7 Pesantren Terbaik di Sukabumi | Pesantren Tua hingga Kaligrafi

Posted by

Pesantren Terbaik di Sukabumi | Sukabumi merupakan wilayah yang menurut kami sangat kaya akan pesantren. Bahkan konon sedang berusaha menyandang status sebagai kota santri selain beberapa kota santri di link ini.

Sukabumi merupakan wilaya di Jawa Barat dengan identitas utama adalah wilayah yang nyaman. Berbatasan dengan Cianjur, Bogor, juga Lebak, juga 40% berbatasan dengan lautan, menjadikan wilayah ini sangat istimewa di hati pengunjung. Tentu dari aspek pesantren juga demikian.

Oleh sebab itu kami akan menjelaskan 7 pesantren terbaik di Sukabumi.

Pesantren Al Masthuriyah

Ini merupakan salah satu pesantren tertua di Sukabumi. Berdiri padia tahun 1920, pesantren ini sudah berusia hampir satu abad. Meskipun memang kalah tua dibandingkan dengan Al Falah Sukabumi 1908. Namun demikian Al Masthuriyah terus berkembang dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Pesantren ini memiliki kelebihan kelengkapan jenjang Pendidikan dari RA, TK, hingga perguruan tinggi. Kurikulum yang digunakan adalah model pesantren salaf, yaitu ada Pendidikan formal di kelas, pagi hari, kemudian di luar kelas ada Pendidikan mengaji kitab kuning.

Pesantren ini juga bisa dikatakan pesantren terbesar di Sukabumi, jumlah santrinya mencapai 3.000 orang. Jumlah ini menjadikan Al Masthuriyah merupakan pesantren berpengaruh di Sukabumi. Maka presiden juga pernah berkunjung ke pesantren ini. Oleh sebab itu Pesantren Al Masthuriyah merupakan salah satu pesantren terbaik di Sukabumi.

Pesantren ini juga langganan kunjungan tokoh-tokoh nasional. Seperti KH. Ma’ruf Amin ketika akan maju menjadi cawapres, juga tokoh-tokoh lain. Website resmi di sini.

Pesantren As Salam Sukabumi

Pesantren As Salam Sukabumi merupakan pesantren modern terbaik di Sukabumi. Pesantren ini berdiri pada tahun 1968. Sehingga termasuk pesantren tua yang ada di Sukabumi. Pesantren ini memiliki karakteristik pesantren modern yang berkiblat ke Pesantren Gontor.

Pesantren As Salam bisa dikatakan tumbuh dengan sangat pesat meskipun kurikulum yang dipegang adalah kurikulum model KMI, yaitu kurikulum yang menyatukan antara Pendidikan agama dan Pendidikan umum dengan sistem klasikal, di kelas. Sehingga setiap santri dikatakan lulus jika sudah menempuh Pendidikan hingga enam tahun.

Di Sukabumi pesantren As Salam juga tergolong sebagai pesantren dengan santri yang cukup banyak. Sekitar 1.500. Bisa dikatakan As Salam Sukabumi tergolong pesantren besar di Jawa Barat.

Kelebihan pesantren dengan sistem modern adalah kemandirian yang tinggi dari pesantren, yaitu dengan banyaknya unit usaha, juga kemandirian santri karena dididik menggunakan disiplin yang ketat. Oleh sebab itu pesantren ini kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Sukabumi. Web resmi bisa dikunjungi di sini.

Pesantren Kaligrafi Lemka Gunung Puyuh

Ini adalah pesantren unik, tapi istimewa. Yaitu pesantren khusus pembelajaran kaligrafi. Yang fokus utama pembelajaran adalah kaligrafi dengan Pendidikan ruhani berasaskan nilai-nilai Islam. Pesantren ini berdiri pada tahun 1998 oleh Drs. Sirajuddin AR, juara kaligrafi nasional dan internasional.

Pesantren ini santrinya tidak banyak, seperti layaknya pesantren-pesantren khusus lainnya di Indonesia. Sekitar 120-an orang. Tapi santri yang datang adalah mereka yang memang berkeinginan kuat untuk belajar seni kaligrafi. Sehingga tidak sedikit santri yang berasal dari negara tetangga seperti Malaysia dan lain sebagainya.

Model Pendidikan di pesantren ini ada jenjang bagi pembelajar kaligrafi, seperti layaknya tahfidz Quran yang ada jenjang-jenjangnya. Pendaftaran di pesantren ini sekitar 5 jutaan. Setiap santri akan ditangani oleh ahli-ahli kaligrafi dengan memberikan keindahan seni huruf Al Quran.

Web resmi bisa dikunjungi di sini.

Pesantren Terbaik di Sukabumi
Ustadz di Lemka membuat kaligrafi

Pesantren An Nidzom Selabintana

Pesantren terbaik di Sukabumi selanjutnya adalah pesantren An Nidzom Selabintana. Ini adalah pesantren murni salaf, khusus pendalaman ilmu agama, persis seperti Sidogiri, Langitan, atau Lirboyo. Ada kurikulum agama sendiri di pesantren.

Pesantren ini memiliki ciri khas kedalaman pemahaman akan ilmu agama karena Pendidikan yang difokuskan untuk mendalami kitab kuning dan lain sebagainya.

Namun bukan berarti santri tidak belajar untuk hidup, ada pembelajaran kemandirian bagi setiap santri. Sehingga banyak dari pesantren ini yang justru hidup mandiri. Inilah mengapa pesantren dengan kurikulum demikian sangat banyak peminatnya.

Sisi lain adalah, pesantren An Nidzom memiliki biaya yang sangat murah. Hanya sekitar puluhan ribu rupiah untuk sebulan. Karena pesantren benar-benar ingin mendidik santri sehingga tidak memberatkan biaya. Dan pesantren juga memiliki banyak usaha untuk menopang dakwah melalui Pendidikan. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Sukabumi.

Bahkan beberapa tokoh juga seringkali berkunjung ke pesantren ini, seperti Sandiaga Uni, Habib Salim Al Jufri, juga beberapa tokoh lainnya.

Pesantren Al Haq Ciketa

Pesantren ini istimewa dan kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Sukabumi karena mampu menggratiskan biaya seluruh santrinya. Gratis hingga biaya makan. Sedangkan untuk biaya jajan di luar kebutuhan pokok tidak ditanggung.

Ini adalah niat tulus pesantren sejak 1995 untuk memberikan Pendidikan gratis kepada santri. Pendidikannya lebih bernuansa salaf, dengan model kajian kitab sorogan dan bandongan. Santri juga mendapatkan kesempatan Pendidikan formal setingkat MTS dan MTA.

Jumlah santrinya cukup banyak untuk tingkat Kabupaten Sukabumi, 250-an dan semuanya digratiskan. Rata-rata santri berasal dari dalam kota, dan sedikit dari luar kota. Pendidikan gratis ini didapatkan karena pesantren memiliki usaha ekonomi, dan beberapa usaha penggalian dana lainnya.

Pesantren Azzaniyah Salabintana

Pesantren terbaik di Sukabumi yang selanjutnya adalah Pesantren Azzaniyah Salabitana. Pesantren ini dikenal menjadi salah satu langganan tokoh jika ada yang berkunjung ke Sukabumi. Apalagi jika musim pemilu, selalu ada yang hadir di pesantren ini.

Pesantren Azzaniyah bisa dikatakan bermodel salaf, yaitu Pendidikan formal di waktu pagi, ditambah Pendidikan agama dengan ngaji kitab kuning menggunakan metode sorogan dan bandongan. Pesantren ini tergolong besar di Sukabumi.

Hal yang juga menjadi catatan, ada kajian langganan di bulan Ramadhan, yaitu ngaji kitab Al Hikam. Kitab hikmah di mana diajarkan bagaimana manusia lebih ta’at kepada Allah. Kajian ini diikuti oleh banyak santri dari dalam dan luar pesantren.

Pesantren ini memiliki jenjang yang cukup lengkap, dari TK, hingga Aliyah, siapa saja yang ingin mengetahui informasi lengkap, lebih baik hadir di pesantren ini.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Sukabumi yang bisa menjadi destinasi Pendidikan anak. Kami sengaja mengosongkan yang nomor tujuh untuk menghimpun usulan dari para pembaca PanduanTerbaik.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *