumlah santrinya lebih dari 600 dari beragam penjuru di Indonesia. 

Selanjutnya adalah lingkungan pesantren yang terasa sangat modern. Terutama dari aspek masjidnya yang cukup jelas menjulang dengan beberapa menaranya. Jalanan bersih. Orang sering menyebut seperti islamic centre.

Bahkan dalam komplek tersebut tersedia rumah sakit, tempat manasik haji, dan sarana olah raga. Karena di wilayah pantura, maka angin dari pantai terasa sepoi-sepoi. Ini memang pesantren tahfidz Quran bagus di Pekalongan.

Biaya Masuk Ponpes Modern Al Quran

Adapun biaya masuk pesantren untuk putra dan putri tidak begitu beda jauh, sekitar 2.5 juta. Untuk SPP perbulan sekitar 350.000. Kalau menurut kami tergolong pesantren murah di Pekalongan namun berkualitas. 

Untuk MTs sayangnya memiliki daya tampung terbatas. Untuk putra sekitar 68 siswa, untuk putri juga 68 siswa. Total empat kelas. Masing-masing kelas berjumlah 34 anak. Lumayan. Ini memang salah satu pesantren favorit di Pekalongan.

Jika Anda kebingungan bisa menghubungi nomor berikut ini, 0852 1283 7763. Komunikasi via whatsApp atau jika ragu ditelpon. Ada ustadzah yang akan menerima dengan baik. 

Alamat Lengkap Pesantren

Pesantren ini memiliki alamat lengkap di Jl. Pelita II, Buaran, Kec. Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Kalau memakai kendaraan pribadi tidak begitu sulit. Mudah dijangkau.

Halaman facebook pesantren ini bisa dikunjungi di sini. Jika ada kekeliruan dalam informasi, bisa cantumkan di kolom komentar.

Kiranya ada lembaga pendidikan yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *