pesantren terbaik di subang

7 Pesantren Terbaik di Subang

Posted by

Pesantren Terbaik di Subang | Subang diketahui sebagai salah satu kota dengan keindahan yang lengkap, dari pesisir pantai, daratan, hingga pegunungan yang berada di selatan. Bahkan banyak pula tempat wisata indah seperti air terjun yang melimpah.

Satu hal yang juga menarik dari Subang adalah pesantren yang bertebaran di pelosok daerah. Dari pesantren salaf, klasik, pesantren modern, sampai pesantren tahfidz Quran unggulan. Semua hadir di Subang. Oleh sebab itu kami akan mengulas 7 pesantren terbaik di Subang yang bisa dijadikan referensi pencari informasi pendidikan.

Darussalam Jalancagak

Pesantren dengan nama Darussalam identik dengan Gontor. Pesantren ini juga tidak lepas adalah pesantren alumni Gontor yang didirikan pada tahun 1983. Tergolong tua di antara pesantren di Subang.

Pesantren Darussalam juga tergolong pesantren terbesar di Subang dengan jumlah santri mencapai ribuan. Kurikulumnya mirip Gontor, yaitu Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah, kombinasi antara pendidikan pokok nasional dan pendidikan kepesantrenan.

Penggunaan dua bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa resmi adalah ciri-cirinya. Namun sudah disesuaikan dengan identitas masyarakat Subang, sehingga kajian kitab kuning juga menjadi tradisi tidak terpisahkan.

Kelebihan pesantren berkiblat Gontor biasanya adalah disiplin yang terbangun di antara santri. Waktu tertata dengan rapi. Bahkan tentang disiplin tercantum jelas dalam misi pesantren. Sehingga para santri biasa hidup dengan mandiri. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Subang.

Darul Falah Cisalak

Pondok pesantren terbaik di Subang selanjutnya adalah Darul Falah Cisalak. Bisa dikatakan pendidikan intensif di lingkungan pesantren adalah keunggulannya, khas pesantren NU. Bahkan dari halaman berita disebutkan berperan aktif dalam meredam kenakalan remaja.

Bisa dikatakan di pesantren ini pendidikan karakternya baik, menekankan pada akhlaqul karimah. Sehingga pesantren menekankan pada aktivitas santri menuju jiwa berkarakter sekaligus pengawasan yang intensif dari guru di pesantren.

Bahkan ada terapi khusus untuk anak-anak yang perilakunya kurang baik. Seperti mandi sebelum subuh, dzikir, dan lain sebagainya. Ini seperti yang ada di Darul Hikam Mojokerto.

Kurikulumnya nasional, pendidikan keislaman, plus pendidikan shalat. Untuk SMP minimal bisa tahfidz 6 Juz, dan SMA 12 Juz. Sedangkan kitab kuning yang diajarkan adalah Jurumiyah, Imriti, Kaelani, Taqrib, Tafsir Jalalain, Riyadhus Sholihin. Biayanya standard, satu bulan sekitar Rp750.000-an.

Nurul Anwar

Pesantren ini secara sejarah sangat dekat dengan TNI, Batalyon 312 Kala Hitam. Karena komandan Batalyon tersebut yang meminta dan menyarankan untuk mendirikan pesantren. Singkat cerita pesantren ini berdiri dengan dukungan masyarakat plus TNI pada tahun 2009.

Nuansa perjuangan sangat kental, dan terlihat di nama SMP dan SMK yaitu Diponegoro. Jumlah siswa yang mondok terus berkembang hingga mencapai ratusan, 200-an (2018).

Yang menjadi fokus dari pesantren ini ada dua, yaitu Al Quran, dengan kiblat Kempek Cirebon. Kempek memang dikenal sebagai pesantren yang menjaga Al Quran, dari bacaan, hafalan, sangat ketat sekali. Baca di sini!

Sedangkan untuk pengajian kitabnya berkiblat pada Lirboyo. Lirboyo memang dikenal sebagai salah satu pesantren terbaik di Indonesia, terutama dalam aspek kajian kitab kuningnya. Oleh sebab itu jika ingin mendalami ilmu agama dan Al Quran, pesantren ini salah satu pesantren terbaik di Subang.

Pesantren Al Ihya Pagaden Barat

Pesantren terbaik di Subang selanjutnya adalah Al Ihya. Ini pesantren paling baru di antara yang lainnya. Namun demikian pesantren ini justru sangat cepat dikenal karena pola pendidikan memiliki identitas jelas. Gontor dan Tahfidz Quran.

Gontor diketahui memang tidak kental dengan tahfidz Quran, tapi pesantren ini justru memadukan dua aspek tersebut. Sistem pendidikan yang disiplin, seimbang antara umum dan agama, juga pendidikan tahfidz Quran.

Kurikulumnya KMI, yaitu kurikulum yang sudah mencampur menjadi satu antara pendidikan agama dan umum dalam sebuah kelas. Sehingga di pesantren ini hanya ada kelas 1 hingga kelas 6. Bahasa Arab dan Inggris menjadi bahasa komunikasi harian yang digunakan.

pesantren terbaik di Subang
Pesantren Al Ihya Subang

Islahul Ummah Tahfidz Quran Cikaum

Kalau misalkan ingin mencari pesantren khusus tahfidz Quran, maka Islahul Ummah adalah salah satu pilihan. Pesantren ini juga tidak berkiblat pada ormas, prinsipnya memegang teguh Al Quran dan As Sunnah.

Sebenarnya santrinya tidak begitu banyak. Namun untuk khusus tahfidz Quran, Islahul Ummah memang menjadi salah satu pesantren pilihan. Santrinya tidak hanya berasal dari Subang, tapi juga banyak daerah di Jawa Barat.

Setiap santri baru harus bisa menghafal juz 30 dan 29 terlebih dahulu dengan fasih dan lancar. Baru kemudian diperbolehkan untuk menghafal juz lain dalam Al Quran. Kegiatan setiap harinya tidak terlepas dari menghafal Al Quran.

Pesantren Assalam Pabuaran

Jika banyak pesantren sudah mulai mengkombinasikan antara pendidikan salaf dan modern, maka pesantren Assalam adalah pondok pesantren salaf saja. Ini seperti pesantren Lirboyo, Sidogiri, Langitan, Matole’. Memegang teguh pendidikan agama Islam dengan kajian kitab kuning yang mendalam.

Berdiri pada tahun 1989 M, pesantren ini menjadi salah satu yang tertua di Subang.

Karakter salaf bisa terlihat dari kurikulumnya. Di kelas dua ibtida’iyah, santri mempelajari seperti Jurumiyyah dan Safinatunnaja. Sedangkan kelas satu Tsanawiyah yang dipelajari adalah alfiyah Ibnu Malik, Kifayatul ‘Awwam, Kifayatul Atqiya dan lain sebagainya. Sehingga pendidikan kitab kuningnya mendalam.

Namun demikian bukan berarti pesantrennya kuno, pendidikan umum juga ada, seperti Matematika, Bahasa Inggris, juga diajarkan. Bahkan ada Ma’had ‘Aly, yaitu seperti perguruan tinggi.

Pesantren ini sudah menggunakan manajemen modern. Terutama bekal ketrampilan dan pelatihan yang intensif. Sehingga setiap santri memiliki jiwa kemandirian. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Subang.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Subang, dari modern, salaf, tahfidz Quran, hingga pesantren unggulan. Kami mengosongkan nomor 7 agar bisa dimasukkan usulan dari pembaca di Subang, atau siapa saja untuk kami review pesantren tersebut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *