Pesantren Assalam Sukabumi | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Assalam Sukabumi merupakan salah satu pondok pesantren modern yang cukup dikenal di wilayah Sukabumi dan sekitarnya. Apalagi hadir di tengah-tengah banyak pesantren yang umumnya fokus pada aspek salafiyah atau klasik.

Oleh sebab itu kami sangat tertarik untuk mengulas dengan cara merangkum informasi dari website resmi serta brosur yang kami berhasil dapatkan. Di antara yang akan diulas adalah profil pesantren, pendidikan di pesantren, hingga biaya masuk pesantren Assalam Sukabumi.

Profil Pesantren Assalam Sukabumi

Pesantren ini sudah dirintis sejak 1968 oleh K. Ir. Lukman Herawan serta KH. Abdurrahman. Kemudian berdiri pada tahun 1983. Oleh sebab itu pesantren ini sudah cukup matang, hampir 35 tahun sudah berkiprah di dunia pesantren.

Adapun identitas pesantren ini adalah pondok modern. Yaitu sistem pondok pesantren yang sudah menggabungkan antara pendidikan formal dan pendidikan kitab klasik, atau diniyyah. Sistem asrama dengan aturan yang cukup tertata selama dua puluh empat jam bagi santrinya.

pesantren assalam sukabumi

Pendidikan di Ponpes Assalam

Kalau dilihat secara keseluruhan aspek pendidikan, pesantren ini sangat mirip dengan model pondok pesantren Gontor Ponorogo. Terutama dari warna identik, bahkan moto pondok pesantren yang tertera, semua mirip.

Oleh sebab itu pendidikannya pun demikian, tersedia dua kelas, yaitu jenjang selepas SD yang akan menempuh pendidikan selama enam tahun, ada juga selepas SMP atau sederajat yang akan menempuh pendidikan selama empat tahun.

Di Gontor kurikulum ini disebut dengan KMI, lebih lengkap bisa dibaca di sini. Yaitu kurikulum yang sudah menggabungkan antara pendidikan formal dan diniyyah dalam satu kesatuan di kelas pagi. Tidak dipisahkan pagi formal sore diniyyah.

Kelebihan pendidikan dengan model ini adalah adanya kombinasi antara pendidikan dalam kelas dan luar kelas untuk satu tujuan yang sama. Contoh dalam kelas menekankan bahasa arab, maka di asrama pun juga demikian. Sehingga berjalan dengan baik.

Di pesantren ini juga memiliki target hafalan Quran. Minimal ketika menjadi alumni mampu menghafal tiga juz. Tapi juga tergantung kemampuan santri, banyak yang lebih dari jumlah tersebut. Sehingga santri memiliki bekal Al Quran di masa yang akan datang.

Keunggulan Pondok Pesantren Assalam

Menurut kami ada beberapa keunggulan dari Pondok Pesantren Assalam Sukabumi. Di antaranya adalah aspek bahasa arab dan inggris yang dilaksanakan dengan baik. Kurikulum KMI menjadikan aspek bahasa berjalan selaras di dalam dan luar kelas.

Akreditasi pendidikan Pondok Modern Assalam untuk jenjang Tsanawiyah dan Aliyah sudah A. Ini standard nasional. Kami beberapa kali mereview lembaga pendidikan, belum banyak yang mampu terakreditasi A untuk dua jenjang pendidikan formal.

Ketiga adalah pendalaman kitab kuning yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari kurikuler. Di pesantren ini kitab kuning masih menjadi aspek pendidikan untuk siswa sehingga kemampuannya lengkap.

Pesantren ini juga tidak berafiliasi dengan golongan tertentu, sehingga dari mana saja ketika masuk ke Pondok pesantren Assalam Sukabumi akan diterima dengan baik.

PanduanTerbaik.id

Ekstra kurikuler juga cukup melimpah. Ini ciri-ciri dari pesantren modern Assalam Sukabumi. Seperti olah raga mulai dari sepak bola, basket, bulu tangkis, karate bahkan renang. Ada juga kaligrafi, marawis, nasyid, qashidah. Menurut kami Pondok Pesantren Assalam Sukabumi cukup lengkap.

Fasilitas Pondok Pesantren

Adapun fasilitas pondok pesantren Assalam Sukabumi cukup lengkap meskipun tidak begitu wah sekelas boarding school. Dengan jumlah santri sekitar 1.600-an, pesantren di Sukabumi ini memiliki asrama, kelas, masjid yang representatif.

Bahkan ada kolam renang, lapangan olah raga dari sepakbola hingga bulu tangkis. Plus di Sukabumi cuacanya cukup nyaman. Suasana cukup enak dihias dengan adanya semacam danau buatan. Menurut kami oke.

Pendaftaran Pondok Pesantren PPDB

Adapun untuk pendaftaran pondok pesantren Assalam Sukabumi bisa dilakukan melalui offline maupun online. Tapi yang harus disiapkan adalah adanya tes masuk. Yaitu tes akademik seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, dan Bahasa Inggris untuk lulusan SMP.

Adapun tes tentang Islam adalah baca tulis Al Quran. Praktek ibadah, dan ada interview. Juga siapkan administrative pendaftaran. Artinya tidak langsung bisa masuk. Nanti detilnya bisa dilihat di website resmi.

Biaya Masuk Ponpes Assalam

Adapun biaya masuk ponpes Assalam Sukabumi 2021-2022 kami sajikan menggunakan tabel.

Putra Lulusan SDRp12.070.000
Putri Lulusan SDRp14.495.000
Putra Lulusan SMPRp12.465.000
Putri Lulusan SMPRp14.870.000
SPP BulananRp750.000

Untuk biaya masuk pesantren Assalam yang tertera sudah termasuk biaya SPP selama satu bulan. Menurut kami biaya ini tergolong cukup. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain yang pernah kami ulas di sini. Sudah kami sajikan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap Pondok Modern Assalam

Untuk alamat lengkap pesantren yang putra berada di Cibodas, Bojong Genteng, Sukabumi Regency, Jawa Barat. Sedangkan yang putri berada di Sukaharja, Wr. Kiara, Sukabumi Regency. Kami sediakan google maps untuk Assalam Putra.

Jika ingin informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resminya https://assalamsukabumi.or.id/. Kiranya ada yang ditanyakan bisa hubungi pihak pesantren di +62 858-8918-3255. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *