pesantren terbaik di Depok

9 Pesantren Terbaik di Depok | Warna Langitan sampai Gontor

Posted by

Pesantren terbaik di Depok merupakan pesantren yang menjadi tempat favorit bagi penduduk Jakarta dan Bogor. Hal ini mengingat kota tersebut berada di tengah-tengah antara kedua kota besar di Indonesia. Oleh sebab itu pesantren favorit di Depok menjadi satu tujuan utama pendidikan anak. Bahkan jumlah pesantren di kota belimbing ini cukup banyak.

Pesantren di Depok memiliki karakter yang mirip dengan pesantren-pesantren di kota-kota Indonesia, yaitu memiliki pendidikan agama dan umum yang seimbang, bahkan beberapa memiliki pendidikan umum yang lebih dominan.

Pesantren terbaik yang kami ulas merupakan versi PanduanTerbik.id yang berdasarkan review personal, rating Google, kelengkapan informasi dan lain sebagainya. Tentu ada unsur subjektivitas. Namun harapan kami bisa membantu dan mempermudah para pencari informasi lembaga pendidikan khususnya pesantren.

Pesantren Modern Darus Sholihin Sawangan

Salah satu pesantren terbaik di Depok adalah Darus Sholihin. Pesantren ini memadukan antara pendidikan formal dengan pendidikan Al Quran. Walaupun namanya tidak khusus Al Quran tapi ketika kami periksa kegiatan hariannya, lebih banyak unsur dengan Al Quran. Selepas tahajud ada kewajiban tadarus Quran, sedangkan selepas magrib tahfidz Quran.

Hal ini tidak lain karena profil pengasuh pesantren yang juga mendalami studi Al Quran, DR. Ahmad Dimyati.

Untuk pagi hingga siang diadakan pendidikan formal, SMP IT dan MA. Waktunya dari pagi hingga siang. Sedangkan selepas dhuhur hingga sore lebih banyak dihabiskan di pesantren. Adapun secara nuansa lingkungan lebih kental dengan lingkungan pesantren tradisional dengan model pengajian.

Untuk pendaftaran, di pesantren ini biaya yang dibutuhkan sekitar Rp15.000.000-an. Sedangkan untuk SPP sebesar Rp1.250.000-an perbulan. Info lengkap bisa kunjungi website resmi di sini, http://darussholihin.sch.id/.

Pesantren Madinatul Quran

Dari namanya sudah diketahui sebagai pesantren yang khusus Al Quran. Pesantren ini memang mendidik santri tidak hanya dekat dengan Al Quran tapi juga hafal Al Quran. Setiap jenjang memiliki target hafalan dalam jumlah juz tertentu.

Pesantren ini memiliki akumulasi dari empat kurikulum. Yaitu kurikulum pesantren seperti belajar ilmu Aqidah, ulumul Quran, Tafsir, Fiqh, dan lain sebagainya. Sehingga pengetahuan tentang Islam dimiliki dengan baik.

Kedua adalah kurikulum diknas. Yang dipelajari adalah pendidikan pokok. Kemudian kurikulum tahfidz Quran. Di pesantren ini sudah disetting selama enam tahun hafal 30 juz. Setiap tahun sekian juz sebagai syarat sekolah. Keempat adalah ektrakulikuler yang cukup variatif.

Oleh sebab itu jika ingin mencari pesantren tahfidz Quran di Depok, pesantren Madinatul Quran merupakan salah satu pilihan terbaik. Info lengkap pesantren bisa kunjungi website di sini, https://www.madinatulqurandepok.com/.

Pesantren Qatrun Nada

Bisa dikatakan pesantren Qatrun Nada merupakan salah satu pesantren terbesar di Depok. Pesantren ini memiliki santri berjumlah 2000-an. Meskipun tahun berdirinya di tahun 1995-an, namun pesantren ini tumbuh dengan begitu baik.

Pesantren ini memiliki kelebihan mampu menggabungkan tiga unsur. Pertama, kurikulum formal yang diambil dari kemenag, Mts dan MA. Maka santri tidak perlu khawatir dengan pendidikan umum di dalam pesantren. Kedua adalah pola pendidikan pesantren modern, dari sistem asrama hingga beberapa unsur di dalamyan.

Ketiga adalah unsur tradisional. Khas pesantren bernuansa Nahdhatul Ulama dengan kajian kitab-kitab kuning seperti Safinatun Naja, Fathul Qorib, Nasoihul Ibad, dan lain sebagainya. Sehingga banyak yang menjadi santri di pesantren ini karena kulturnya seimbang.

Adapun biaya masuk pesantren Qatrun Nada adalah Rp5.000.000-an. Di kota besar, tentu angka demikian tergolong murah. Info lengkap bisa menghubungi pesantren di website https://qotrunnada-depok.ponpes.id/.

Pesantren Al Hamidiyah

Pesantren ini sangat kental secara sejarah dengan NU, karena pendirinya KH. Ahmad Syaikhu merupakan salah satu tokoh yang dikenal memiliki pengaruh dalam perjalanan Nahdhatul Ulama. Oleh sebab itu pesantren Al Hamidiyah juga sangat kental dengan nuansa ormas Islam terbesar di Indonesia tersebut.

Bahkan sampai saat tulisan dibuat, kegiatan-kegiatan bernuansakan NU juga sering digelar di pesantren Rangkapan Jaya Depok tersebut. Seperti kajian geneologi ulama Betawi yang kerjasama dengan Pergunu dan LTN NU Depok.

Laiknya pesantren dengan nuansa NU yang kental, maka jenjang pendidikannya sangat lengkap. Dari TPQ sampai sekolah tinggi tersedia di pesantren ini. Oleh sebab itu cukup banyak yang hadir di pesantren ini.

Namun demikian pendaftarannya cukup mahal untuk ukuran pesantren. Bahkan sepertinya lebih cenderung ke model boarding school. Biaya pendaftarannya mencapai Rp26 jutaan. Sedangkan untuk SPP masih tergolong standard Rp1.300.000-an. https://al-hamidiyah.sch.id/.

Pesantren Mahasiswa Al Hikam

Pesantren yang satu ini cukup unik. Yaitu pesantren khusus mahasiswa. Awalnya berada di Malang, kemudian berkembang hingga ke Depok. Pesantren ini didirikan oleh KH. Hasyim Muzadi. Menurut kami, untuk pesantren mahasiswa, Al Hikam merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, yaitu Al Hikam, pesantren ini terinspirasi dengan kitab Al Hikam yang fokus pada perbaikan akhlaq dengan banyak memahami hikmah. Tidak hanya itu saja, pesantren ini juga fokus pada aspek pendidikan islam dan tahfidz Quran.

Tapi pesantren ini santrinya tidak terlalu banyak. Begitu juga yang di malang. Sekitar 140-an. Peminatnya kami meyakini cukup besar, mungkin berkaitan dengan kapasitas. Yang jelas pendidikan di pesantren ini untuk jenjang mahasiswa memang cukup baik. Materi lainnya adalah sirah nabawiyah, bahasa Arab dan Inggris, ilmu fiqh, dan lain sebagainya.

Alamat lengkap Jl. H. Amat No.21, Kukusan, Rusunawa, Kota Depok, Jawa Barat 16425.

Pesantren Putri Al Awwabin

Satu lagi pesantren dengan jenjang cukup lengkap, yaitu Al Awwabin. Pesantren ini juga memiliki kampus khusus putra dan putri. Dalam dunia pesantren hal ini cukup bagus. Karena biasanya pesantren putra putri masih satu lingkungan meskipun terpisah oleh pagar atau rumah kyai.

Pesantren ini menurut kami memiliki model kajian kitab kuning seperti pesantren salaf di Jawa Timur. Yaitu mengaji sorogan. Bahkan di pesantren ini ada pilihan apakah mukim di pondok ataukah pulang rumah. Istilahnya santri kalong.

Untuk tahfidz Qurannya tersedia sebagai ekstra kulikuler. Bisa dikatakan pesantren ini sebagai alternatif bagi yang ingin mondok di wilayah Depok.

Pesantren terbaik di Depok
Sumber: Madinatulquran.or.id

Pesantren Modern Nurussalam

Di setiap kota pondok pesantren yang memiliki nuansa Gontor selalu ada. Begitu pula dengan Depok. Salah satunya adalah pesantren Nurussalam. Pesantren ini meskipun bukan didirikan oleh alumni Gontor, tapi di masa awal diisi oleh guru-guru lulusan Gontor.

Pesantren ini mencakup putra dan putri. Namun setiap pendaftaran hanya sanggup menerima sekitar 90 santri saja. Pesantren ini memang tergolong baru. Berdiri pada tahun 2015 oleh H. Effendi Muhajir.

Untuk kurikulumnya menggunakan sistem diknas dan kurikulum Gontor untuk pendidikan agamanya. Bahkan di pesantren ini ekstra kulikulernya juga mirip-mirip dengan yang ada di Gontor. Ada IT, kesenian, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan cara berpakaian. Oleh sebab itu pesantren ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Depok.

Untuk biaya masuk pesantren ini sebesar Rp15.000.000-an, sedangkan SMA sekitar Rp16.000.000-an. Tapi untuk SPP, pesantren ini tergolong tinggi, di kisaran 1.5 juta rupiah. Website resmi bisa dikunjungi di sini, https://nurussalam.com/.

Pesantren Baitul Quran

Satu lagi pesantren terbaik di Depok yang menjadi favorit adalah pesantren Baitul Quran. Dari namanya pasti sudah diketahui kalau pesantren ini memiliki aspek penekanan pada tahfidz Quran. Namun demikian ternyata ada aspek lain yang menjadi unggulan.

Pesantren ini memang baru, seperti laiknya pesantren Nurussalam. Pesantren Baitul Quran berdiri pada tahun 2016. Pesantren ini justru menggabungkan tiga pesantren, Baitul Quran khas dengan tahfidz Quran, pesantren Gontor khas dengan bahasa arab dan inggrisnya, juga pesantren Langitan Tuban yang khas dengan pendidikan kitab klasik Islam.

Kelebihan lain dari pesantren Baitul Quran adalah kuota untuk dhuafa dan yatim. Di pesantren ini semua diberikan keringanan. Namun demikian bagi yang mampu maka harus membayar. Sehingga terjadi subsidi silang antara yang mampu dan tidak mampu. Inilah yang membuat pesantren Baitul Quran bagi kami merupakan salah satu pesantren terbaik di Depok.

Info lengkap dan website resmi bisa kunjungi di sini, https://baitulquran.or.id/. Alamat lengkap di Komplek Timah Blok CC 3, Jl. Santri No.19, RT.1/RW.11, Tugu, Kec. Cimanggis, Kota Depok.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Depok versi PanduanTerbaik.id. Nomor sembilan sengaja kami kosongkan agar mendapatkan informasi tambahan dan usulan dari pembaca di kolom komentar. Atau bagi yang memiliki informasi tambahan tentang pesantren bisa cantumkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *