Pesantren Qotrun Nada Depok | Biaya Pendaftaran Terjangkau

Posted by

Pesantren Qotrun Nada Depok merupakan salah satu pondok pesantren terbaik  yang identik dengan warna hijaunya, mulai dari gedung, seragam batik, hingga kaos olahraganya. Ini merupakan pondok pesantren yang sudah berdiri sejak tahun 1996.

Pondok Pesantren Qotrun Nada adalah salah satu lembaga pendidikan yang memiliki paket pendidikan lengkap untuk putra dan juga putri dengan lokasi terpisah.

Seperti apa profilnya? Mari simak ulasan lengkap yang kami rangkum dari berbagai sumber, khususnya website resmi pesantren. Dari profil hingga biaya pendaftaran pesantren Qotrun Nada Depok.

Profil Pesantren Qotrun Nada Depok 

Bagi masyarakat Cipayung yang tinggal di sekitar Pondok Pesantren, keberadaan lembaga pendidikan ini sangatlah berarti. Karena di sanalah mereka bisa belajar Al-Qur’an.

pesantren qatrun nada depok

Karena kecintaan masyarakat inilah yang membuat para pendiri Pondok Pesantren Qotrun Nada yakin untuk melebarkan majlis ta’lim ini menjadi sebuah lembaga pendidikan islam sebagai bentuk khidmat untuk ummat.

Menariknya, Pondok Pesantren Qotrun Nada ini tidak hanya memiliki satu pendiri, tetapi 3 (The Family Fathors). Beliau adalah KH. Drs. Burhanuddin Marzuki, Ust. Syamwari, dan Ust. Achyanuddin Syakier. 

Ponpes Qotrun Nada ini juga memiliki ciri khas pesantren NU lainnya. Yang pembelajaran agamanya sangat kental dengan kitab-kitab kuning klasik sebagai medianya. 

Menurut kami, Ponpes di Depok ini memiliki keistimewaan tersendiri, dimana lokasi Ponpes Qotrun Nada Depok persis di sebelah sungai. 

Jauh dari kota membuat Pondok Pesantren Qotrun Nada Depok ini menjadi tempat yang syahdu bagi para santri untuk mengaji dan belajar dan ditemani riak suara sungai khas pondok pesantren jaman dulu. 

Identitas Pesantren Qotrun Nada Depok 

Identitas yang dimiliki Pondok Pesantren Qotrun Nada Depok adalah salafiyah, mengaji kitab. Namun seiring perkembangan zaman dan juga menjawab kemajuan teknologi yang ada, maka Pondok Pesantren Qotrun Nada Depok memodernisasikan kurikulum pendidikannya.

Modern berarti adanya pembentukan karakter santri yang lebih kuat, penggunaan bahasa bilingual aktif (bahasa arab dan inggris) dan juga dikombinasikan dengan kurikulum kementrian agama. 

Namun, Pesantren Qotrun Nada Depok tetap tidak meninggalkan ciri khas pesantren nahdhatul ulama, seperti wirid, dan bacaan-bacaan rattibul haddad seperti Al Muhajirin Cikarang juga yang lainnya.

Karenanya, Pondok Pesantren Qotrun Nada Depok bukan hanya “pesantren” tapi juga disempurnakan dengan jenjang pendidikan formal seperti MTs dan MA.

PanduanTerbaik.id

Tahfidz Quran dan Tafaqquh fid Din

Nah tahukah Anda, guna menyelenggarakan pendidikan yang sesuai kurikulum, Pondok Qotrun Nada Depok selain menyediakan pendidikan formal, pondok juga mengadakan 2 program pendidikan khusus.

Yang pertama adalah kelas tahfidz Al-Qur’an. Pesantren Qotrun Nada menyiapkan kelas tahfidz qur’an khusus bagi para santri yang ingin mengahafal Al-Qur’an. 

Dan hasilnya pun sangat bagus. Sudah ada beberapa santri yang mampu menyelesaikan hafalannya hingga 30 juz.

Yang kedua adalah kelas tafaqquh fid din atau kelas memperdalam ilmu agama. Bagi para santri yang ingin memperdalam ilmu agamanya, maka Pesantren Qotrun Nada menyiapkan kelas ini.

Seperti apa bentuk kelasnya? Di sini para santri belajar kitab kuning klasik. Yang disesuaikan dengan jenjang pendidikannya. Dari awal kemudian lanjutan hingga ke kitab tertinggi.

Lalu bagaimana jika santri ingin masuk kelas tafaqquh fid din tapi belum bisa membaca kitab?

Maka para santri tersebut bisa mengikuti kelas amtsilati terlebih dahulu. Kelas amtsilati adalah kelas tambahan, yang digunakan sebagai kelas khusus belajar membaca kitab dari pemula. Jenjangnya bertingkat. Seperti pesantren kitab kuning di Indonesia.

Dengan kelas ini, para santri diajarkan rumus bahasa arab dan kitab kuning secara cepat dan mudah, waktunya pun tidak lama sekitar 1 tahun.

Fasilitas Pesantren Qotrun Nada Depok

Berbicara mengenai sarana dan prasarana di Qotrun Nada Depok bisa dibilang cukup.

Gedung sekolah, asrama dan pesantren yang tingkat, laboratorium komputer, toko kitab, UKS, masjid, aula serbaguna, internet dan hotspot area, perpustakaan, dan masih banyak lagi.

Melihat luasnya area pondok, wajar saja jika santri di Pondok Pesantren Qotrun Nada Depok kini hampir 2000 ribuan. 

Pendaftaran dan Biaya Masuk Qatrun Nada Depok

Adapun cara mendaftar cukup mudah. Yakni via online dengan mengakses website resmi Pondok Pesantren. Pendaftarannya pun dibuka mulai dari 25 Oktober 2020 – 30 Mei 2021.

Untuk biaya pendaftarannya sendiri, calon santri baru diwajibkan membayar biaya formulir pendaftaran yang ditransfer sekitar Rp. 250.000 ribu rupiah.

Ditransfer ke Bank Mandiri dengan nomor 1570000591553 atas nama Yayasan Ummu Adiyah dan melakukan konfirmasi pembayaran ke nomor 0896-2606-7119 (Habibi)

Sedangkan biaya pendaftaran Qotrun Nada Depok sekitar 3 juta rupiah (sudah termasuk sumbangan operasional pendidikan, pekan khutbatul arsy, program kursus komputer 1 bulan, biaya aktifitas organisasi 1 tahun, dan uang SPP 1 bulan).

Selain itu ada biaya tambahan perlengkapan santri sekitar 3 juta (sewa lemari, kasur, seragam olahraga, baju batik, paket kitab (tahun pertama), baju koko putih (putra)/baju putih (putri), dan box catering).

Dan uang SPP bulanan atau syahriah sekitar Rp. 600.000 ribu. Menurut kami tergolong murah. Bisa dibandingkan dengan pesantren di Depok lainnya di sini. 

Pondok Pesantren Qotrun Nada juga memberikan kemudahan bagi calon santri baru untuk mencicil biaya masuk pondok hingga tanggal 29 Mei 2021. 

Menurut kami, biaya masuk Pondok Pesantren Qotrun Nada tidaklah mahal, dan sudah termasuk murah untuk ukuran pondok pesantren paket lengkap. Jika ingin yang mahal bisa kunjungi boarding school di Bogor di sini. 

Alamat Pesantren Qotrun Nada Depok

Ponpes ini berlokasi di Jl. Qotrun Nada No.1, Cipayung Jaya, Kec. Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat 16437. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi di nomor telepon berikut : 0896-2606-7196 (Sandy).

Atau kunjungi website resmi Ponpes Qotrun Nada Depok di sini. Jika ada kekeliruan informasi mohon cantumkan di kolom komentar, kami akan perbaiki.

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *