Pesantren Darussalam Kasomalang Subang | Keistimewaan dan Biaya

Posted by

Pesantren Darussalam Kasomalang Subang merupakan salah satu pesantren modern yang tetap mengutamakan pendidikan islam sebagai pondasi paling utama untuk para santrinya. Pondok ini cukup terkenal dan salah satu pesantren favorit.

Untuk mengenal lebih dekat, kami akan menuliskan informasi pesantren Darussalam secara terperinci, mulai dari profil lembaga, pendidikan, keunggulan hingga biaya. Semua informasi tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, terutama dari website dan media sosial resminya.

Pesantren Darussalam Kasomalang Subang

Pesantren Darussalam Kasomalang Subang sudah berdiri sejak tahun 1985 dengan luas tanah sebesar 21.628 M2 sampai di tahun 2009 lalu dari hasil wakaf keluarga. Tentu wilayah yang cukup luas untuk sebuah pesantren.

Para pendiri pesantren Darussalam ini terdiri dari 3 orang yang senasab. Mereka adalah K.H Ma’sum yang dikenal dengan sebutan Ajeng Cikupa, Kyai H. Mu’alim Uli Hidayat, dan K.H Ahmad Djuanda. Ketiga orang ini merupakan sekeluarga yaitu kakek, bapak dan anak.

pesantren darussalam kasomalang subang

Pendidikan di Ponpes Darussalam Kasomalang

Bisa dikatakan ini merupakan pondok pesantren modern dengan mengkombinasikan antara pendidikan pesantren dengan pendidikan formal yang sangat lekat dengan teknologi modern. Sehingga cukup lengkap.

Rujukan pendidikan di pesantren ini adalah pondok Gontor Jawa Timur. Ini memang pesantren alumni Gontor. Ciri-cirinya adalah pendidikannya cukup dinamis dan terbuka dengan sistem formal disamping diniyyah.

Tersedia juga pendidikan formal dan berjenjang yang dinaungi langsung oleh kementerian pendidikan nasional (DikNas). Dan, jenjang pendidikan formalnya mulai dari tingkat madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Aliyah (MA) yang masing-masing memiliki proses pembelajaran selama 3 tahun.

Di pesantren Darussalam Kasomalang juga ada materi prioritas. Di antaranya adalah Bahasa Arab, Inggris, keduanya sebagai bahasa resmi pesantren. Ada juga akuntansi, Matematika, tidak lupa kitab kuning.

Selain itu, ada jenjang untuk perguruan tinggi agama islam yang didirikan pihak pesantren Darussalam sejak tahun 2001. Oleh sebab itu pesantren Darussalam Kasomalang Subang memiliki daya tarik yang kuat.

PanduanTerbaik.id

Ekstra di Pesantren Darussalam Kasomalang Subang

Sedangkan untuk kegiatan ekstra kulikulernya juga cukup banyak dan aktif, seperti kegiatan olahraga,  seni qiro’at, seni qosidah, nasyid hingga seni lukis. Jadi minat dan bakat santri pesantren Darussalam Kasomalang Subang terwadahi dengan baik.

Di samping itu santri juga diberikan wadah untuk mengeksplor keterampilan menjadi seorang pemimpin dan membangun tim di sebuah organisasi internal yang dinamakan Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Darussalam (OPPD). Seperti di Gontor, ekstra tapi wajib.

Fasilitas Ponpes Darussalam Kasomalang

Keunggulan dari pesantren ini, selain pondoknya berada di perkampungan yang terasa nyaman dan damai, para santri benar-benar dididik agar menjadi kader dan generasi ulama intelek yang tetap mengutamakan akhlak dan keilmuan islam di tiap aspek kehidupannya.

Tidak lupa secara geografis memang cukup mengagumkan. Berada di 500 dpl, di atas permukaan air laut. Plus di bawah Ciater dan lingkungannya perkebunan teh. Inilah keunggulan utama pesantren Darussalam Kasomalang Subang.

Pendaftaran Pesantren

Untuk pendaftaran, anda bisa mengujungi langsung website-nya. Di sana sudah disediakan fitur-fitur yang memudahkan anda mendaftar melalui online. Namun, walaupun begitu jika ingin mendaftar sangat diharapkan untuk langsung datang ke pesantren agar memudahkan administrasi lebih lanjut.

  • Adapun syarat dan ketentuannya sebagai berikut:
  • Mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu
  • Membayar uang pangkal sebesar Rp.6000.000
  • Surat keterangan dari sekolah asal (format dari pondok pesantren Darussalam)
  • Pemeriksaan Kesehatan ( Format dari pondok pesantren Darussalam)
  • Fotokopi ijazah, SKHU, NIS, Akta Kenal Lahir, Kartu Keluarga, KTP Orang tua/Wali. Masing-masing sediakan sebanyak 3 lembar.

Namun yang perlu disiapkan adalah tes masuk yaitu tes bahasa indonesia, membaca Al-Qur’an, Menulis Arab, dan Matematika. Jadi setiap santri harus siap-siap. Karena bisa jadi tidak lulus.

Biaya Masuk Pondok Darussalam Kasomalang

Kami juga berhasil menghimpun rincian biaya pendaftaran terbarunya, yang kami akses pada 2021.

  • Uang pangkal pesantren: Rp.7.500.000
  • Uang SPp/bulan: Rp.900.000
  • Uang sewa lemari untuk 3 tahun: Rp. 500.000
  • Uang buku paket wajib kelas 1 :  Rp. 500.000
  • Kasur: Rp. 185.000
  • Uang kaos olahraga (putra): Rp. 110.000
  • Uang baju gamis (putri): 190.000
  • Uang kaos olahraga (putri): 125.000

Perlu diketahui, selain bisa dicicil, seluruh biaya berikut sudah termasuk biaya asrama, listrik, air, makan 2 kali sehari, makanan daerah 2 kali sehari, laundry maksimal 12 Kg, KBM Kemadrasahan dan kepesantrenan.

Jika ingin mempertimbangkan pesantren lain di Subang, bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing agar bisa menjadi pertimbangan.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pesantren berada di Jalan Irian No. 20 Kasomalang Wetan, Kasomalang, Subang. Atau bisa ikuti link Google Maps yang kami sediakan di bawah ini. Tinggal klik saja.

Jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, anda bisa mengunjungi website resmi Pesantren Darussalam Kasomalang Subang di sini. Semoga informasi yang kami sediakan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *