pesantren terbaik di situbondo

Pesantren Terbaik di Jawa Barat | Tahfidz Anak sampai Pondok Modern

Posted by

Pesantren Terbaik di Jawa Barat sebenarnya cukup banyak. Terutama karena wilayah ini dikenal pesantren-pesantren legendaris. Bisa dikatakan cukup sulit untuk memilihnya. Namun demikian kami akan memberikan rekomendasi.

Yang kami sajikan adalah pesantren yang mewakili setiap jenis. Kalau yang di atas 30 juta kami tidak masukkan, bagi kami sudah masuk kategori lainnya. Tentu subjektif. Tapi setidaknya menjadi pertimbangan. Kami sertakan juga rangking di Google.

Pesantren Al Hamidiyah Depok

Pesantren terbaik di Jawa Barat yang kami pilihkan adalah Al Hamidiyah Depok. Apalagi bagi wilayah Jabodetabek, pesantren ini cukup terkenal. Didirikan oleh tokoh Nahdlatul Ulama KH. Achmad Sjaichu pada 1988, beliau lahir di Ampel Surabaya.

Keunggulan utamanya adalah paket pendidikannya lengkap. Di sini pendidikan bahasa arab dan kemampuan ngaji kitab menjadi sisi utama, nahwu shorf, imrithi, fathul mu’in, serta ada khusus akhlaq yaitu akhlaq lil banat dan banin.

Keunggulan lain adalah tahfidz Quran. Tahapannya juga cukup detil, mulai dari tajwid, tilawah, tahqiq dan tahfidz Quran. Target juga disesuaikan perjenjang. Sehingga santri punya bekal hafalan.

Keunggulan berikutnya adalah pendidikan formal yang cukup bagus. Buktinya mudah, di tahun 2017 juara 1 fisika, juara 2 Matematika, juara 3 Biologi, tingkat Depok pada Kompetensi Sains Madrasah (KSM) yang diadakan oleh pemerintah.

Untuk fasilitas juga tidak diragukan, wilayah Jabodetabek memang dikenal pesantren dengan fasilitas cukup bagus. Bisa dilihat dari video yang kami sertakan.

Di Google mendapatkan rating dari konsumen dengan nilai 4.6, cukup tinggi, dengan 187 ulasan, di antaranya dari Risna Puspa yang menyatakan, “Sekolahnya rapih dan bersih, manajemennya bagus, gurunya ramah dan update”. Jika ingin tanya sesuatu hubungi nomor wa 0811-115-8338.

Pesantren Suryalaya Tasikmalaya

Pesantren terbaik di Jawa Barat berikutnya dari Suryalaya Tasikmalaya. Kami memilihnya karena mewakili satu aspek menarik. Yaitu pesantren suluk, pesantren yang fokus pada tarekat, akhlaq, dan hati.

Oleh sebab itu pesantren Suryalaya dikenal sebagai salah satu rujukan penguatan spiritual beberapa remaja yang bermasalah, bahkan narkoba. Maka dikenal sebagai pesantren Inabah, atau mengembalikan kepada jalan Allah.

Maka jika ingin mencari pesantren yang lebih dalam menekankan akhlaq, suluk manusia, kami pilihkan Suryalaya sebagai tempat terbaik. Apalagi lokasinya sejuk, kembali ke desa.

Pendidikan formalnya juga lengkap dari SD hingga sekolah tinggi. Untuk pesantren ada ibtidaiyah, tsanawiyah, aliyah, tradisional, oleh sebab itu santrinya sangat banyak sekali, dan berasal dari banyak daerah di Indonesia. Info lengkap di sini.

Pesantren Al Ma’soem Sumedang

Pesantren terbaik di Jawa Barat berikutnya adalah Al Ma’soem Jatinangor Sumedang, juga dikenal sebagai pesantren di Bandung karena dekat dengan Bandung. Al Ma’soem kami masukkan karena beberapa aspek.

Secara akademis formal menonjol. Menggunakan sistem SKS, tidak ada jam kosong, menjadi sekolah rujukan, menggunakan sistem mastery learning, sehingga prestasinya mentereng.

Seperti emas olimpiade sains nasional bidang Bahasa Inggris 2021, juga perak tingkat nasional di materi Matematika pada tahun yang sama. Padahal tahfidz minimal 3 juz.

Sedangkan untuk pesantren terbagi tiga. Ada yang reguler, yaitu lebih ke dasar Islam seperti Quran, tajwid, fiqh, nahwu sorf dan bahasa arab. Ada yang khusus kitab kuning, seperti Jurumiyah, Sulamut Taufiq, Safinatunnajah, dll. Terakhir ada yang khusus tahfidz Quran. Tinggal di pilih.

Berikutnya adalah secara fasilitas memadai, mulai dari kolam renang, pacuan kuda, lapangan futsal, teater dan lainnya. Uniknya biayanya di kisaran 22.7 jutaan. Biasanya yang model seperti ini di angka 30 jutaan. Tentu karena Al Masoem dikenal miliki banyak unik usaha. Info lengkap hubungi nomor di link ini.

Di google mendapatkan rating 4.4, cukup bagus. Salah satu ulasannya adalah “Tempatnya luas, bersih, nyaman dan sejuk.”

Pesantren Kempek Cirebon

Kalau Anda ingin mencari pesantren yang fokus pendalaman kitab kuning, bisa dikatakan Cirebon adalah tempatnya. Kami pilihkan Pesantren Kempek sebagai salah satu pesantren terbaik di Jawa Barat karena beberapa alasan.

Pertama, pesantren ini memiliki pola seperti pesantren kitab kuning legendaris lainnya, dari jurumiyah, imrithi, alfiyah, dan kitab kuning lainnya menjadi rujukan.

Kedua di sini terkenal dengan namanya metode Al Quran kempekan, yaitu membaca Al Quran dengan sangat ketat sekali. Untuk alfatihah harus sekian kali, dan lainnya. Fokus pendidikan Islam tidak perlu diragukan.

Terakhir adalah faktor biaya. Pesantren salafiyah demikian dikenal memiliki ketulusan dalam menerima dan membantu santri. Untuk masuk pesantren hanya antara 1.7 juta sampai dengan 1.9 juta. Bulanan hanya antara 330 ribu sampai dengan 450 ribu.

Pondok Pesantren Modern Darussalam Garut

Pesantren Terbaik di Jawa Barat berikutnya adalah Pondok Darussalam Garut. Bagi yang berkiblat ke pesantren model-model Gontor Ponorogo, kami merekomendasikan pondok pesantren ini karena beberapa alasan.

Pertama, kurikulumnya sangat mirip dengan Gontor, disiplin, pendidikan umum dan agama sudah dirangkum menjadi satu di dalam kelas. Bahkan manajemennya juga mirip, tiga pimpinan pondok, diserahkan ke badan wakaf.

Kedua, perkembangannya cukup stabil, baik dari fasilitas, dari santri yang sudah mencapai ribuan, gedung-gedung juga berkembang dengan baik. Sehingga terlihat manajemen yang bagus.

Terakhir adalah faktor tempat. Garut dikenal memiliki tempat yang cukup bagus untuk pesantren. Sejuk dan nyaman. Banyak tambak ikan. Pokoknya indah. Biaya masuknya Rp5.500.000, sedangkan iuran bulanannya Rp650.000.

Di Google mendapatkan rating 4.4, salah satu komentarnya adalah “Alhamdulillah masih ada pesantren yang seimbang antara umum dan agama.” info lengkap di sini.

Pesantren Anak Nurul Amal Ciamis

Pesantren terbaik di Jawa Barat berikutnya kami pilihkan pesantren untuk anak-anak, khususnya tahfidz Quran, yaitu Nurul Amal Ciamis. Pesantren ini menerima santri minimal usia 6.5 tahun.

Untuk pendidikan tahfidz Qurannya satu tahun minimal dua juz. Namun umumnya lebih, sehingga ketika enam tahun bisa mencapai 30 juz Al Quran. Pendidikan formal juga tersedia, dan sangat rapi dan bersih.

Tempatnya juga terasa nyaman, apalagi wilayah Ciamis yang dikenal memiliki udara sejuk. Tanahnya turun naik, banyak pohon, jadi enak untuk anak-anak. Sayangnya hanya menerima 70 anak setiap tahun.

Di Google mendapatkan rating 4.5, salah satu ulasannya adalah “Tempatnya representatif untuk anak kecil, bebas dari polusi udara dan bising, asri dan bersih.”

Biaya masuknya sekitar 14 juta, dengan spp bulanan sebesar 1.4 juta. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren As Shidqu Cilimus

Pesantren terbaik di Jawa Barat berikutnya adalah Pesantren As Shidqu Cilimus, Kuningan. Ini adalah pesantren yang dikelola oleh Habib yaitu Al Habib Quraisy Baharun, putra dari salah satu pendiri pesantren Dalwa Bangil.

Pesantren ini menjadi rujukan jika ingin khusus menghafal Al Quran 30 juz dengan target selama empat tahun. Waktu yang realistis. Karena menghafal Quran yang cepat, khawatir belum melekat. Maka ini waktu yang masuk akal.

Untuk pendidikan formal memiliki jenjang SMP dan SMA dengan model kesetaraan. Jadi sudah lengkap. Belum lagi pendidikan kitab kuning seperti fiqh, hadist, tafsir, dan lain sebagainya.

Kelebihan pesantren berbasis habib adalah kecintaan terhadap rasul begitu tinggi, baik dalam keseharian atau dalam amalan-amalan. Di Google pesantren ini mendapatkan rating 4.7. Salah satu ulasannya adalah “Nasab keilmuannya jelas”.

Adapun biaya masuknya adalah sebesar 8 jutaan. Tergolong standard. Apalagi latar belakang dari pesantren ini adalah pegunungan yang sangat indah. Bisa kunjungi info lengkap di sini.

Pesantren Sunnah Jawa Barat | Minhajus Sunnah Bogor

Pesantren terbaik di Jawa Barat berikutnya adalah Minhajus Sunnah Bogor. Ini adalah pesantren yang masuk kategori pesantren sunnah atau yang biasanya menyebut berlandaskan manhaj lurus dan berlandaskan Al Quran.

Fokusnya pada pembinaan calon dai. Sehingga yang diajarkan adalah pendalaman kepada Fiqh, Usul Fiqh, tafsir, Hadist, ushul dakwah, firoq, adab thalib, sirah nabi, bahasa arab, dan lain sebagainya.

Tapi ini minimal bagi teman-teman yang sudah lulus SMA atau MA sederajat. Bahkan syaratnya sudah minimal hafal 2 juz. Jadi cukup ketat sekali. Serta ada unsur pengabdian setelah melakukan pendidikan.

Adapun biayanya sekitar 2 juta rupiah, untuk SPP sekitar 500 ribuan. Di Google mendapatkan rating cukup tinggi, 4.8, salah satu komentarnya adalah “Tempat menuntut ilmu yang asri dan sejuk”.

pesantren terbaik di Jawa Barat
ilustrasi pixabay

Pesantren Terbaik di Jawa Barat | Buntet Cirebon

Pesantren terbaik di Jawa Barat berikutnya adalah pesantren Buntet Cirebon. Siapa yang tidak mengenal pesantren ini. Satu komplek yang sangat besar dengan pendidikan yang cukup legendaris, dirintis sejak 1758.

Ini merupakan pesantren dengan sistem tradisional yang sangat kuat, seperti sorogan, bandongan, pasaran. Namun kemudian dikombinasikan dengan sistem modern hingga pendidikan formal juga sudah tersedia dengan baik.

Dengan pengalaman dan alumni yang jumlahnya cukup banyak, tentu relasinya sudah sangat luas. Di sinilah sisi utama yang juga patut menjadi pertimbangan. Apalagi biayanya cukup terjangkau sekitar 2.8 juta. SPP hanya Rp350-an.

Rating di Google sampai 4.9, atau hampir sempuran, dengan jumlah 319 ulasan. Salah satunya adalah, “Pesantren dengan kualitas pendidikan baik, dan cukup terkenal di Indonesia.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Jawa Barat versi panduan terbaik yang bisa dijadikan pilihan. Jika ada masukan cukup tuliskan komentar. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *